Khas Dieng, Ini 6 Manfaat Carica Bagi Kesehatan

Minggu, 15 Januari 2023 | 14:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Khas Dieng, Ini 6 Manfaat Carica Bagi Kesehatan

Carica. (Special)

Ladiestory.id - Carica atau Vasconcellea pubescens merupakan salah satu makanan khas Dieng. Buah yang menyerupai pepaya ini hanya dapat hidup di dataran tinggi yaitu sekitar 1.500–3.000 m di atas permukaan laut.

Carica memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan pepaya pada umumnya. Selain dimakan secara langsung, carica juga dapat diolah menjadi beberapa jenis makanan dan minuman, misalnya sirup, jus, manisan, bahkan selai. 

Selain lezat dan menyegarkan, ternyata carica juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Buah ini sangat bagus untuk memelihara kesehatan pencernaan dan juga menurunkan kolesterol. Ladiestory.id telah merangkum enam manfaat carica bagi kesehatan. 

1. Meningkatkan Imun

Ilustrasi tubuh sehat. (Special)

Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin C. Nah, agar kebutuhan vitamin C terpenuhi, kamu bisa konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C salah satunya adalah carica.

Dalam carica terdapat kandungan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih yang memiliki peranan penting dalam perlindungan tubuh melawan infeksi. Tak hanya itu, vitamin C juga berperan dalam menangkal radikal bebas. 

2. Melancarkan Pencernaan

Ilustrasi pencernaan sehat. (Special)

Selain kandungan vitamin C yang cukup tinggi, dalam carica juga terdapat kandungan serat. Serat berfungsi untuk melancarkan pencernaan dengan cara melunakkan tinja sehingga tinja akan lebih mudah dikeluarkan dari dalam tubuh.

Oleh karena itu, carica sangat cocok dikonsumsi oleh penderita sembelit. Dengan mengonsumsi carica dengan porsi yang cukup, maka kamu akan terhindar dari risiko sembelit dan membuat pencernaan menjadi lancar. 

3. Kesehatan Mata

Ilustrasi mata sehat. (Special)

Carica juga ternyata kaya akan vitamin A dan Vitamin E. Kedua kandungan tersebut berperan dalam menjaga kesehatan mata sebagai organ penglihatan. Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan kornea mata. Jika kornea mata sehat dan jernih, maka kamu dapat melihat dengan jelas meskipun dalam kondisi sinar yang redup sekalipun. Sedangkan vitamin E berfungsi untuk menjaga kesehatan sel mata dan melindungi dari kerusakan karena vitamin E bersifat sebagai antioksidan. 

4. Mengontrol Tekanan Darah

Ilustrasi tekanan darah normal. (Special)

Carica juga memiliki kandungan mineral salah satunya adalah kalium. Kalium berperan untuk mengurangi ketegangan di pembuluh darah. Hal ini dapat membuat tekanan darah tetap stabil dan normal.

Selain itu, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, termasuk carica, maka kamu dapat terhindar dari risiko penyakit jantung dan stroke. Pasalnya, kalium berperan penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. 

5. Kesehatan Tulang

Ilustrasi tulang kuat. (Special)

Manfaat carica selanjutnya untuk kesehatan adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan, dalam carica terdapat kandungan kalsium dan fosfor yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Jika kebutuhan kalsium dan fosfor terpenuhi, maka kamu dapat terhindar dari risiko pengeroposan tulang. 

Selain itu, dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan kalsium dan fosfor maka dapat membantu menunjang pertumbuhan, kepadatan, dan kekuatan tulang. Sehingga, kedua kandungan mineral ini memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

6. Mencegah Kanker

Ilustrasi tubuh sehat. (Special)

Manfaat terakhir carica bagi kesehatan adalah dapat mencegah terjadinya kanker. Pasalnya, dalam carica terdapat kandungan beta karoten yang mampu menangkal radikal bebas. 

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker. Zat Radikal bebas ini bekerja dengan merusak sel tubuh. Oleh karena itu, agar dapat terhindar dari radikal bebas, kamu bisa konsumsi makanan yang mengandung beta karoten dan zat antioksidan, misalnya carica. 

Ladies, itulah beragam manfaat carica bagi kesehatan tubuh. Selain mengonsumsi carica, untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kamu juga perlu mengatur pola makan dan olahraga secara teratur, ya.