Jiwa Akan Bersih, Ini 6 Keutamaan Membaca Surat Yasin dalam Hidup

Minggu, 12 Desember 2021 | 18:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Jiwa Akan Bersih, Ini 6 Keutamaan Membaca Surat Yasin Dalam Hidup

Ilustrasi baca Surat Yasin. (Spesial)

Ladiestory.id -  Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam Alquran yang terdiri dari 83 ayat. Surat ini tergolong surat Makkiyah, yang memiliki kandungan yang cukup luas diantaranya, meliputi pokok-pokok keimanan, peringatan kematian dan tanda-tanda kekuasaan Allah.

Keutamaan Membaca Surat Yasin

Umumnya Surat Yasin sering dibaca pada malam Jumat. Selain itu surat yasin juga dibaca ketika ada orang yang meninggal dunia. Setiap surat di dalam Alquran memiliki keutamaan masing-masing termasuk Surat Yasin. Berikut keutaman membaca surat yasin dalam Islam.

1. Diampuni Dosa-Dosa

Dijelaskan dalam hadist riwayat At Thabrani, ketika seseorang membaca Surat Yasin di malam hari maka keesokan paginya dosa-dosa orang tersebut akan diampuni. “Siapa yang membaca surat (Yasin) ketika  malam hari dengan mengharap keridhoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.”(HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi,dari Abu hurairah ra).

2. Mempermudah Segala Urusan

Membaca Surat Yasin dapat dipercaya mempermudah berbagai masalah hidup, misalnya masalah utang-piutang, pertikaian, dan yang lainnya. “Barang siapa yang membaca surat yasin dari pagi, maka pekerjaan dihari itu akan dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya diakhir suatu hari  maka tugas berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan daarimi juz 2 halaman 549).

3. Terhindar dari Siksa Kubur

Iliustrasi kuburan. (Spesial)

Siapa yang tidak takut dengan siksa kubur? Membayangkannya saja sudah mengerikan. Salah satu keutaman surat yasin adalah meringankan kita dari siksa kubur yang sangat mengerikan. “Barang siapa yang berkunjung ke makam seseorang dan membacakan surat yasin pada hari itu maka allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur diperkuburan itu.” (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373).

4. Hajat Dikabulkan

Kalau kamu memiliki keinginan atau hajat, maka dengan membaca Surat Yasin diyakini segala hajatmu akan dikabulkan oleh Allah SWT. Sesuai dengan hadist berikut:

“Barang siapa yang membaca surat yasin sepenuhnya dan ketika sampai pada ayat 58 surat yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali maka allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.”

5. Memperoleh Pahala Berlipat 

Dalam riwayat At-Tirmidzi dan Ad-Darimi, mereka menjelaskan bahwa Rasulullah SAW menjelaskan bahwa Surat Yasin merupakan jantung Al-quran. Dan siapa yang membacanya akan diberikan pahala sama seperti 10 kali membaca Alquran.

6. Jiwa Akan Bersih

Rajin membaca Alquran membuat jiwa kita jadi bersih. Tentunya keistimewaan ini berlaku untuk semua surat dalam Alquran, termasuk Surat Yasin.

Dari sahabat Abu Musa Al-Asy’ari radhiallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Perumpaan seorang mu`min yang rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Al-Atrujah yang memiliki aroma wangi dan rasanya enak. Perumpamaan seorang mu`min yang tidak membaca Al-Qur`an adalah seperti buah tamr (kurma) tidak ber-aroma namun rasanya manis.

Perumpamaan seorang munafik tetapi ia rajin membaca Alquran adalah seperti buah Raihanah yang wangi namun rasanya pahit. Sedangkan perumpaan seorang munafiq yang tidak rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Hanzhalah tidak memiliki aroma dan rasanya juga pahit.” (Al-Bukhari dan Muslim).

Demikianlah beberapa keutamaan membaca Surat Yasin dalam Islam. Pada dasarnya semua surat yang terkandung di dalam Alquran memiliki keutamaan yang baik, semua tergantung diri kita yang menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.