Ketanji Brown Jackson, Sosok Perempuan Kulit Hitam Pertama di MA AS

Sabtu, 18 Maret 2023 | 22:56:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Ketanji Brown Jackson, Sosok Perempuan Kulit Hitam Pertama Di Ma As

Ketanji Brown Jackson. (Getty Image/AFP/Saul Leob)

Ladiestory.id - Maret menjadi bulan yang dirayakan seluruh dunia untuk sosok perempuan. Tepatnya setiap 8 Maret menjadi momentum Hari Perempuan Internasional. 

Di zaman semakin modern, peran perempuan tidak bisa dipandang sebelah mata. Perempuan bukan lagi sosok yang lemah namun juga dapat memiliki peran penting dalam suatu susunan negara, seperti halnya Ketanji Brown Jackson.

Perempuan yang disapa Hakim Brown ini merupakan seorang mantan pembela umum dan pengacara yang sukses yang memiliki praktik pribadi. Dirinya membawa pengalaman yang kaya ke Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS), sebagai dilansir dari Share America Online.

Ketanji Brown Jackson. (AP Image/Jacquelyn Martin)

 

Hakim Brown yang berkuliah di Harvard ini pernah menjadi pembela umum, mewakili klien yang tidak mampu membayar pengacara. Dia juga pernah bertugas di Komisi Putusan AS, sebuah badan Amerika Serikat yang mengusulkan perubahan dalam putusan hukum federal, dan baru-baru ini menjadi hakim di Pengadilan Tinggi AS untuk Wilayah District of Columbia.

"Jackson adalah seorang ahli hukum dengan pikiran mandiri, integritas tanpa kompromi, dan kompas moral yang kuat serta keberanian untuk membela apa yang menurutnya benar,” kata Presiden Amerika Serikat Joe Biden ketika mencalonkannya pada 25 Februari 2022.

Senat AS mengonfirmasi pencalonan Jackson pada 7 April 2022. Ia akan menjadi perempuan kulit hitam pertama di Mahkamah Agung dan akan bergabung dengan tiga perempuan lain dari sembilan Hakim Agung di mahkamah tertinggi AS.

Lahir di Washington dan dibesarkan di Miami, Jackson berasal dari keluarga dengan latar belakang pelayanan publik. Orang tuanya bekerja sebagai guru sekolah negeri dan saudara laki-lakinya serta dua pamannya menjabat sebagai polisi, dan salah satunya menjadi Kepala Polisi Miami.

Ketertarikan Jackson pada hukum dimulai sejak dini. Saat masih kecil, ayahnya, seorang guru, memutuskan untuk menjadi pengacara. Dia dan ayahnya mengerjakan pekerjaan rumah bersama: Jackson mengerjakan buku mewarnai prasekolah sementara ayahnya belajar untuk sekolah hukum.

“Beberapa kenangan awal yang saya miliki adalah ketika ayah saya duduk di meja dapur sambil membaca buku-buku hukumnya,” katanya saat menerima pencalonan oleh Biden di Gedung Putih.

“Saya menyaksikannya belajar dan dia menjadi panutan profesional pertama saya," sambungnya.

Mantan Presiden Obama menunjuk Jackson ke Komisi Putusan pada 2009. Sebagai Wakil Ketua Komisi, Jackson bekerja untuk memastikan hukuman federal yang adil dan mengurangi disparitas hukuman yang tidak dapat dibenarkan.

Sebelum dicalonkan ke Mahkamah Agung, Jackson menjabat sebagai hakim di Pengadilan Tinggi AS untuk Wilayah D.C., satu tingkat di bawah Mahkamah Agung, dan Pengadilan Distrik AS untuk District of Columbia.

Dengan bekerja di Komisi Putusan, Jackson mengikuti jejak Hakim Agung Stephen Breyer. Jackson pernah menjadi asisten hukum Stephen Breyer setelah lulus sekolah hukum, dan kini ia akan menggantikan posisinya di Mahkamah Agung. Breyer akan pensiun pada akhir masa sidang mahkamah 2021-2022.

Dalam pidato pencalonannya, Biden mengatakan bahwa saat Jackson menjadi perempuan kulit hitam pertama di Mahkamah Agung, maka dia akan menunjukkan kepada kaum muda bahwa tidak ada batasan akan apa yang dapat mereka capai.

“Sudah terlalu lama, pemerintah kita, pengadilan kita, tidak terlihat seperti Amerika,” kata Biden.

“Dan saya percaya sudah waktunya kita memiliki pengadilan yang mencerminkan bakat penuh dan kebesaran bangsa kita dengan calon yang memiliki kualifikasi luar biasa, dan bahwa kita menginspirasi semua orang muda untuk percaya bahwa mereka suatu hari dapat melayani negara mereka pada tingkat tertinggi," paparnya.