Kisah Inspiratif Jerome Poline Jatuh Bangun Raih Beasiswa ke Jepang

Rabu, 20 April 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Kisah Inspiratif Jerome Poline Jatuh Bangun Raih Beasiswa Ke Jepang

Jerome Polin. (Instagram.com/jeromepolin)

Ladiestory.id - Siapa yang tidak mengenal sosok pemuda berprestasi Jerome Polin? Jerome Poline Sijabat atau yamg dikenal sebagai Jerome Poline merupakan seorang lulusan universitas ternama di Jepang, Waseda University. Namun, selama menjadi seorang mahasiswa, Jerome juga dikenal sebagai seorang YouTuber, pengusaha, dan selebritas berkebangsaan Indonesia.

Dia memulai channel YouTubenya yang bernama Nihongo Mantappu dengan membagikan kehidupan pribadinya sebagai seorang mahasiswa Indonesia di Jepang. Jerome membuat konten cara belajar Bahasa Jepang, Matematika, dan vlog kesehariannya selama berada di Jepang.

Meskipun berkuliah di Jepang, ternyata perjuangan Jerome untuk mendapatkan beasiswa di Jepang tidaklah mudah. Banyak usaha jatuh bangun Jerome selama memperjuangkan beasiswanya. Bahkan, ketika dirinya sudah diterima menjadi mahasiswa disana, dirinya harus tetap berusaha agar bisa menyelesaikan kuliahnya sampai lulus.

Nah, berikut ini beberapa kisah inspiratif dari Jerome yang bisa Kamu jadikan motivasi untuk kehidupanmu. Simak baik-baik ya!

Awalnya Tidak Suka Matematika

Jerome Polin. (Instagram.com/jeromepolin)

Seperti yang Kamu ketahui, Jerome dikenal memiliki kecerdasan dalam bidang matematika. Namun, siapa sangka ternyata semasa kecil, Jerome ini tidak terlalu menyukai Matematika loh! Namun pemikirannya mulai berubah ketika sang ibu mengatakan bahwa Matematika itu diibaratkan sebagai permainan bajak laut.

Yang mana saat Kamu dapat memecahkan teka-teki yang ada, maka Kamu akan mendapat harta karun. Dari sini lah dia mulai mengubah cara pandangnya terhadap matematika, hingga memutuskan untuk menggelutinya saat ini.

Perjalanan Ambisius

Jerome Polin. (Instagram.com/jeromepolin)

Sejak kecil, Jerome bercita-cita ingin bersekolah di luar negeri. Saat lulus dari bangku SMP, Dia masuk peringkat 10 besar nilai Ujian Nasional tertinggi se-Jawa Timur. Dia pun memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di SMAN 5 Surabaya.

Tidak hanya itu, dia juga sering memenangkan olimpiade. Terbukti dia berhasil mendapat beasiswa ke Nanyang Technological University (NTU) Singapura, dengan total beasiswa sebesar 50%. Namun, karena kondisi perekonomiannya, ia memutuskan untuk mundur.

Berhasil Meraih Beasiswa di Jepang

Jerome Polin. (Instagram.com/jeromepolin)

Suatu hari, Jerome mendapatkan informasi dari kakaknya, terkait beasiswa penuh untuk pelajar Indonesia oleh perusahaan Jepang Mistui Bussan. Namun, kuota beasiswa ini hanya untuk 2 pelajar.

la menjalani tes di Jakarta selama 4 hari dan optimis dengan hasil yang diperolehnya. Akhirnya, dia berhasil mendapatkan beasiswa penuh di Waseda University, Jepang dan mengambil jurusan Matematika Terapan.

Eksis dan Terus Menginspirasi Banyak orang

Jerome Polin. (Instagram.com/jeromepolin)

Sambil fokus dengan kuliah, dia juga membagikan suasana kehidupan di Jepang, pelajaran Matematika, bahkan tentang kehidupan keluarganya melalui channel YouTubenya "Nihonggo Mantappu".

Sekak memulai konten YouTubenya pada 2017 hingga kini, Jerome telah memiliki lebih dari 8 juta subscribers. Bahkan, kini meluncurkan bisnis bersama kakaknya, Jehian yang diberi nama Menantea. Takjubnya, bisnis Menantea ini sudah memasuki 1 tahun anniversary, tepat pada 11 April 2022.

Tetap Semangat Kuliah di Masa Akhir Perkuliahannya di Jepang

Jerome Polin. (Instagram.com/jeromepolin)

Jerome dikenal sebagai mahasiswa yang sangat pintar. Tak heran jika kini dia sudah melewati masa akhir untuk kuliahnya. Selama 4 tahun ini dia berhasil menyelesaikan studinya di Waseda University. Tepat pada 26 Maret 2022, Jerome Poline telah lulus dari universitas tersebut.

Banyak hal yang di laluinya ketika menginjak masa-masa akhir kuliah. Dirinya juga membagikan momen dimana dirinya melaksanakan sidang skripsi sekitar 2 bulan lalu melalui channel YouTube kesayangannya.

Tidak hanya itu, nama Jerome juga masuk ke dalam website resmi Waseda University, dengan topik "Mimpinya menjadi Menteri Pendidikan. Influencer yang menyatukan Indonesia-Jepang". Dalam artikelnya, Jerome juga mengatakan bahwa dia memberikan satu quotes sebagai semangat dan inspirasi untuk orang lain.