Ketahui Karakteristik Kucing Berdasarkan Warna Bulunya

Minggu, 5 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Ketahui Karakteristik Kucing Berdasarkan Warna Bulunya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kalau berbicara perihal peliharaan di rumah, kucing mungkin menjadi salah satu jenis hewan yang paling sering dipilih, selain anjing, burung, atau juga ikan.

Hewan berbulu dengan tingkah laku cerdik dan penampilan yang menggemaskan satu ini kerap kali memikat hati orang-orang untuk memeliharannya, baik dari jenisnya, warnanya, hingga tingkah lakunya.

Karakteristik Kucing
Foto: Ladiestory.id

Ketahui Karakteristik Kucing Berdasarkan Warna Bulunya

Terlepas dari nama jenisnya, kucing sebenarnya memiliki warna dasar bulu yang cukup terbatas, tak seperti ragam warna pada spesies burung, sebut saja warna-warni pada burung kakatua. Namun dari warna bulu tersebut kita bisa mengetahui karakteristik kucing.

1. Kucing Putih

Kucing putih kucing dengan bulu warna yang putih terkenal dengan penampilan fisiknya yang anggun. Mayoritas karateristik warna bulu putih adalah penyendiri dan cenderung kalem, sebagian lainnya memiliki sifat yang cukup pemalu.

Di sisi lain, kucing putih juga terkenal sangat manja dengan pemiliknya. Mereka mudah gelisah karena hal-hal kecil seperti dikunci terlalu lama di dalam kandang atau tidak diperbolehkan untuk keluar rumah.

Selain itu, kucing dengan warna putih biasanya lebih rentang mengalami penyakit tuli. Oleh sebab itu, dia memerlukan perhatian yang ekstra.

2. Kucing Hitam

Kucing dengan warna hitam, sering dikaitkan dengan mitos-mitos menyeramkan. Namun, sebenarnya karakteristik kucing hitam adalah kucing yang sangat cerdas. Meski senang menyendiri, kucing hitam punya sifat yang penurut, manis, dan manja.

Mereka sangat aktif dan pandai berburu. Kucing hitam sangat mudah untuk dijinakkan, mereka lebih ramah dibanding kucing berwarna lain. Oleh karena itu, kucing hitam yang dipelihara biasanya menjadi sangat lengket dan sangat menyayangi pemiliknya.

3. Kucing Tortie

Karakteristik kucing dengan warna tortie biasanya lebih cerewet dan pemarah ketika keinginannya tidak dituruti.  Mereka cenderung berkemauan keras, agak pemarah, dan mereka bisa sangat posesif terhadap pemiliknya. Meski begitu, ternyata kucing ini sangat mandiri dan terkadang sangat posesif terhadap pemiliknya.

Karakteristik Kucing
Foto: Ladiestory.id

4. Kucing Kaliko atau Belang Tiga

Kucing kaliko ini 99,9% didominasi oleh betina dan populasi jantannya hanya sedikit. Sebab mayoritas kucing kaliko adalah kucing betina, pastinya mereka memiliki sifat yang sangat manis dan penuh kasih sayang kepada sesama kucing ataupun kepada pemiliknya.

Karakteristik kucing kaliko juga memiliki sifat keingintahuan yang tinggi alias kepo. Jadi, kucing kaliko tergolong sangat aktif dan rajin bermain.

Berdasarkan hasil penelitian para ilmuwan kucing kaliko juga memiliki rasa dan sifat empati yang lebih besar dibandingkan kucing dengan warna bulu lainnya. Jangan heran apabila kamu merasa kucing kaliko memiliki sifat yang lebih mengerti kamu dibandingkan kucing yang lain.

5. Kucing Abu-Abu

Kebanyakan karakteristik kucing berwarna abu-abu adalah kucing yang aktif. Selain itu, mereka dikenal sebagai kucing yang nakal, iseng, dan jahil. Kucing abu-abu juga cenderung senang mengganggu kucing lainnya yang ada di dekatnya.

6. Warna Orange atau Jingga

Kucing dengan warna orange atau jingga yang memiliki julukan “kucing oren” di Indonesia ternyata memiliki sifat yang menjengkelkan. Kucing orange dengan jenis jantan biasanya memiliki sifat yang lebih agresif, aktif, dan cerdas dibanding betina.

Kucing ini sangat suka dielus badannya, namun tidak suka digendong oleh seseorang, sehingga dia akan memberontak untuk lepas.

7. Kucing Coklat

Karakteristik Kucing
Foto: Ladiestory.id

Kucing berwarna coklat sangat jarang ditemui. Mereka cerdas, menyenangkan dan juga sangat ramah. Jika dipelihara, kucing berwarna coklat ini akan lebih sering menggunakan meongan dan paws nya untuk mendapatkan perhatian pemiliknya.

8. Kucing Piebald atau Bicolor

Kucing yang memiliki warna ini biasanya memiliki sifat yang tidak stabil dan suka misterius. Mood kucing piebald cukup berubah-berubah, biasanya mereka bisa terlihat sangat dingin, galak, dan tidak ingin disentuh.

Namun, selang beberapa jam kemudian, kucing piebald bisa sangat manja dan ingin disayang oleh pemiliknya. Oleh karena itu, kucing piebald kerap dianggap jual mahal. Meski begitu, dibalik sifatnya yang sulit ditebak, mereka juga merupakan salah satu kucing yang pandai dan sangat aktif.

Karakteristik kucing piebald bukan tipe kucing yang suka membuang waktunya dengan bertengkar atau mencari masalah dengan kucing lain.

Inilah karakteristik kucing berdasarkan warna bulunya. Jadi kalau kamu punya hewan peliharaan ini di rumah, akan tau bagaimana memperlakukan mereka.