5 Kesalahan Buat Rambut Keriting Mudah Rusak

Kamis, 10 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Kesalahan Buat Rambut Keriting Mudah Rusak

Ilustrasi perawatan rambut kriting. (Special)

Ladiestory.id - Perawatan rambut keriting dan rambut lurus memang berbeda. Merawat rambut keriting pun cukup sulit dibandingkan dengan rambut lurus yang mudah diatur. Namun, keduanya memang memiliki keunikan masing-masing.

Merawat rambut keriting tidak boleh sembarangan, karena perawatan yang salah akan menyebabkan rambut mengalami kerusakan yang parah. Tanpa disadari, 5 kesalahan berikut ini dapat membuat rambut keriting menjadi mudah rusak. Yuk, kurangi kebiasaan buruk  berikut ini.

Sering Keramas

Ilustrasi perawatan rambut kriting. (Special)

Salah satu perawatan rambut yang dilakukan ialah dengan melakukan keramas agar rambut dan kulit kepala sehat dan bersih maksimal. Namun, yang perlu diperhatikan ialah tidak boleh terlalu sering keramas, cukup lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Hal ini dikarenakan sampo akan menghilangkan minyak alami pada kulit kepala. Apalagi jika sampo yang digunakan mengandung bahan kimia yang cukup keras.

Bagi kamu si pemilik rambut keriting dan juga tebal, maka sebaiknya lakukan keramas sebanyak sekali dalam seminggu, sedangkan kamu yang memiliki rambut keriting dan tipis kamu bisa melakukan keramas sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Gunakan Produk dengan Bahan yang Keras

Ilustrasi perawatan rambut kriting. (Special)

Ladies, sebaiknya kamu yang memiliki rambut keriting juga dapat menghindari kandungan produk berbahan dasar kimia yang keras seperti paraben dan sulfat. Kedua bahan ini dapat membuat kulit kepala menjadi lebih kering, rambut patah-patah, kulit kepala iritasi hingga gatal-gatal. 

Kamu pun dapat beralih menggunakan produk perawatan berbahan dasar alami yang lembut dan dapat menenangkan rambut serta kulit kepala.

Tidak Menggunakan Kondisioner

Ilustrasi perawatan rambut kriting. (Special)

Membersihkan kotoran dan debu menggunakan sampo saat keramas saja tidak cukup. Jangan lupa untuk selalu gunakan kondisioner agar tampilan rambut keritingmu menjadi lebih sehat dan indah. Rambut keriting sendiri memiliki tekstur yang kering dan cukup kasar jika dibandingkan dengan rambut lurus. Tak hanya itu, rambut keriting pun mudah kusam dan juga kusut.

Oleh karena itu, kamu juga bisa mengaplikasikan kondisioner atau deep conditioning setiap seminggu sekali. Cara ini dapat membantu membuat rambut keriting menjadi lebih lembap, lembut, terhidrasi, dan juga tampak lebih berkilau.

Keringkan Rambut dengan Kasar

Ilustrasi perawatan rambut kriting. (Special)

Sebaiknya, setelah keramas hindari mengeringkan rambut dengan menggosok-gosokan rambut secara kasar dan kencang. Hal ini justru akan membuat kondisi rambut menjadi rusak, rontok, bahkan menimbulkan masalah rambut bercabang. Alangkah lebih baik jika kamu dapat menghindari alat pengering rambut dengan suhu terlalu panas.

Hal ini akan meninggalkan kelembapan alami pada rambut. Sebaiknya, gunakan handuk yang lembut serta berbahan dasar kain yang mampu menyerap air dengan cepat, cukup tepuk-tepuk rambut secara perlahan, kemudian bungkus rambut menggunakan handuk kecil. Diamkan hingga rambut mengering dengan sendirinya.

Gunakan Sisir yang Salah

Ilustrasi perawatan rambut kriting. (Special)

Kesalahan lainnya yang dapat menyebabkan rambut keriting menjadi cepat rusak ialah menggunakan sisir yang salah. Penggunaan sisir yang salah juga dapat menyebabkan rambut menjadi kusut, rontok, dan mudah patah. Gunakan sisir khusus bergigi jarang untuk dapat memisahkan rambut dengan perlahan dan pada saat menyisir rambut keriting pun akan lebih nyaman.

Ladies, itu dia 5 kesalahan yang dapat membuat kondisi rambut keriting menjadi cepat rusak. Alangkah lebih baik jika kamu juga dapat menghilangkan kebiasaan buruk tersebut dan kembali memperhatikan kodisi rambutmu agar tetap sehat, indah, dan terawat dengan baik.