Hindari! 5 Kesalahan Penyebab Eyeliner Mudah Luntur

Jumat, 20 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Hindari! 5 Kesalahan Penyebab Eyeliner Mudah Luntur

Eyeliner Makeup (Special)

Ladiestory.id -  Ladies, tentunya diantara kamu sering mengalami masalah eyeliner luntur. Tak hanya karena formula dan teksturnya yang cair sehingga bisa membuat tampilan mata menjadi berantakan, eyeliner luntur juga dapat menganggu penampilan bahkan bisa mengotori mata dan mengakibatkan kondisi mata menjadi menghitam, seperti munculnya dark circle.

Nah, eyeliner luntur dapat disebabkan oleh bebarapa hal atau kesalahan-kesalahan yang kamu lakukan ketika menggunakannya. Maka dari itu, kamu bisa menghindari kesalahan berikut ini.

Tidak Menggunakan Primer

Ilustrasi eye primer. (Special)

Ladies, salah satu kesalahan yang timbul akibat eyeliner-mu menjadi luntur ialah karena kamu tidak menggunakan primer. Selain dapat membuat eyeshadow lebih tahan lama, primer juga dapat membantu membuat tampilan eyeliner-mu tetap “on” terus.

Selain itu, dengan menggunakan primer khusus area mata, kamu dapat membuat tampilan kelopak mata menjadi lebih halus dan lembut, serta dapat menahan produksi minyak berlebih diarea kelopak mata. Dengan menggunakan primer, maka eyeliner-mu pun akan lebih tahan lama, bebas transfer, dan tidak mengotori area kelopak mata ataupun bagian bawah matamu.

Produk Tidak Sesuai dengan Jenis Kulit

Ilustrasi eye makeup. (Special)

Tidak menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit juga merupakan salah satu kesalahan eyeliner menjadi mudah luntur. Oleh karena itu, pilihlah produk dengan kandungan dan formula yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu.

Tanpa kamu sadari, menggunakan produk yang salah atau asal-asalan dapat menyebabkan eyeliner-mu luntur, produk tak bekerja maksimal, mengotori area mata, bahkan dapat menyebabkan masalah kulit yang tak terduga. Walaupun hal ini sepele, alangkah lebih baik jika kamu dapat bijak dan cermat memilih produk kecantikan untuk kesehatan kulitmu, Ladies.

Nah, bagi kamu yang memiliki kulit kelopak mata yang berminyak, sebaiknya kamu dapat memilih kandungan formula yang waterproof dan smudgeproof. Selain itu, kamu juga dapat menghindari kandungan produk dengan tekstur lunak seperti gel liner atau pencil liner.

Gunakan Penjepit Bulu Mata Setelah Memakai Eyeliner

Ilustrasi perempuan menggunakan serum bulu mata. (Special)

Ladies, menjepit bulu mata setelah memakai eyeliner ternyata dapat menyebabkan eyeliner-mu menjadi luntur, lho. Tak hanya itu, eyeliner yang menempel pada penjepit bulu mata ini dapat mengotori kelopak mata untuk penggunaan berikutnya.

Gunakan Eye Cream Terlalu Banyak

Ilustrasi eye cream. (Special)

Menggunakan eye cream terlalu banyak juga dapat menjadi penyebab eyeliner-mu mudah luntur. Kandungan oil dari pelembap atau eye cream ini dapat menyebabkan kondisi eyeliner mudah bergeser serta dapat mengotori area bawah mata ataupun kelopak matamu.

Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan eye cream dengan teksur yang ringan dikulit serta dapat menyerap ke lapisan kulit dengan cepat.

Tidak Set Eyeliner

Ilustrasi eyeliner. (Special)

Nah, Ladies tidak set eyeliner juga dapat membuat eyeliner-mu menjadi cepat luntur. Set eyeliner dapat kamu lakukan dengan menggunakan setting powder. Setting powder ini akan membantu mengurangi intensitas dari eyeliner yang kamu gunakan.

Selain menggunakan setting powder, kamu bisa menggunakan eyeshadow berwarna hitam sebagai alternatif penggantinya. Jadi, tak hanya makeup complexion saja yang perlu di set supaya tetap “stay” seharian dan tidak cepat luntur, eyeliner pun harus demikian.

Nah, Ladies itulah lima kesalahan-kesalahan dan penyebab yang perlu kamu hindari supaya tampilan eyeliner-mu tidak mudah luntur. Poin-poin di atas juga dapat kamu perhatikan dan kamu terapkan saat mengaplikasikan eyeliner sehari-hari.