5 Kiat Atasi Hijab agar Tidak Mudah Melorot

Kamis, 24 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Kiat Atasi Hijab Agar Tidak Mudah Melorot

Ilustrasi busana hijab. (Special)

Ladiestory.id - Bagi para hijabers, tampilan hijab atau kerudung harus tetap on point agar tidak merusak kepercayaan diri ketika di muka umum. Namun nyatanya, kendala yang paling sering dialami para wanita hijab, yakni hijab menjadi geser bahkan melorot.

Apalagi, bagi para pemula yang belum terbiasa menggunakan hijab, terkadang kondisi ini dapat membuat kesal bahkan tidak nyaman. Eits, tetapi kamu tak perlu khawatir! Kamu bisa mencoba 5 kiat mudah berikut ini agar hijabmu tidak mudah melorot.

Setrika Hijab Sebelum Digunakan

Ilustrasi setrika. (Special)

Cara pertama sebelum menggunakan hijab, ada baiknya jika kamu menyetrika hijab dengan suhu sedang atau ringan terlebih dahulu. Cara ini akan membuat hijab lebih mudah untuk ditata atau di styling nantinya.

Hijab berbahan tipis sebaiknya dapat disetrika menjadi duai lipatan. Usahakan untuk tidak menekan lipatan hijab karena dapat meninggalkan bekas pada hijab sehingga sulit hilang. Setelah disetrika, sebaikynya gantung hijab dan biarkan kondisinya dingin sebelum digunakan.

Ikat Rambut dengan Nyaman

Ilustrasi Mengikat Rambut. (Special)

Sambil menunggu hijabmu dingin setelah disetrika, kamu pun bisa mengikat rambut dengan rapi dan nyaman sebelum menggunakan hijab. Mengikat rambut tentunya akan memudahkan kamu untuk mengenakan hijab, sehingga akan lebih mudah diatur. Dengan mengikat rambut, tentunya juga akan membuat kamu merasa nyaman dan tidak gerah.

Kamu bisa menggunakan hair band, ikat rambut atau scrunchies untuk membuat tatanan rambut lebih rapi. Usahakan supaya rambutmu tidak diikat longgar karena bisa saja membuat rambut dan hijab menjadi melorot.

Gunakan Inner Hijab yang Tepat

Ilustrasi hijab. (Special)

Sebelum mengenakan hijab, hal penting yang bisa kamu gunakan agar hijab tidak melorot ialah menggunakan inner hijab atau ciput yang tepat. Penggunaan inner hijab ini akan membuat tampilan hijab lebih rapi serta melindungi rambut agar tidak terlihat.

Pilihlah inner hijab yang tepat dan nyaman sesuai kebutuhanmu, kamu pun bisa memilih inner hijab yang dapat menyerap keringat, sehingga kondisi kepalamu dapat lebih nyaman dan tidak gerah.

Kamu juga bisa menyesuaikan inner hijab dengan ukuran yang pas dan tidak ketat, supaya kepalamu tidak merasa pusing. Selain itu, kamu bisa memilih inner hijab sesuai dengan struktur atau bentuk wajahmu.

Pilih Bahan Hijab yang Nyaman

Ilustrasi hijab. (Special)

Agar aktivitasmu tetap nyaman seharian, tentunya kamu dapat memilih bahan hijab yang nyaman. Bahan hijab akan mempengaruhi kondisi kepalamu agar tidak mudah melorot dan bergeser.

Saat ini, sudah banyak jenis bahan hijab sesuai degan selera yang kamu inginkan. Salah satu kiat yang bisa kamu coba ialah dengan memilih bahan hijab yang kaku, seperti voal, viscose, atau kashmir. Bahan tersebut juga mudah diatur dan nyaman digunakan, sehingga tidak mudah melorot.

Gunakan Jarum Pentul atau Peniti

Ilustrasi memakai hijab dengan jarum pentul. (Special)

Agar hijab tidak mudah melorot kamu bisa menggunakan jarum pentul, penit,i atau brooch supaya hijab tetap rapi dan tahan seharian. Jarum pentul dan peniti ini tentunya dapat menjaga hijab agar mudah diatur serta hijab mudah di styling.

Ladies, itu dia lima kiat mudah yang bisa kamu praktikan sehari-hari, khususnya bagi para wanita berhijab agar hijab yang kamu kenakan tidak mudah bergeser dan melorot. Tentunya, kiat-kiat mudah di atas dapat membuat penampilanmu tampak lebih rapi dan juga membuatmu nyaman seharian.