Kisah Ismail Marzuki Dihadirkan Lewat "Serial Musikal Payung Fantasi" oleh IndonesiaKaya

Selasa, 25 Oktober 2022 | 11:30:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Kisah Ismail Marzuki Dihadirkan Lewat "Serial Musikal Payung Fantasi" Oleh Indonesiakaya

Serial Musikal Payung Fantasi by Indonesia Kaya. (Spesial)

Ladiestory.id -  Bekerja sama dengan Garin Nugroho dan BOOW Live, IndonesiaKaya akan kembali menyuguhkan hiburan menarik yang bisa dengan mudah dinikmati di mana saja bertajuk "Serial Musikal Payung Fantasi", yang terinspirasi dari karya musik dan kisah hidup dari maestro musik sekaligus pahlawan nasional, Ismail Marzuki. 

Serial musikal ini akan terdiri dari 6 episode dan ditayangkan di kanal YouTube IndonesiaKaya mulai 26-27 Oktober 2022 pukul 19.00 WIB. 

Berangkat dari kesuksesan pada 2021 melalui "Serial Musikal Nurbaya" yang telah disaksikan lebih dari 20 juta views di kanal YouTube IndonesiaKaya dan juga antusiasme dari masyarakat serta pecinta seni, di tahun ini pihak IndonesiaKaya terdorong untuk memberikan persembahan baru.

Serial Musikal Payung Fantasi by Indonesia Kaya. (Spesial)

IndonesiaKaya memutuskan untuk mengangkat kisah dan karya Ismail Marzuki yang bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam format serial musikal yang bertajuk "Payung Fantasi". Lagu "Payung Fantasi" sendiri, mengalun di radio mengantarkan kisah tentang kehidupan sang komponis hingga akhir hayatnya.

Bakat musik yang luar biasa serta kepiawaian merangkai kata di dalam lagu-lagunya menjadi cara Ismail Marzuki dalam menggemakan semangat perjuangan untuk kemerdekaan. Kolaborasi antara jalan cerita yang mengalir serta tata gerak dan tarian turut memanjakan mata. Hal tersebut menjadi sebuah tontonan sarat edukasi yang memikat.

Serial Musikal Payung Fantasi by Indonesia Kaya. (Spesial)

Selain tampilan visual yang memanjakan mata, telinga para pecinta musik dan seni tanah air akan dihibur dengan berbagai karya Ismail Marzuki yang akan ditampilkan dalam 6 episode "Serial Musikal Payung Fantasi" ini.

Serial Musikal Payung Fantasi by Indonesia Kaya. (Spesial)

Lebih dari 25 karya maestro tanah air ini akan dibawakan dengan apik oleh para pemain, seperti "Jauh di Mata", "Payung Fantasi", "Juwita Malam", "Dari Mana Datangnya Asmara", "Gagah Perwira", "Indonesia Pusaka", "Selamat Datang Pahlawan Muda", "Sepasang Mata Bola", "Sabda Alam", "Melati Tapal Batas", "Sapu Tangan dari Bandung Selatan", "Aryati", "Halo-halo Bandung", "Gugur Bunga", hingga "Rayuan Pulau Kelapa".

Serial Musikal Payung Fantasi by Indonesia Kaya. (Spesial)

Tak ketinggalan, lagu "O, Sarinah" yang merupakan salah satu lagu pertama ciptaan Ismail Marzuki dan ditulis dalam bahasa Belanda menjadi simbol kehidupan masyarakat Indonesia yang tertindas di era penjajahan sekaligus menjadi sebuah penghargaan pada kehidupan warga yang sederhana. Buku berjudul "Seabad Ismail Marzuki: Senandung Melintas Zaman" karya Ninok Leksono menjadi salah satu referensi dalam pembuatan serial musikal ini.

Serial Musikal Payung Fantasi by Indonesia Kaya. (Spesial)

Proses produksi "Serial Musikal Payung Fantasi" melalui proses panjang yang dimulai sejak Januari 2022, dimulai dari audisi online "Mentjari Bang Maing dan Djoewita", diikuti oleh 250 pendaftar dari berbagai wilayah di luar pulau Jawa seperti Bali dan juga mencakup wilayah Indonesia Timur. Setelah melangsungkan proses audisi secara hybrid, terpilih 29 peserta untuk ikut meramaikan produksi "Serial Musikal: Payung Fantasi".

Serial Musikal Payung Fantasi by Indonesia Kaya. (Spesial)

“Senang melihat banyak talenta baru bermunculan, artinya kecintaan terhadap literasi budaya akan terus lestari dan teregenerasi. Apalagi Ismail Marzuki merupakan sosok seniman, komposer, dan pahlawan nasional yang sangat memberi pengaruh dalam dunia seni musik Tanah Air. Banyak lagu gubahan beliau yang hingga kini masih terus diputar dan didengarkan, baik dalam wujud asli maupun berbagai gubahan baru.” ujar Garin Nugroho selaku Eksekutif Produser 

Pemeran sosok Ismail Marzuki dan Eulis Andjung di Serial Musikal Payung Fantasi by Indonesia Kaya. (Spesial)

Sebagai pemeran Ismail Marzuki, Gusty Pratama dan Mariska Setiawan sebagai Eulis Andjung, turut mengungkapkan kegembiraannya, dan mengaku sangat bangga bisa memerankan sosok legenda Indonesia.

Selain karakter utama dan para peserta terpilih program "Mentjari Maing dan Djoewita", serial musikal ini juga dimeriahkan oleh Sal Priadi sebagai Syaiful Bahri, Afgan sebagai Bing Slamet, Daniel Adnan sebagai Perwira Belanda, dan juga Titiek Puspa sebagai Eyang Putri.