5 Kesalahan Penggunaan Skincare yang Sering Dilakukan Pemula, Yuk Segera Hentikan!

Selasa, 20 Desember 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Kesalahan Penggunaan Skincare Yang Sering Dilakukan Pemula, Yuk Segera Hentikan!

Ilustrasi perempuan memakai skincare. (Special)

Ladiestory.id - Menggunakan skincare merupakan salah satu cara yang dilakuakan seseorang agar kulit tetap sehat. Namun, tak sedikit para pemula yang ingin mendapatkan hasil yang instan dari penggunaan skincare.

Para pemula pun kerap tak membaca cara pemakaian dan kandungan produk skincare. Padahal, membaca cara pemakaian dan mengetahui kandung produk skincare berguna untuk mendapatkan hasil perawatan kulit wajah yang optimal. Nah, bagi kamu si pemula, sebaiknya dapat menghindari lima kesalahan dalam menggunakan skincare berikut ini.

Tidak Baca Kandungan Produk

Ilustrasi skincare harian. (Spesial)

Hanya karena pengaruh iklan yang dapat membuat tampilan wajah cerah seketika, kamu menjadi terbujuk untuk segera membeli dan mencoba produk skincare tanpa mengetahui kandungan di dalamnya. Sehingga, kamu tidak tahu apakah produk tersebut cocok sesuai kebutuhan jenis kulitmu.

Hal yang harus kamu ketahui bahwa produk skincare dapat memberikan efek personal atau reaksi yang berbeda-beda pada setiap orang. Jadi, biasakan untuk membaca kandungan produk skincare sebelum membelinya, Ladies.

Tidak Perhatikan Instruksi Pemakaian

Ilustrasi perempuan memakai skincare. (Special)

Dalam menggunakan skincare, alangkah lebih baik jika kamu dapat memperhatikan cara aturan pakai atau instruksi pemakaian dalam suatu produk. Hal ini akan membantumu untuk mengetahui jumlah, kadar, frekuensi, serta aturan yang baik digunakan sesuai kebutuhan kulit. Jika kamu sering menggunakan skincare tanpa melihat instruksi pemakaiannya, maka kulitmu bisa menjadi bermasalah hingga merusak kondisi alami kulit.

Sering Beli Produk Terbaru

Ilustrasi perempuan memakai skincare. (Special)

Bagi kamu yang masih pemula dalam dunia skincare, kamu akan dihadapkan dengan banyaknya produk keluaran terbaru yang menawarkan beragam manfaat dan keunggulan. Hal ini bisa membuatmu ingin membeli produk skincare dengan tampilan menarik maupun yang tengah viral dikalangan beauty enthusiast.

Saat kamu kalap membeli berbagai produk skincare terbaru, hal ini bisa menguras keuanganmu. Selain itu, kamu pun akan dibuat bingung dalam mengetahui produk apa yang benar-benar kamu butuhkan dan berfungsi pada kulitmu. Sebaiknya, kamu membeli produk yang memang sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasikan Skincare Saat Kondisi Kulit Bermasalah

Ilustrasi perempuan memakai skincare. (Special)

Ketika kulitmu mengalami berbagai masalah, baik karena perubahan hormon maupun ketidakcocokan dalam menggunakan skincare, sebaiknya hindari pemakaian produk skincare agar tidak menyebabkan masalah kulit bertambah parah. Jangan gonta-ganti produk skincare hanya karena kamu ingin mengetes kemampuannya pada kulit yang sedang bermasalah. Sebaiknya, kamu bisa menggunakan kembali skincare jika kondisi kulitmu sudah cukup membaik.

Tidak Pertimbangkan Takaran dan Waktu Pemakaian Skincare

Ilustrasi skincare. (Special)

Ladies, menggunakan skincare juga perlu memperhatikan takaran produk dan kapan harus digunakan. Jangan sampai, kamu menggunakan produk skincare dengan jumlah yang terlalu banyak atau terlalu sedikit. Pasalnya, hal ini bisa membuat skincare tidak bekerja secara maksimal. 

Takaran yang pas untuk produk cleanser dan eksfoliator adalah seukuran uang koin. Untuk toner, sebaiknya gunakan sekitar enam tetes atau dua hingga tiga kali semprotan. Agar serum dan eye cream bekerja secara maksimal, gunakan seukuran kacang polong atau sekitar dua hingga tiga tetes. 

Untuk menghidrasi kulit, gunakan pelembap sukuran buah bluberi. Takaran ini sudah cukup untuk melembapkan area wajah hingga leher. Sedangkan, takaran sunscreen yang ideal ialah seukuran buah ceri atau sekitar dua jari.

Selain itu, kamu perlu tahu bahwa bahan aktif dalam skincare ada yang bekerja secara maksimal pada waktu malam atau pagi hari. Misalnya, produk dengan kandungan AHA dan BHA kerap dianjurkan dipakai pada malam hari.

Lebih lanjut, tidak semua bahan aktif dalam skincare dapat digunakan secara bersamaan. Misalnya, kamu tidak bisa menggunakan produk mengandung vitamin C dan AHA dalam waktu bersamaan, sebab dapat membuat kulit iritasi.