Jangan Sampai Salah, Yuk Ketahui Tingkat Kematangan Steak

Senin, 28 Maret 2022 | 19:12:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Jangan Sampai Salah, Yuk Ketahui Tingkat Kematangan Steak

Ilustrasi steak. (Special)

Ladiestory.id - Steak menjadi salah satu makanan istimewa yang umumnya menggunakan bahan daging sapi. Makanan ini berbentuk potongan daging yang dimasak dengan cara dipanggang.

Umumnya steak disajikan bersama kentang, sayur hingga lobster. Nah, salah satu kunci kelezatan steak terletak pada tingkat kematangan daging yang pas.

Rib Eye Us Grassfed. (Instagram.com/kenkenmeatshop)

Untuk itu, Kamu perlu mengetahuinya agar mendapat steak yang lezat.

Rare

Level pertama dalam tingkatkan kematangan steak adalah rare. Dalam tingkat ini kondisi steak nyaris mentah dengan warna di bagian dalam merah terang sementara sisi luar sedikit kecoklatan.

Medium Rare

Ilustrasi tingkat kematangan daging steak. (Special)

Selanjutnya adalah medium rare yang mana daging ini dimasak dalam suhu 130 hingga 135 derajat Fahrenheit. Pada daging dengan tingkat kematangan ini akan memberikan hasil di dalam bewarna pink kemerah-merahan dan kecokelatan di bagian luar.

Medium

Salah satu tingkat kematangan yang paling pas dan banyak dinikmati orang adalah medium. Pada tingkat kematangan ini, warna cokelat pada daging akan terlihat lebih banyak daripada warna pinknya, bahkan permukaan luarnya adalah warna cokelat tua.

Medium Well

Pada tingkat kematangan medium well, warna daging akan didominasi cokelat tua dan sedikit warna pink di dalam dagingnya. Teksturnya juga akan terasa lebih kuat saat ditekan.

Well Done

Ilustrasi tingkat kematangan daging steak. (Special)

Tingkat kematangan yang paling tinggi dan sedikit sulit dicapai adalah well done. Pada tingkat kematangan ini warna daging akan cokelat kesuluruhan hingga di dalam. Sayangnya, tingkat kematangan ini rentan dengan daging mengering dan gosong.

Namun terlepas dari itu, tingkat kematangan daging yang pas harus dimulai dari daging yang baik. Kamu harus memastikan bahwa daging yang dipanggang benar-benar segar, tidak berbau busuk, tidak berlendir, dan layak untuk dimakan.

Jika Kamu bermaksud membuat steak di rumah, Kamu bisa membeli daging terbaik di supplier daging premium Kenken Meat Shop. Kenken menyediakan daging wagyu hingga seafood dengan harga terjangkau yakni mulai dari Rp100 Ribuan.

Untuk mendapatkannya langsung Kamu bisa mengunjungi e-commerce Tokopedia atau Shopee Kenken Meat Shop. Info selengkapnya kunjungi Instagram @kenkenmeatshop ya!