Kisah dan Pencapaian Menarik dari Sosok Daniel Kaluuya

Senin, 8 November 2021 | 09:55:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Kisah Dan Pencapaian Menarik Dari Sosok Daniel Kaluuya

Foto: hellomagazine

Ladiestory.id - Ada banyak aktor dari kancah luar negeri yang menarik perhatian, salah satunya adalah Daniel Kaluuya. Aktor kelahiran Inggris ini berhasil menjadi Aktor Pendukung Terbaik dalam ajang Oscar atau Academy Awards 2021 yang sempat digelar awal tahun lalu di Amerika Serikat.

Penghargaan Pertama Daniel Kaluuya

Foto: thesun

Daniel meraih penghargaan karena perannya sebagai Fred Hampton di film Judas and the Black Messiah karya sutradara Shaka King. Faktanya ini adalah kemenangan Oscar pertamanya dan nominasi kedua setelah masuk dalam kategori aktor terbaik dalam film Get Out karya Jordan Peele di Oscar 2018.

Pada ajang itu, Daniel Kaluuya berhasil terpilih nominasi Best Supporting Actor bersama dengan Sacha Baron Cohen (The Trial of the Chicago 7), Leslie Odom Jr. (One Night in Miami), Paul Raci (Sound of Metal) dan Lakeith Stanfield (Judas and the Black Messiah). 

Ketika berpidato, Daniel menyampaikan terima kasih kepada para pemain, kru, dan produser di balik Judas and the Black Messiah. Selain itu, dia memberikan penghormatan kepada Hampton dan seluruh Partai Black Panther.

Faktanya, Fred Hampton adalah tokoh revolusioner kulit hitam di Amerika Serikat berusia 21 tahun yang tewas saat operasi penyerangan di tahun 1969.

Jejak karier Daniel Kaluuya dalam Judas and the Black Messiah, Kaluuya berperan bersama LaKeith Stanfield memerankan Bill O'Neal, sebagai informan FBI yang mengkhianati Hampton.

Tanpa disadari, peran yang dimainkan Stanfield membawa dirinya masuk dalam nominasi Aktor Pendukung Terbaik. Sedangkan film sudah rilis sejak 12 Februari 2021. Disitu, mereka menghadirkan Jesse Plemons, Dominique Fishback dan Dominique Thorne. 

Perjalanan Karier Daniel Kaluuya

daniel kaluuya
Foto: hollywoodlife

Awal dari Daniel memulai karier di dunia perfilman sejak 2006. Saat itu, dia mendapatkan peran dalam film Shoot the Messenger dan terlibat dalam serial Skins.

Bukan hanya itu, dia mendapatkan peran dalam serial Johnny English Reborn dan  The Fades yang tayang pada 2011.

Selain itu, dia sempat membintangi film Kick-Ass 2 dan Welcome to the Punch sebelum mendapatkan peran dalam Get Out. Sejak saat itu, Daniel Kaluuya semakin dikenal publik bahkan ketika ia memerankan Chris Washington dalam film Get Out.

Peran film yang disutradarai oleh Jordan Peele itu membawa dirinya masuk nominasi Aktor Pemeran Utama Terbaik dalam Oscar 2018. 

Perjalanan karier dari Daniel Kaluuya selanjutnya adalah peran dalam film superhero dari Marvel Comics, Black Panther, yang rilis pada 2018 karya Ryan Coogler. Film ini dibintangi oleh Chadwick Boseman, sedangkan Kaluuya memerankan tokoh W’Kabi.

Kemudian di tahun yang sama, Kaluuya berperan dalam film Widows yang disutradarai oleh Steve McQueen. Kemudian setelah setahun, dia mendapatkan peran utama bersama Jodie Turner-Smith dalam film Queen & Slim karya Melina Matsoukas.

Tidak sampai disitu, setelah Judas and the Black Messiah, Daniel dikabarkan sedang terlibat dalam proyek film karya Jordan Peele dan film The Upper World.

Wah, perjalanan kariernya cukup panjang dan menarik, ya. Sukses untuk Daniel Kaluuya!