Kisah Inspiratif Miss Universe Thailand, Kenakan Gaun dari Tutup Kaleng Minuman Bekas

Selasa, 17 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Kisah Inspiratif Miss Universe Thailand, Kenakan Gaun Dari Tutup Kaleng Minuman Bekas

Anna Sueangam-Iam. (Special)

Ladiestory.id - Ajang Miss Universe 2022 telah digelar di New Orleans, Lousiana Amerika Serikat dan berakhir pada Sabtu (16/1/2023) waktu setempat.  Salah satu hal yang menarik perhatian pada sesi evening gown adalah penampilan perwakilan asal Thailand, yakni Anna Sueangam-Iam.

Ia tampil memukau saat mengenakan gaun daur ulang dari tutup kaleng minuman bekas yang didesain mewah dan glamor. Gaun berwarna silver yang berkilauan tersebut berasal dari potongan tab atau tutup kaleng minuman bekas yang digabungkan dengan Swarovski. 

Anna Sueangam-Iam. (Special)

Rupanya, gaun berbentuk slip slit dan halter neck tersebut memiliki kisah inspiratif di balik pembuatannya. Gaun tersebut didesain khusus oleh brand fashion Manirat yang dinamai “Hidden Precious Diamond Dress”.

Berdasarkan pemaparan Anna, gaun ini terinspirasi dari kisah hidup masa kecilnya dan sebagai bentuk penghormatan kepada kedua orang tuanya. Diketahui, latar belakang Anna berasal dari keluarga pemulung. Ayahnya adalah seorang pemulung dan ibunya adalah seorang penyapu jalanan.

Anna Sueangam-Iam. (Special)

Bahkan, saat memenangkan gelar Miss Universe Thailand 2022, Anna sempat dijuluki sebagai “ratu kecantikan sampah”. Namun, hal tersebut tidak membuatnya merasa malu.

Ia justru mengaku bangga karena kedua orang tuanya karena berhasil mendidik dan membesarkan dirinya menjadi pribadi yang tetap bersinar terang walaupun berada digundukan sampah yang kotor dan bau. Hal inilah yang membuatnya kuat dan berusaha menjadi lebih baik untuk mengubah hidupnya.

Anna Sueangam-Iam. (Special)

Tak disangka, dengan penampilan Anna yang memukau di babak preliminary competition berhasil menuai banyak cinta dan pujian. Kisah di balik gaun ini pun menyentuh hati para pageant lovers dari seluruh dunia. Bahkan, banyak yang merasa terinspirasi dari kisah perjalanan Anna sebagai seorang beauty queen.

“This was incredible, your parents are so proud of you, queen!!" kata @missuupdate.

“Thank you for telling your life story, for being an example of getting ahead, thank you for inspiring thousands of people and wanting to make this world a much better place," tutur @clarke092121.

Super thoughtful and wonderful concept to reuse materials and make fashion," ungkap @mylifemytravels_.