Komitmen IKEA Hasilkan Produk Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik

Kamis, 20 Juli 2023 | 00:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Komitmen Ikea Hasilkan Produk Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik

IKEA. (Special)

Ladiestory.id - IKEA, toko perabot asal Swedia, terus berupaya untuk mengurangi jejak karbon dan lebih bertanggung jawab pada lingkungan, lewat berbagai produk buatan IKEA yang diproduksi dengan menggunakan bahan-bahan dari sumber yang lebih berkelanjutan. IKEA berkomitmen untuk menginspirasi dan memungkinkan lebih banyak orang agar hidup lebih berkelanjutan dengan produk IKEA.

IKEA. (Special)

 

Salah satu langkah yang diambil IKEA untuk berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang lebih baik adalah dengan menggunakan bahan dasar dari sumber yang lebih bertanggung jawab. Seperti contohnya kayu yang menjadi bahan dasar utama di hampir seluruh produk IKEA.

Kayu menjadi bahan fundamental bagi sebagian besar produk IKEA, dan kayu yang berkualitas membuat produk menjadi lebih tahan lama. Sebagian besar kayu yang digunakan dalam produk IKEA sudah bersertifikat FSC (Forestry Stewardship Council). Standar FSC ini akan membantu untuk lebih melindungi ekosistem serta mata pencaharian masyarakat.

Ririn Basuki, PR & Communication Manager IKEA mengatakan, ”Besarnya kuantitas produksi IKEA menjadikan IKEA memiliki tanggung jawab yang besar untuk melindungi hutan dunia. Bagi kami, setiap pelaku industri memiliki peranan penting untuk merancang dan memproduksi produk yang lebih bertanggung jawab. Penting bagi kami untuk bisa memulai dari hal kecil dalam lebih menjaga lingkungan di masa mendatang, yang sejalan dengan salah satu nilai IKEA, yaitu kepedulian terhadap manusia dan bumi.”

Selain kayu, IKEA juga menggunakan bahan dasar yang lebih berkelanjutan lainnya seperti bambu dan juga rotan. Selain karena kedua bahan tersebut memiliki nilai estetika untuk dijadikan perabot rumah tangga, bambu dan rotan juga memiliki karakteristik yang kuat, fleksibel dan tahan lama yang menjadikan mereka sebagai material yang lebih berkelanjutan. Beberapa produk IKEA yang terbuat dari bambu antara lain; tempat ponsel BERGENES, tempat piring OTSBIT, kursi NORDMYRA dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan beberapa contoh produk IKEA yang terbuat dari rotan antara lain keranjang BRANÄS, meja troli LUBBAN, pot tanaman KAKTUSFIKON.

“Selain dari kayu, rotan dan bambu juga dijadikan bahan dasar dalam pembuatan produk-produk IKEA. Konsistensi kami terhadap penggunaan bahan dasar yang lebih berkelanjutan juga kami tuangkan dalam produk-produk berbahan dasar kain.

Kapas yang digunakan sebagai bahan pembuat katun dalam produk IKEA berasal dari sumber yang lebih berkelanjutan dan sudah mendapatkan sertifikasi Better Cotton Initiatives Organic Cotton (GOTS-Certified),” tambah Ririn.

 

IKEA. (Special)

 

Berbicara mengenai hidup yang lebih keberlanjutan, cara hidup kita di rumah memiliki pengaruh besar terhadap bumi ini. IKEA akan terus berupaya untuk merancang semua produk dengan nilai yang lebih berkelanjutan dengan tujuan hanya menggunakan bahan yang dapat diperbarui dan didaur ulang dalam produk IKEA pada tahun 2030. Dan IKEA juga memiliki tujuan ke depan untuk menghilangkan semua produk plastik sekali pakai dari rangkaian produk IKEA secara global.