5 Kesalahan Perawatan Rambut yang Sering Dilakukan Pemilik Rambut Tipis, Hindari!

Jumat, 30 Desember 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Kesalahan Perawatan Rambut Yang Sering Dilakukan Pemilik Rambut Tipis, Hindari!

Ilustrasi rambut tipis. (Special)

Ladiestory.id - Memiliki kondisi rambut yang tipis terkadang menjadi masalah tersendiri yang harus dihadapi. Pasalnya, rambut tipis perlu ditata dan dirawat dengan rapi agar terhindar dari kerontokan.

Untuk menghindari kerontokan semakin masif, berbagai kesalahan perawatan rambut yang mungkin kerap dilakukan harus segera dihentikan. Lalu, apa saja kesalahan yang kerap dilakukan oleh pemilik dalam melakukan rangkaian perawatan rambut? Berikut beberapa hal yang perlu kamu hindari.

Terlalu Sering Cuci Rambut

Ilustrasi keramas. (Special)

Terlalu sering mencuci rambut justru dapat menyebabkan kondisi rambut menjadi lebih kering, tipis, dan mudah rapuh. Hal ini pun dapat menimbulkan masalah kerusakan pada rambut, khususnya bagi kamu si pemilik rambut tipis.

Alih-alih ingin menyegarkan dan membuat rambut tumbuh lebat, justru rambutmu bisa semakin tipis bahkan mengalami masalah kebotakan. Nah, lebih baik kamu dapat mengurangi frekuensi keramas atau mencuci rambut sebanyak dua hingga tiga kali seminggu, Ladies.

Abaikan Kondisioner

Ilustrasi perawatan rambut. (Special)

Merawat rambut menggunakan sampo saja ternyata tidak cukup, lho. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan kondisioner agar mendapatkan tampilan rambut sehat optimal. Hal ini pun berlaku bagi kamu si pemilik rambut tipis.

Kamu dapat menggunakan produk kondisioner yang diformulasikan khusus bagi pemilik rambut tipis. Pilihlah produk yang mengandung keratin dan gliserin yang membantu menebalkan, melebatkan, serta memperkuat helaian rambut.

Terlalu Banyak Gunakan Vitamin dan Hair Oil

Ilustrasi hair oil. (Special)

Memiliki rambut yang terlalu tipis terkadang membuat seseorang kurang percaya diri. Apalagi, jika mulai mengalami masalah kebotakan.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan risiko rambut semakin tipis ialah dengan menutrisi rambut serta merangsang pertumbuhan rambut dengan menggunakan vitamin dan hair oil. Namun, penggunaan vitamin dan hair oil yang terlalu banyak justru dapat membuat hasilnya tidak optimal. Hal ini pun dapat membuat kondisi rambut menjadi bermasalah, Ladies.

Untuk itu, pilihlah rangkaian vitamin dan hair oil yang diformulasikan khusus untuk rambut tipis. Selain itu, pilihlah hair oil yang bertekstur ringan, mudah menyerap. Pastikan pula untuk memperhatikan cara dan aturan pakai dengan jumlah yang telah ditentukan.

Ikat Rambut Saat Basah

Ilustrasi mengikat rambut. (Special)

Tanpa kamu sadari, mengikat rambut saat basah dapat memicu kondisi rambut menjadi rusak dan patah. Selain itu, kondisi rambut yang basah dan lembap juga dapat memicu pertumbuhan jamur, sehingga menyebebabkan masalah pada kulit kepala, seperti dermatitis, gatal-gatal, iritasi, hingga ketombe. Nah, biasakan untuk mengeringkan rambutmu terlebih dahulu sebelum mengikat rambut agar terhindar dari berbagai masalah rambut.

Tidak Rutin Potong Rambut

Ilustrasi potong rambut. (Special)

Walaupun rambutmu sangat tipis, bukan berarti kamu tidak merawat rambutmu dengan baik. Biasakan untuk rutin memotong rambut agar kesehatannya tetap terjaga. Selain itu, memotong rambut dengan jenis tertentu pun dapat membuat tampilan rambut tipis menjadi lebih bervolume dan tebal, misalnya dengan memilih jenis potongan rambut layer. Kamu pun bisa memotong ujung rambut agar terhindar dari maslaah rambut bercabang.