Ketahui 8 Kompetensi Kesiapan Karier Profesional ala Vina Muliana

Senin, 3 April 2023 | 11:41:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Ketahui 8 Kompetensi Kesiapan Karier Profesional Ala Vina Muliana

University Engagement & Outreach dengan tema “Energizing Future Talent” di Universitas Padjajaran. (Special)

Ladiestory.id - Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) menyiapkan calon angkatan kerja memasuki dunia profesional. Subholding Pertamina yang mengelola lini bisnis energi baru terbarukan, menggelar acara University Engagement & Outreach dengan tema “Energizing Future Talent” di Universitas Padjajaran, Bandung, pada pertengahan Maret 2023. 

Sebanyak 340 mahasiswa UNPAD dari berbagai fakultas dan jurusan berpartisipasi dalam ajang career coaching tersebut. Mereka mengikuti sesi insight sharing, talkshow, mengunjungi mini exhibition, dan mendaftarkan diri dalam talent pool.

Pertamina NRE, sebagai perusahaan yang bergerak di sektor energi baru terbarukan, menjawab keinginan generasi muda yang sangat peduli dengan kondisi dunia dan mendorong perubahan masyarakat.

Milenial dan Gen Z menghendaki pemberi kerja untuk memiliki tujuan mulia (noble purpose), memprioritaskan aksi iklim yang nyata dan memungkinkan pekerjanya untuk terlibat langsung. 

University Engagement & Outreach dengan tema “Energizing Future Talent” di Universitas Padjajaran. (Special)

 

Dalam acara tersebut hadir pula Vina Muliana selaku praktisi di bidang sumber daya manusia di salah satu BUMN pertambangan.

“Ada 3C yang perlu diperhatikan dalam perencanaan karier, yaitu clarity, competitiveness, dan connection. Calon angkatan kerja bisa mulai mencari kejelasan tentang nilai-nilai yang ingin dipegang dalam hidup, kejelasan minat, dan mengasah keterampilan yang terkait dengan karier. Kemudian memperbanyak pengalaman untuk meningkatkan daya jual,” kata Vina Muliana.

“Antara lain bisa dilakukan dengan mengikuti program magang, menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan/kegiatan kampus, melakukan riset akademis, dan menambah pengalaman di berbagai kegiatan sukarelawan. Terakhir, jalin relasi dengan sesama alumni, terhubung dengan banyak orang secara online, dan mencari informasi maupun mendapatkan pelatihan melalui career center services,” kata sambungnya.

Sebagai education content creator yang kerap membagikan tips bagi para pencari kerja di platform Tiktok, Instagram, dan Youtube Shorts, Vina Muliana membagikan tips penting bagi para fresh graduate yang sedang bersiap merintis karier di dunia profesional.

Berikut tim Ladiestory.id telah rangkum, 8 kompetensi kesiapan karier profesional ala Vina Muliana:

Pengembangan diri

Secara proaktif mengembangkan diri melalui pembelajaran mandiri dan profesional, menyadari potensi dan tantangan yang dihadapi diri sendiri, terbuka dengan peluang karir yang sesuai, dan mengembangkan relasi.

Kemampuan berkomunikasi

Bertukar gagasan dan perspektif secara jelas dan efektif dengan orang-orang dari beragam latar belakang.

Kepemimpinan

Dapat mengidentifikasi dan mengoptimalkan kekuatan pribadi dan tim untuk mencapai tujuan organisasi.

Profesionalitas

Memahami dan menunjukkan metode kerja yang efektif dan bertindak demi kepentingan yang lebih besar.

Berpikir kritis

Mampu mengidentifikasi dan menanggapi kebutuhan berdasarkan pemahaman tentang konteks dan dapat menganalisis informasi yang relevan secara logis.

Kerja sama tim

Membangun dan menjaga kolaborasi untuk mewujudkan tujuan bersama, menghargai sudut pandang yang beragam, dan mengambil tanggung jawab bersama.

Kesetaraan dan inklusivitas

Menunjukkan kesadaran, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan untuk melibatkan setiap individu secara adil, melibatkan orang-orang dari latar belakang yang berbeda.

Penguasaan teknologi

Memahami dan memanfaatkan teknologi secara etis untuk meningkatkan efisiensi, menyelesaikan tugas, dan mencapai tujuan.