Ketahuilah Pengertian dan 6 Manfaat dari Deep Talk

Minggu, 28 November 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Ketahuilah Pengertian Dan 6 Manfaat Dari Deep Talk

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Percakapan atau sebuah komunikasi yang terbangun dengan baik dan sehat juga memiliki dampak yang besar pada kelanjutan hubungan asmara maupun pertemanan.

Hal demikian juga tak terlepas dari bagaimana satu sama lain mencoba memahami dan memberikan perhatian serta pengertian. Termasuk dengan melakukan deep talk.

Pengertian Deep Talk

Foto: Ladiestory.id

Deep talks adalah bahasa Inggris tidak baku, sehingga cukup rumit untuk mendefenisikan pengertiannya. Istilah ini bersumber dari kosa kata bahasa Inggris yang artinya percakapan mendalam.

Dihimpun dari berbagai sumber, deep talk merupakan salah satu bentuk komunikasi yang berisikan tentang pertanyaan-pertanyaan yang mendalam mengenai sesuatu yang bermakna.

Deep talks setidaknya melibatkan dua orang dan berbincang panjang mengenai segala hal yang terjadi di hidup mereka. Baik disadari maupun tidak, anak-anak milenial tentu pernah melakukan obrolan mendalam seputar kehidupan pribadi masing-masing yang tentunya sensitif untuk dibicarakan.

Manfaat Melakukan Deep Talk

Bagi orang dengan kepribadian introvert, tentu sudah tidak asing dengan deep talk. Kepribadian introvert ini memang lebih nyaman berbincang secara empat mata dan membahas hal-hal yang lebih bermakna.

Namun, seseorang dengan kepribadi apa pun, baik itu introvert, ekstrovert, atau ambivert, bisa melakukan deep talk dan mendapatkan manfaat baiknya. Berikut adalah manfaat deep talk yang perlu kamu ketahui:

1. Meningkatkan Kebahagiaan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kebahagiaan, mulai dari menjalani pola hidup sehat, melakukan perawatan diri, hingga pergi berlibur. Namunm tidak hanya itu. Kebahagiaan juga bisa tercipta dari jalinan komunikasi yang baik melalui deep talk.

Studi mengungkapkan bahwa orang yang rutin berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain akan merasa kualitas hidupnya lebih baik dan bahagia. Perbincangan yang bermakna, menarik, dan kompleks bisa menjadi sarana untuk mengatasi rasa kesepian.

2. Semakin Mengerti Satu Sama Lain

Foto: Ladiestory.id

Deep talks membuat satu sama lain semakin mengerti. Memang benar bahwa obrolan yang intim antara dua orang akan terjalin di keadaan sunyi seperti malam hari. Manfaatkan momen deep talk untuk mengerti kelemahan serta kelebihan masing-masing.

3. Menemukan Makna Hidup

Makna hidup merupakan suatu tujuan dan harapan hidup yang dimiliki oleh masing-masing individu. Dengan memiliki makna hidup, kamu bisa menentukan target dan cita-cita yang ingin digapai dengan lebih realistis. Ketika hal tersebut tercapai, kamu pun bisa merasa lebih sejahtera, nyaman, dan bahagia.

Pencapaian makna hidup juga bisa membuat seseorang menjadi lebih sehat, baik secara fisik maupun mental, seiring bertambahnya usia.

Untuk membantu menemukan makna hidupmu, cobalah lakukan deep talk. Perbincangan mendalam diyakini dapat membantu seseorang untuk menemukan tujuan hidupnya. Melalui deep talk, kamu bisa mempelajari pengalaman orang lain dan juga mencari inspirasi untuk mencapai keinginanmu.

4. Mendapatkan Dukungan Emosional

Mencurahkan perasaan, pengalaman, dan sudut pandangmu pada orang lain dapat membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan beban pikiran terasa berkurang. Kamu juga bisa saling menguatkan dan mungkin akan mendapatkan solusi yang belum pernah kamu pikirkan sebelumnya.

Bahkan, deep talk juga sangat baik bagi ibu menyusui. Dukungan emosional yang didapatkan akan mecegah ibu mengalami berbagai masalah menyusui dan depresi pascapersalinan.

5. Mempererat Hubungan

Foto: Ladiestory.id

Memiliki hubungan yang erat dengan orang lain bisa diwujudkan dengan cara deep talk. Mencurahkan isi hati dan pikiran secara jujur dan terbuka dapat mengembangkan kepercayaan, pengertian, empati, serta kasih sayang. Dengan begitu, hubungan kamu dengan teman bicaramu akan semakin erat.

6. Mengurangi Risiko Gangguan Mental

Stres, kesepian, dan lingkungan atau hubungan yang toxic bisa menjadi beberapa faktor yang dapat meningkatkan risikomu untuk mengalami gangguan mental, seperti depresi dan gangguan cemas.

Nah, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kamu perlu mencari support system yang baik untuk mendapatkan dukungan emosional. Salah satu cara untuk mendapatkan hal ini bisa dilakukan melalui deep talk.

Berbagai riset pun menunjukkan bahwa jalinan komunikasi yang baik dengan orang lain berperan penting dalam menjaga kesehatan mental.

Melalui percakapan yang sehat, jujur, dan terbuka dengan orang lain yang kamu percayai, kamu bisa menuangkan seluruh isi hati atau unek-unekmu. Hal ini bisa membuatmu merasa bahwa diterima dan kamu pun akan merasa lebih lega.

Inilah 5 manfaat dari deep talk. Jangan ragu untuk melakukan deep talk dengan orang yang kamu sayang, ya.