Keseimbangan Penampilan itu Perlu!

Minggu, 23 Februari 2020 | 11:47:36

Nursepta E Saragih

Penulis : Nursepta E Saragih

Keseimbangan Penampilan Itu Perlu!

Isteri yang cakap siapakah yang akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari permata. Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan. (Amsal)

?

Mungkin diantara pembaca ada yang pernah membaca kutipan di atas. Kutipan tersebut tentu sedang mengajak para isteri (wanita) untuk memperhatikan penampilannya loh! Ngomong-ngomong, apa sih arti pentingnya penampilan itu bagi seorang istri atau seorang wanita?

Penampilan itu tentu banyak manfaatnya. Penampilan akan membuat seseorang lebih percaya diri dan membuat seseorang lebih mudah bergaul dan diterima. Bukan itu saja, penampilan ternyata akan mampu memikat hati pasangan dan mempertahankan relasi antara suami dengan isteri, agar tetap langgeng dan harmonis. Bukan begitu?

Tetapi satu hal yang perlu diingat, bahwa penampilan sesungguhnya bukan semata bicara tentang hal yang terlihat (fisik). Ada satu hal yang tidak kalah penting, yakni penampilan dari dalam (inner beauty). Antara satu dengan yang lainnya, tentu akan saling melengkapi.

Bisa Anda bayangkan!

Seseorang isteri (wanita) penampilannya terlihat cantik, tetapi dalam pergaulan dan perilakunya sehari-hari terlihat buruk. Apa yang akan terjadi? Semua orang pasti akan mencibir, menggosipin, hingga kecantikannya itu akan hambar dan dianggap sebagai topeng kepura-puraan. Sebaliknya, jika penampilan dari dalam diri seorang isteri (wanita) itu sangat baik, tetapi terlihat lusuh, urakan, dan bau. Bagaimana tanggapan suami, pacar atau teman-teman di sekitarnya? Pasti bisa Anda bayangkan reaksinya.

Untuk itu seorang wanita perlu memperhatikan keseimbangan antara kedua hal tersebut. Mempercantik diri dari luar (fisik) maupun dari dalam dirinya (inner beauty).

dokpri

Nah, secara khusus di bulan yang penuh cinta ini (bukan berarti bulan lain tidak ada cinta ya!), saya sebagai seorang istri (wanita) mengajak para kaum hawa untuk mulai memperhatikan keseimbangan kedua hal tersebut. Mulailah memperhatikan penampilan fisik, mempercantik diri, terutama yang kurang memperhatikannya selama ini. Mulailah memperhatikan tata rias wajah, idealnya tubuh, kebersihan rambut, perawatan kulit dan kuku, penampilan pakaian dan lain sebagainya.

Sementara untuk penampilan dari dalam diri, sebaiknya seorang istri (wanita) tetap memperhatikan keramahan, tidak pelit dengan senyuman, sopan dalam bertindak, santun dalam bertutur kata, rela dan tulus menolong orang yang membutuhkan, menghargai orang tua dan mengasihi saudara-saudaranya.

Bagi seorang isteri harus hormat kepada suami dan menjadi pendengar yang baik, tidak suka menyela pembicaraan, serta selalu mendoakan suami agar tetap dalam lindungan Tuhan dan dilimpahi rezeki untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Kalau dua hal tersebut dapat terlaksana secara seimbang, maka seorang suami akan semakin merasakan kebahagiaan yang hakiki dan semakin sayang dengan istrinya, seorang pacar pun akan bertambah tertarik dan selalu mempertahankan relasi dengan baik.

Akhir kata, bagi seorang isteri (wanita) tetaplah menjadi insan yang mewarnai dunia ini dengan keindahan. Mari tularkan bagi sesama, sebagai kodratnya sebagai seorang wanita. Salam