Ketahui Cara Tingkatkan Rasa Percaya Diri Ala Rachel Amanda

Rabu, 11 Oktober 2023 | 08:56:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Ketahui Cara Tingkatkan Rasa Percaya Diri Ala Rachel Amanda

Rachel Amanda. (Instagram/auroramanda95)

Ladiestory.id - Self confidence atau rasa percaya diri merupakan salah satu aspek terpenting yang harus dimiliki seseorang dalam hidupnya. Rasa percaya diri dapat menimbulkan kesan positif dan dampak yang baik pula bagi kehidupan seseorang. 

Melansir dari USF, percaya diri adalah sikap terhadap keterampilan dan kemampuan diri. Yang mana, kepercayaan diri adalah keadaan ketika seseorang dapat menerima dan memercayai diri sendiri serta memiliki rasa kendali dalam hidup.

Aktris ternama Indonesia, Rachel Amanda Aurora belum lama ini membagikan pandangannya mengenai self confidence atau rasa percaya diri. Menurutnya, tiap orang pasti memiliki pandangan dan pendapat yang berbeda-beda mengenai self confidence.

Self confidence tuh menurutku sesuatu yang pasti berubah-ubah dan bukan trait yang ajeg gitu, loh. Buatku tuh self confidence tuh akhirnya adalah lebih ke kemampuan bisa mengestimasi sesuatu yang kita bisa, yang kita miliki dan kita sadar dengan itu,” ujar Rachel Amanda dalam siaran langsung bersama @puanbisa, pada Jumat (6/10/2023) lalu.

“Jadi ya aku percaya diri, karena aku tahu kemampuan aku seberapa,” lanjutnya.

Perempuan kelahiran 1 Januari 1995 tersebut juga menjelaskan bahwa kita harus berani dalam mencoba hal baru untuk dapat mengetahui kemampuan dalam diri kita.

“Untuk tahu (kemampuan diri) itu sebenarnya karena prosesnya ga enak dulu, kayak gimana kita bisa tahu kalau kita bisa nari kalau kita nggak ikut kelas nari dulu? Mungkin pertamanya bakal jelek dulu, atau mungkin bisa tapi nggak jago, tapi setelahnya kita jadi tahu kemampuan diri kita,” jelas Rachel Amanda.

“Intinya sih kemauan untuk eksplore diri, untuk nyoba-nyoba dan kemudian setelah belajar kita jadi bisa mengukur,” sambungnya.

Lebih lanjut, Rachel Amanda juga tak menampik bahwa sosok orang lain juga sangat berperan dalam memengaruhi rasa percaya diri yang dimiliki oleh seseorang. Menurutnya, sangat wajar bagi seseorang apabila mengalami rasa percaya diri yang kadang naik dan turun.

“Mencoba ambil waktu jangan langsung terima self confidence. Kita penting untuk punya teman yg bisa untuk memvalidasi perasaan kamu. Karena apabila ada yang mengerti kita, kita akan lebih ngerasa enak,” ujar Rachel Amanda.

“Yang harus diingat itu prosesnya naik turun, dan diterima aja. Take your time,” pungkasnya.