7 Komika Populer Indonesia, Jago Banget Buat Ketawa

Jumat, 14 Januari 2022 | 18:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

7 Komika Populer Indonesia, Jago Banget Buat Ketawa

Raditya Dika. (special)

Ladiestory.id - Komika Indonesia Fico Fachriza menjadi sorotan sebab tengah terjerat kasus narkoba. Ia merupakan jebolan ajang Stand Up Comedy Indonesia (SUCI).

Stand Up Comedy merupakan salah satu program pilihan yang dapat menghibur para penontonnya. Tak hanya itu, program ini juga menghasilkan deretan komika berbakat dari berbagai daerah.

Selain sukses di dunia hiburan, para komika ini juga berhasil mengembangkan karier masing-masing. Beberapa komika ada yang merangkap karier sebagai penulis, penyiar, dan menjadi aktor terkenal. Penasaran komika siapa saja yang sukses dan populer di Indonesia? Ladiestory.id merangkum beberapa komika yang populer di Tanah Air. 

1. Raditya Dika

Raditya Dika. (special)

Raditya Dika merupakan salah satu komika kreatif dan populer di Indonesia. Selain sebagai komika, ia juga sukses dengan karya buku-bukunya. Bahkan ada beberapa judul buku best seller miliknya yang dijadikan film, di antaranya Kambing Jantan dan Cinta Brontosaurus.

Tak hanya itu saja, pria berusia 38 tahun ini pun menggeluti dunia seni peran dengan menjadi aktor, sutradara, serta pembawa acara. Bagi stand up comedy, Raditya Dika memiliki peran yang sangat penting. Ia menjadi pelopor dan memperkenalkan stand up comedy ke segmen yang lebih luas.

2. Ernest Prakasa

Ernest Prakasa. (special)

Ernest Prakasa merupakan komika pertama yang berhasil melakukan tour komedi ke berbagai kota di Indonesia. Sebelumnya, Ernest memulai kariernya sebagai seorang penyiar radio. Setelah sukses sebagai komika, ia mulai melebarkan sayapnya di dunia hiburan.

Mengikuti jejak Raditya Dika, Ernest mulai menulis, berakting dan menyutradarai beberapa film. Meski tergolong baru di industri perfilman, nyatanya ia memiliki bakat dan kualitas yang tak kalah bagus. Hal itu terbukti dengan adanya beberapa penghargaan dan nominasi bergensi untuk film garapannya.

3. Pandji Pragiwaksono

Pandji Pragiwaksono. (special)

Pandji Pragiwaksono menjadi komika sekaligus orang Indonesia pertama yang melakukan world tour di lima benua dengan hasil karyanya. Sebelumnya, Pandji adalah seorang penyiar radio dan juga penyanyi.

Kiprahnya di dunia hiburan sudah tidak asing lagi, ia sukses menjadi presenter di berbagai acara reality show. Selain itu kemampuan aktingnya dalam beberapa film, seperti Ruddy Habibie dan Insya Allah Sah, membuktikan bahwa ia adalah aktor multitalenta.

4. Kemal Palevi

Kemal Palevi. (special)

Komika populer lainnya adalah Kemal Palevi. Ia menjadi salah satu pelopor komika yang merambah ke dunia seni peran. Selain sebagai komika yang cukup populer, Kemal juga membintangi beberapa film layar lebar. Bahkan, di beberapa film ia menjadi tokoh utamanya, seperti dalam film Tak Kemal maka Tak Sayang dan Jagoan Instan.

5. Ge Pamungkas

Ge Pamungkas. (special)

Genrifinadi Pamungkas atau yang akrab disapa Ge merupakan juara pertama SUCI season 2. Komika populer ini dikenal dengan berbagai macam gaya tekniknya saat stand up. Selain itu Ge selalu membawakan materi-materi yang update dengan teknik pembawaan yang all out, sukses mengundang tawa para penontonnya.

6. Dodit Mulyanto

Dodit Mulyanto. (special)

Dodit juga termasuk komika yang sangat populer dengan gaya khas biolanya. Komika yang satu ini memang selalu mengundang tawa. Bukan hanya dari materi saat stand up, melainkan pembawaan dan ekspresi wajahnya yang lucu. Ini membuat Dodit sering diundang ke berbagai acara di setiap daerah untuk stand up comedy.

Selain mengembangkan bisnisnya di usaha kuliner, Dodit juga sering tampil di layar lebar. Ia juga pernah menjadi pendamping pemeran utama bersama Sandy Aulia dalam film Cinta itu Buta.

7. Boris Bokir

Boris bokir. (special)

Boris bokir cukup populer sebagai komika dengan ciri khas pesona Batak-nya. Meski tidak menjadi juara di Stand Up Comedy Indonesia, kariernya di dunia hiburan cukup cemerlang.

Sukses membintangi beberapa judul film ,seperti Komedi Gokil 2 dan Mengejar Malam Pertama, tak membuat Boris melupakan pendidikannya. Ia berhasil meraih gelar sarjana hukum meski menghabiskan waktu selama tujuh tahun, akibat kesibukannya di dunia entertaiment.