Ketahui Bahaya Gaslighting Yang Bisa Terjadi Di Pertemanan!

Senin, 8 Januari 2024 | 20:02:00

Atika Febriani

Penulis : Atika Febriani

Ketahui Bahaya Gaslighting Yang Bisa Terjadi Di Pertemanan!

Ilustrasi gaslighting. (Pinterest.com/Good Housekeeping)

Ladiestory.id - Istilah gaslighting semakin populer di kehidupan kamu. Mengutip dari Refinery29.com yang tayang Minggu (24/12/2023), istilah ini diambil dari kamus Oxford.

Gaslighting adalah bentuk manipulasi psikologi yang dibuat oleh seseorang agar korban meragukan dan menyalakan diri sendiri secara terus-menerus. Tidak hanya terjadi di suatu hubungan berpasangan, gaslighting juga bisa terjadi di lingkup pertemanan lho!

Kamu wajib tahu pentingnya melawan perilaku toxic yang bisa jadi terjadi di lingkup pertemanan dan membahayakan kesehatan mental.

Berikut tanda-tanda gaslighting!

Waspada Terhadap Gosip

Ilustrasi gossip. (Pinterest.com/freepik)

 

 

Menurut Dr. Sarkis, pelaku gaslighting adalah tukang gosip yang sangat buruk. Mereka suka menyimpan informasi yang tidak menguntungkan dalam kehidupan seseorang dan akan membagikan dengan orang lain. 

Pelaku gaslighting akan menggunakan informasi sebagai senjata. Kamu harus berwaspada ketika ia mulai membicarakan orang lain. 

Jangan Terpancing 

Ilustrasi terpancing emosi. (Pinterest.com/freepik)

 

 

Orang yang suka gaslighting akan senang melihat perkelahian. Biasanya dia akan mengadu domba dengan memberikan informasi hoax. Misalnya, pelaku memberikan informasi buruk tentang kamu yang ia dapatkan dari orang lain. Maka kamu tidak boleh terpancing, kamu bisa memastikan lebih dahulu apakah benar informasi tersebut. Jika kamu terpancing dan terjadi perkelahian, pelaku akan senang karena merasa berhasil membuat perdebatan antara kalian. 

Jauhkan Pelaku dengan Pasangan Kamu

Ilustrasi pelaku perusak hubungan. (Pinterest.com/divorcedgril)

Menurut Dr. Sarkis, pelaku akan sering kali berusaha keras untuk membentuk ikatan khusus dengan pasangan kamu. Mereka tahu persis apa langkah yang akan diambil jika ia tahu lebih dalam soal hubungan kalian. Ketika mereka tahu hubungan kamu dan pasangan tidak sehat, ia akan coba merebut perhatian pasanganmu dengan menjadi pendengar dan orang yang selalu ada ketika dibutuhkan. 

Hindari menceritakan bahwa kamu memiliki masalah dalam hubungan kepada pelaku. Hal ini bisa menjadi boomerang tersendiri untuk kamu! Istilahnya, sih, teman makan teman. 

Bahayanya lagi, pelaku gaslighting akan menganggap pasangan kamu sebagai permainan yang harus dimenangkan. Mereka tidak akan peduli dengan hubungan, bahkan perasaan kalian.