Kolaborasi Sony dan Honda Hadirkan Mobil Canggih Dikendalikan Stik PS5

Selasa, 16 Januari 2024 | 09:25:00

Atika Febriani

Penulis : Atika Febriani

Kolaborasi Sony Dan Honda Hadirkan Mobil Canggih Dikendalikan Stik Ps5

Afeela Sony Honda Mobility. (YouTube.com/youcar)

Ladiestory.id - Brand ternama Honda dan Sony kembali menghadirkan kelanjutan dari series mobil listrik Afeela yang dikeluarkan pada tahun lalu, 2023. Afeela yang kini siap diproduksi secara massal memiliki kemampuan menakjubkan dari mobil listrik sebelumnya.

Mobil dengan teknologi canggih ini diperkenalkan oleh Izumi Kawanishi selaku Presiden dan COO Sony Honda Mobility di Consumer Electronics Show (CES) 2024, Las Vegas. Menariknya sang presiden perusahaan memamerkan Afeela menggunakan kontroler DualSense atau stik PS5 ke atas panggung. 

“Kontrol jarak jauh ini hanya dilakukan untuk keperluan showcase teknologi,” jelas Izumi Kawanishi. 

Meski teknologi satu ini hanya dilakukan saat pameran, para penggemar mobil mengaku tetap terkejut dan takjub.

Afeela Sony Honda Mobility. (Mobilitas Sony Honda)

 Melansir dari CNet Online, perpaduan Afeela dan stik PS5 dirasa karena keduanya memiliki banyak kesamaan. Mobil ini diketahui menggunakan Epic Games’s Unreal Engine 5.3 untuk menampilkan visual 3D yang ada dalam dashboard ultrawide yang besar. 

Afeela dilengkapi dengan sensor dan kamera ultra-wideband. Mobil ini memanfaatkan potensi AI, sensor dan kamera yang memuat Sony Honda Mobility sehingga bisa parkir sendiri. Kamu juga bisa memilih tema sesuai keinginan saat berkendara seperti mengubah pencahayaan, suara dan tampilan.

Mobil listrik ini dibekali baterai lithium-ion yang memiliki kapasitas 91,0 kWh, dengan daya isi ulang hingga 150 kilowatt. Sedan ini mampu mengisi daya AC maksimal 11 kW. 

Afeela Sony Honda Mobility. (Mobilitas Sony Honda)

Sony dan Honda diketahui telah berkerja sama dengan Microsoft untuk menghadirkan teknologi terkini komputasi skala cloud Azure AI. Teknologi ini dilapisi metadata yang bersumber dari internet. Berbagai siaran TV, film, dan game yang memberikan hiburan penumpang di jalan, saat parkir dan mengisi daya. 

Pada akhir tahun ini kamu sudah bisa mengendarai Afeela secara virtual yang akan dimasukan dalam video games Gran Turismo 7.

Mengenai pemesanan sedan Afeela yang belum diberi nama ini akan dibuka pada tahun 2025. Sementara penjualan di Amerika Serikat akan mulai tahun 2026. Menurut perkiraan, mobil listrik ini akan dijual dengan harga sekitar 45 ribu dollar AS atau Rp700 jutaan.