Mampu Atasi Kulit Sensitif, Ini 6 Khasiat Tanaman Calendula

Selasa, 10 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Mampu Atasi Kulit Sensitif, Ini 6 Khasiat Tanaman Calendula

Ilustasi tanaman Calendula. (Special

Ladiestory.id - Sejak puluhan tahun lalu, tanaman calendula dipercaya ampuh untuk melakukan rangkaian perawatan kulit maupun kecantikan. Tanaman ini dikenal sebagai tumbuhan yang mampu membunuh perkembangan virus. Selain itu, tanaman ini pun banyak dimanfaatkan sebagai kebutuhan medis hingga kuliner.

Calendula merupakan tanaman yang dikenal sebagai “Pot Marigold” atau Asteracea. Tanaman ini berasal dari wilayah Mediterania di Eropa dan kelopak bunganya paling banyak dimanfaatkan. Tanaman calendula ini dapat digunakan sebagai salah satu minuman herbal sebagai teh ataupun dijadikan sebagai perawatan tubuh. Berikut ini enam khasiat tanaman calendula yang mampu mengatasi masalah dan perawatan kulit sensitif.

Atasi Bakteri dan Jamur Vagina

Ilustrasi vagina nyeri. (Special)

Memiliki masalah bakteri dan jamur pada area kewanitaan atau vagina dapat diatasi dengan memanfaatkan tanaman calendula, khususnya yang sudah di produksi dalam bentuk obat-obatan atau salep. Penggunaan salep calendula dapat membantu membunuh bakteri dan jamur yang menginfeksi pada vagina.

Salep calendula juga menjadi salah satu pilihan tepat untuk meredakan gejala infeksi di area vagina yang disebabkan oleh jamur. Kamu pun dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakannya, agar tidak menimbulkan efek samping atau masalah kulit yang berbahaya.

Atasi Jerawat

Ilustrasi memencet jerawat. (Special)

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit sensitif khususnya akibat masalah jerawat yang meradang, kamu pun dapat menggunakan calendula oil untuk mengatasi masalah jerawatmu. Saat ini sudah banyak produk skincare atau facial wash yang memanfaatkan kandungan calendula sebagai bahan alami untuk pemilik kulit sensitif.

Selain itu, menggunakan masker wajah dengan kandungan calendula pun dapat menjadi alternatif pilihan dalam merawat kondisi wajah yang berjerawat.

Mengatasi Eksim dan Ruam Kulit

Calendula dapat membantu menyembuhkan masalah kulit yang sensitif diantaranya eksim dan ruam pada kulit. Walaupun calendula memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat mengurangi peradangan pada kulit, namun penggunaan calendula tidak disarankan pada anak-anak. Hal ini dikarenakan dapat menimbulkan kontraindikasi.

Atasi Luka pada Kulit

Ilustrasi luka. (Special)

Tanaman calendula memiliki kandungan antioksidan serta bersifat antiseptik dan antimikroba yang dapat membantu mengatasi luka pada kulit baik luka ringan maupun luka yang cukup parah. Selain itu, kandungan pada calendula ini juga dipercaya ampuh mempercepat proses pengeringan luka pada kulit, di antaranya exzema, dermatitis, maupun psoriasis.

Atasi Penuaan Dini

Ilustrasi tanda penuaan. (Special)

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari tanaman calendula ini adalah dapat membantu mengatasi penuaan dini. Saat ini, sudah terdapat essential oil yang berasal dari bahan alami calendula dengan tekstur yang ringan dan dapat menyerap ke lapisan kulit.

Bahkan, essential oil ini terkandung dalam produk skincare yang cocok digunakan bagi pemilik kulit berminyak maupun kulit sensitif. Kandungan anti oksidannya dapat membantu merawat kulit serta menghindarkan kulit dari masalah penuaan dini hingga munculnya garis-garis halus pada kulit.

Tenangkan Kulit

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Mengonsumsi minuman herbal ataupun teh dari calendula dapat membantu menenangkan tubuh dan kulit, lho. Kelopak bunga dan ekstrak calendula ini memiliki kandungan saponin, flavonoid, dan polisakarida yang dapat membuat kulit dan tubuhmu rileks.

Selain dapat menenangkan tubuh dan kulit, tanaman calendula ini pun dapat mengatasi keram perut atau nyeri pada perut, sehingga rasa sakit akan cepat mereda. Nah, Ladies itulah enam khasiat yang dapat kamu temukan dari tanaman calendula, khususnya bagi perawatan kulit.