Kisah Inspiratif Para Pejuang Kanker di Yayasan Kanker Anak Indonesia dalam Berkarya

Senin, 18 Desember 2023 | 00:00:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Kisah Inspiratif Para Pejuang Kanker Di Yayasan Kanker Anak Indonesia Dalam Berkarya

Workshop Neighbors Indonesia dan Yayasan Kanker Anak Indonesia. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Ladiestory.id - Mengidap penyakit serius seperti kanker rupanya bukan menjadi suatu penghalang untuk para pengidapnya berhenti menunjukkan skill-nya.

Hal ini terlihat dari workshop inspiratif yang diadakan oleh Neighbors Indonesia, sebuah organisasi nirlaba yang dipimpin oleh sekelompok siswa Sekolah Pelita Harapan, dengan sederet duta Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI).

Pada workshop tersebut, Neighbors Indonesia menghadirkan beberapa pejuang kanker dari Yayasan Kanker Anak Indonesia untuk membagikan kisah inspiratif mereka.

Ada Keyra, Bungsu, Melvina, hingga Athalla yang sama-sama menjadi cancer fighter dan duta untuk Yayasan Kanker Anak Indonesia.

Dalam pembahasan selama workshop, masing-masing dari duta Yayasan Kanker Anak Indonesia menceritakan cerita inspiratif mereka dalam berkarya meskipun di tengah melawan rasa sakit akibat kanker yang dideritanya.

Seperti sosok Keyra yang aktif dengan passion-nya di bidang menulis, Bungsu yang aktif dengan komunitas menari, Melvina dengan passion-nya di bidang vokal, hingga Athalla dengan passion-nya di bidang melukis.

Salah satu cerita inspiratif datang dari Melvina penderita leukimia. Dengan passion­-nya dalam bidang vokal, Ia baru saja merilis lagu baru.

Bukan tanpa alasan, Melvina memutuskan untu membuat lagu untuk merayakan hari ulangg tahunnya yang ke-17.

Workshop Neighbors Indonesia dan Yayasan Kanker Anak Indonesia. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Tidak ingin merayakan dengan pesta meriah, Melvina justru ingin merayakannya dengan membuat suatu karya yang bisa dikenang banyak orang.

“Proses aku dirilis lagu judulnya ‘Cakrawala’ itu sebenernya hanya ide random aja, karena aku waktu itu sweet seventeen tapi aku pengen sweet seventeen aku nggak yang party-party aja tapi ada sesuatu yang bermanfaat dan bisa didengar dan dikenang oleh semua orang,” tutur Melvina dalam sesi workshop, di kawasan Jakarta Pusat, pada Rabu (6/12/2023).

Selanjutnya ada cerita inspiratif dari Keyra yang memiliki passion menari dengan mengidap leukimia tipe ALL.

Dengan penyakit yang diidapnya, Keyra masih tetap memiliki mimpi untuk bisa menjadi idol sehingga Ia memberanikan diri untuk bergabung dengan sebuah komunitas dance terkemuka di Indonesia, yakni Invasion DC.

“Meski aku mengidap penyakit leukimia ALL, tapi aku suka sama lagu-lagu J-pop kayak gitu jadi aku ingin mencoba seperti mereka, aku terinspirasi dan termotivasi untuk menjadi idol,” ungkap Keyra.

Sebagai sosok-sosok inspiratif di usia muda yang pernah menjadi cancer fighter, para duta Yayasan Kanker Anak Indonesia pun juga ingin mengajak orang-orang untuk selalu meraih impian dan tak putus asa dengan rintangan-rintangan yang dihadapi.

“Hidup dengan kanker itu benar-benar membawa banyak pengalaman, ada yang menyenangkan sekaligus menyedihkan. Kalau membicarakan hal-hal yang udah berlalu, pastinya ada yang sedih juga, terutama di masa-masa sulit,” ucap Keyra.

“Itu semua udah berlalu. Tapi untuk aku sekarang, itu udah menjadi pengalaman yang berharga, tentang di mana aku berjuang dengan kanker dan sampai saat ini malah bisa mengembangkan pengalaman-pengalaman yang dimiliki menjadi sebuah karya,” pungkasnya.