Kini Disandang Kate Middleton setelah Putri Diana, Apa Itu Gelar Princess of Wales?

Sabtu, 10 September 2022 | 18:30:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Kini Disandang Kate Middleton Setelah Putri Diana, Apa Itu Gelar Princess Of Wales?

Kate Middleton. (Special)

Ladiestory.id - Setelah wafatnya Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9/2022), Pangeran Charles kemudian diangkat menjadi Raja Charles III. Pergantian gelar dan tanggung jawab pun juga terjadi pada keluarga Kerajaan Inggris yang lain, mulai dari istri, anak, menantu, hingga cucu dari Raja Charles III.

Salah satu yang cukup mencuri perhatian publik adalah pemberian gelar Princess of Wales untuk istri dari Pangeran William, yakni Kate Middleton. Pasalnya, gelar Princess of Wales sebelumnya disandang oleh mendiang Putri Diana, yang tak lain adalah ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry.

Apa itu Gelar Princess of Wales?

Kate Middleton. (AP Photo/Alastair Grant)

Dilansir dari Daily Mail, Sabtu (10/9/2022), Kate Middleton menjadi Princess of Wales setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II. Sedangkan sang suami, yakni Pangeran William menjadi Prince of Wales dan Duke of Cornwall, mewarisi gelar milik ayahandanya yang kini naik takhta menjadi Raja Charles III.

Princess of Wales sendiri diketahui sebelumnya adalah gelar yang disandang oleh Putri Diana, sewaktu masih menjadi istri dari Pangeran Charles. Gelar ini digunakan bagi istri dari pewaris takhta Kerajaan Inggris.

Saat Putri Diana meninggal dunia pada 1997 silam, gelar ini belum pernah digunakan kembali. Istri kedua dari Raja Charles III, yakni Camilla pun tidak mendapatkan gelar tersebut. Meskipun, diketahui memang sudah resmi menikah dengan Pangeran Charles sebelumnya.

Gelar Princess of Wales sendiri ternyata tidak bisa diberikan secara sembarangan. Bahkan, gelar ini tidak diberikan dengan hanya melihat garis keturunan saja. Ada aturan tertentu yang membuat gelar ini boleh diberikan kepada sosok Kate Middleton seperti yang terjadi saat ini.

Rupanya untuk mendapatkan gelar Princess of Wales, hanya ketika pemegang gelar sebelumnya telah naik takhta menjadi raja atau ratu. Seperti ketika akhirnya Pangeran Charles naik takhta sebagai raja, menggantikan mendiang Ratu Elizabeth II, maka calon pewaris takhta kerajaan selanjutnya, yaitu Pangeran William pun mendapatkan gelar Prince of Wales. Sedangkan sang istri, Kate Middleton menyandang gelar Princess of Wales.

Makna dari Gelar Princess of Wales

Pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles. (AP Photo)

Ada makna mendalam dari gelar Prince of Wales dan Princess of Wales bagi Kerajaan Inggris. Untuk gelar Princess of Wales diketahui digunakan sebelumnya oleh istri dari Pangeran Charles, yakni Putri Diana.

Setelah Putri Diana meninggal dunia, Pangeran Charles saat itu diketahui menikah untuk yang kedua kalinya dengan sosok Camilla Parker Bowless. Meskipun sudah resmi menikah secara hukum, gelar yang dimiliki oleh Putri Diana tidak serta merta jatuh ke tangan Camilla. Mengingat adanya sentimen publik terkait pernikahan kedua dari Raja Charles III kala itu.

Sedangkan untuk gelar Prince of Wales yang kini disandang oleh Pangeran William, juga tak kalah mendalam maknanya. Lantaran gelar ini identik dengan lencana The Prince of Wales’s Feathers yang sudah digunakan sejak abad ke-14 dan zaman Edward, The Black Prince. Gelar ini pun menggambarkan hubungan sejarah panjang Kerajaan Inggris hingga ke nenek moyangnya terdahulu.

s