Mau Usaha tapi Minim Modal? Ini 6 Kiat Sukses Bisnis Coffee Shop

Rabu, 6 Juli 2022 | 15:00:00

Nova Patria Aditya

Penulis : Nova Patria Aditya

Mau Usaha Tapi Minim Modal? Ini 6 Kiat Sukses Bisnis Coffee Shop

Ilustrasi usaha coffee shop. (Special)

Ladiestory.id - Tren usaha kopi belakangan ini menduduki posisi bisnis UMKM tertinggi di Indonesia. Mengutip Riset Toffin dari laman Kemenkopukm, jumlah outlet kopi pada 2016 masih 1.083 outlet, kemudian melonjak tiga kali lipat menjadi 2.973 outlet pada 2019.

Kopi bukan lagi dikonsumsi sebagai minuman untuk menghilangkan kantuk. Saat ini, kopi dimodifikasi menjadi beberapa minuman yang banyak digemari berbagai kalangan usia. Dengan latar belakang inilah, bisnis kopi mulai ramai bermunculan, terlebih di kota besar, seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta.

Selain dianggap bergengsi, bisnis satu ini cukup menjanjikan, sebab minim risiko kerugian. Kamu penasaran, apa saja hal yang harus disiapkan untuk membangun usaha kopi kekinian dengan modal minim untuk meraup untung besar? Sebelum kamu mengalami kerugian karena kurangnya persiapan dalam membuka usaha kopi ini, alangkah baiknya kamu mempersiapkan hal-hal berikut.

Kenali Barang Jualanmu

Ilustrasi minum kopi. (Special)

Sebelum melangkah lebih jauh atau membuang banyak uang untuk menyiapkan usaha, alangkah lebih baiknya kamu pelajari tentang kopi. Mulai dari cara pembuatan yang pas, jenis-jenis kopi, karakteristik kopi, dan harga bahan baku.

Nah, lantas bagaimana cara untuk membuka usaha dengan modal kecil ini? Kamu harus memusatkan keahlian diri sendiri sebelum memutuskan untuk merekrut barista dan karyawan lain. Strategi ini cocok digunakan pemula dalam menjalankan usaha kopi dengan modal kecil.

Kamu bisa menggunakan cara tester share dengan teman-temanmu untuk mendapatkan kritik sampai mendapatkan rasa yang enak. Trik ini jangan sampai dilewatkan demi bisnis impianmu tetap eksis dan tak lenyap hanya karena kamu kurang persiapan.

Kenali Pesaingmu

Ilustrasi coffee shop. (Special)

Langkah selanjutnya setelah mengenali produk apa yang akan kamu jual, kamu wajib harus lebih sering nongkrong di coffee shop terlaris yang ada di kotamu. Kamu perlu sesekali bertanya pada pengunjung di sana minuman favorit mereka dan alasannya.

Riset pesaing ini bisa kamu jadikan sebagai riset pasar. Setidaknya, kamu akan lebih tahu apa yang paling banyak diminati konsumen, sekaligus apa yang menjadi kekurangan pesaingmu.

Nah, celah itu bisa kamu gunakan untuk menaikkan produkmu agar terlihat lebih unggul dan berbeda. Setelah langkah itu kamu lakukan, artinya kamu sudah siap melakukan branding terhadap produk yang akan kamu jual.

Soft Branding

Ilustrasi coffee shop. (Special)

Langkah ini adalah kunci yang paling penting. Kamu perlu menciptakan culture yang tidak pernah dilakukan oleh coffee shop lain. Hal ini bertujuan untuk membuat usaha kopimu cepat dikenal.

Ajaklah beberapa komunitas untuk mengadakan acara seperti bedah buku, seminar, dan beberapa lomba seni agar mereka mulai mengenal usahamu. Nah, jika sudah mulai ada pengunjung, kamu bisa mulai belajar menghafal nama-nama mereka beserta minuman favoritnya. Soft branding ini merupakan salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan usaha kopimu untuk meraup untung besar.

Tentukan Konsep Tempat Usaha

Ilustrasi coffee shop. (Special)

Membuat tempat usaha juga harus dipertimbangkan dengan sangat matang. Contohnya, jika kamu mengusung tema klasik dalam menu andalan usaha kopimu, kamu bisa meletakkan benda-benda klasik sebagai desain interiormu, seperti sepeda tua, kursi kayu, atau cangkir besi blirik jadul, sebagai penyajiannya agar terlihat serasi.

Begitupun jika usaha kopimu mengusung tema modern, kamu bisa memilih ornamen dengan warna pastel atau gaya cozy yang banyak dipilih oleh beberapa coffee shop ternama di Indonesia.

Sistem Bisnis

Ilustrasi pria minum kopi. (Special)

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuat sistem bisnismu agar tidak mengalami kendala. Kamu perlu membuat beberapa standar untuk menjaga kualitas usaha kopimu agar tak lekang waktu. Mulai catat beberapa aturan, seperti jam operasional usaha kopimu, rules pesanan, hingga SOP karyawan.

Promosi di Platform Digital

Ilustrasi promosi di media sosial. (Special)

Internet memudahkan kamu untuk mengenalkan bisnismu agar lebih dikenal konsumen. Kamu bisa memilih digital marketing jika ingin omzetmu makin meningkat tanpa biaya iklan.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan, seperti membuat official account di Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, aplikasi online food dan website. Setiap saat kamu bisa mengunggah hal-hal terkait usaha kopimu. Kamu bisa sertakan promosi yang sedang berjalan.

Jadi, untuk memulai usaha kopi ini diperlukan beberapa skill. Tujuan utamamu harus menjadi fokus penting dalam membuka bisnis ini. Apakah niat usaha kopimu sudah kamu pertimbangkan? Atau hanya mengikuti tren coffee shop yang sedang laris? Ingat ya, kamu perlu meluruskan niat dan tujuanmu agar coffee shopmu bisa terus hidup.