5 Kesalahan Penggunaan Beauty Blender yang Harus Dihindari oleh Pemula

Senin, 2 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Kesalahan Penggunaan Beauty Blender Yang Harus Dihindari Oleh Pemula

Ilustrasi Beauty Blender. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu makeup tools yang wajib ada untuk mengaplikasikan pulasan makeup di wajah ialah beauty blender. Aplikator makeup yang terbuat dari spons ini memiliki bentuk dan tekstur yang padat dan bouncy untuk memudahkan merias wajah.

Selain nyaman digunakan, beauty blender ini dapat meratakan tampilan makeup secara menyeluruh. Walaupun bentuknya praktis dan minimalis, terkadang terdapat kesalahan-kesalahan dalam menggunakan beauty blender yang harus dihindari khusunya bagi para pemula, berikut di antaranya.

Menggunakan dalam Keadaan Kering

Ilustrasi Beauty Blender. (Special)

Kesalahan yang paling sering dilakukan dalam menggunakan beauty blender ialah tanpa membasahi permukaannya terlebih dahulu dan langsung menggunakannya dalam kondisi kering. Menggunakan beauty blender yang masih baru dan tanpa dibasahi memang kurang tepat karena dapat membuat foundation atau makeup tampak lebih berat dan hasilnya pun kurang natural. 

Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil makeup yang optimal, sebaiknya basahi terlebih dahulu beauty blender sebelum digunakan. Saat kondisi beauty blender basah, maka teksturnya akan lebih kenyal dan lembut, sehingga produk makeup pun dapat bekerja maksimal.

Langsung Mengaplikasikan Makeup ke Beauty Blender

Ilustrasi Beauty Blender. (Special)

Para pemula biasanya akan langsung mengaplikasikan makeup ke permukaan beauty blender. Tanpa disadari, menuangkan kosmetik atau makeup cair ke beauty blender itu merupakan salah satu keslaahan, lho. Hal ini pun dianggap kurang tepat karena dapat membuat tampilan makeup menjadi kurang optimal.

Alangkah lebih baik jika kamu dapat menuangkan kosmetik atau makeup cair seperti foundation maupun concelear ke permukaan tanganmu terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa mengoleskannya ke permukaan wajah. Setelah itu, tekan-tekan dengan lembut menggunakan beauty blender.

Menekan Terlalu Keras

Ilustrasi Beauty Blender. (Special)

Kesalahan selanjutnya dalam menggunakan beauty blender adalah dengan menekan ke permukaan kulit wajah terlalu keras. Hal ini akan membuat tekstur spons menjadi kasar, rusak, bahkan hasil riasan makeup menjadi tidak merata. Gunakanlah beauty blender dengan melakukan usapan lembut agar dapat menyerap ke permukaan kulit dengan sempurna.

Menggunakan Beauty Blender dalam Keadaan Kotor

Ilustrasi Beauty Blender. (Special)

Sisa-sisa makeup dari menggunakan beauty blender yang jarang dibersihkan bisa menjadi tempat berkembang biaknya kotoran dan bakteri jahat dan dapat merusak permukaan kulit. Bahkan, kondisi kulit wajah bisa mengalami masalah seperti komedo, jerawat, iritasi, hingga ruam akibat kondisi yang kotor pada beauty blender.

Beauty blender yang selalu digunakan berulang kali pun dapat membuat tampilan makeup menjadi kurang maksimal. Oleh sebab itu, biasakan untuk rutin membersihkan beauty blender yang kamu gunakan dengan cleanser khusus ke dalam wadah dengan air bersih.

Menyimpan Beauty Blender Tidak pada Tempatnya

Ilustrasi Beauty Blender. (Special)

Menyimpan beauy blender sembarangan juga akan membuat permukaannya menjadi kotor dan tidak higienis. Apalagi menyimpan beauty blender dan mencampurkannya dalam satu tempat makeup. Hal ini dapat menyebabkan jamur dan bakteri berkembang biak dengan pesat pada permukaan beauty blender. Maka dari itu, selalu jaga beauty blender-mu agar tetap bersih ya, Ladies.

Nah, Ladies itulah lima kesalahan saat menggunakan beauty blender oleh pemula yang harus dihindari. Tetap jaga kebersihan dan kehigienisan alat makeup atau beauty tools-mu supaya tetap aman digunakan. Selain itu, rutin untuk membersihkan beauty blendermu setelah digunakan, serta hindari penggunaan beauty blender terlalu keras pada permukaan kulit wajah.