Eksplor Berbagai Satwa, Komunitas Berbagi Rasa Ajak 30 Anak Panti ke Ragunan

Sabtu, 3 Desember 2022 | 19:42:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Eksplor Berbagai Satwa, Komunitas Berbagi Rasa Ajak 30 Anak Panti Ke Ragunan

Komunitas Berbagi Rasa. (Special)

Ladiestory.id - Berekreasi dan berkunjung ke kebun binatang bersama keluarga kerap dianggap sebagai hal yang sudah lumrah dan bukan merupakan sesuatu yang mewah untuk beberapa orang. Meskipun tiket masuk beberapa kebun binatang terbilang masih terjangkau, nyatanya pengalaman tersebut tidak dirasakan oleh sebagian pihak, seperti yang dialami oleh anak-anak panti asuhan. 

Berangkat dari persoalan tersebut, Komunitas Berbagi Rasa, yang merupakan komunitas sosial yang berfokus kepada kaum marjinal, khususnya anak-anak, mengajak sekitar 30 anak berusia 8 hingga 13 tahun dari Panti Sosial Asuhan Putra Utama 1 untuk berbagi keceriaan dalam kegiatan Aksi Rasa dengan tema “Zoo Day: An Adventure with Kawan Asuh di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta”, pada 26 November lalu.

Komunitas Berbagi Rasa. (Special)

Menurut Uma Adi Kusuma, salah satu Penyelenggara Aksi Rasa Zoo Day, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman rekreasi dengan mengenalkan kehidupan alam liar secara langsung kepada Kawan Asuh. Zoo Day juga bermaksud untuk mengedukasi mengenai satwa dengan cara yang menyenangkan sekaligus meningkatkan jiwa eksplorasi sedari dini.

“Zoo Day merupakan Aksi Rasa kami yang ke 13, pada Aksi Rasa ini adik-adik atau disebut Kawan Asuh berpetualang dan belajar tentang berbagai macam satwa sambil mengelilingi kebun binatang,” papar Uma.

Komunitas Berbagi Rasa. (Special)

Selain berpetualang, kegiatan ini juga dilengkapi dengan sesi edukasi yang dibawakan oleh organisasi Burung Indonesia. Selanjutnya, Kawan Asuh disuguhkan dengan permainan ular tangga hingga memindahkan bola ping-pong berkelompok. Kegiatan ini pun diakhiri dengan memberikan hadiah dari pemenang games dan kuis. 

“Hal kecil seperti pergi ke kebun binatang, terlihat sederhana namun berharga untuk sebagian orang. Oleh karena itu, tujuan kami ingin membagikan rasa tersebut agar lebih banyak yang bisa merasakan kebahagiaan, serta meningkatkan kepedulian dalam berbagi,” ujar salah satu Penggagas Berbagi Rasa, Almira Agriphina.

Komunitas Berbagi Rasa. (Special)

Sementara itu, Komunitas Berbagi Rasa berawal dari sejumlah pemuda dengan latar belakang budaya dan pekerjaan yang berbeda, namun mempunyai kepedulian yang sama dalam bidang sosial. Komunitas Berbagi Rasa memulai Aksi Rasa perdananya dengan menonton film bioskop “Ku Lari ke Pantai” bersama anak-anak atau ‘Kawan Asuh’ pada 2018. 

Aksi Rasa berlanjut pada kegiatan bermanfaat lainnya, seperti berbagi saat Ramadhan, donasi saat musibah, hingga bermain di Museum Layang-layang, Jakarta Selatan. Dalam setiap Aksi Rasa, selalu disisipi dengan edukasi yang bermanfaat mengenai isu lingkungan dan kesehatan, yang juga berkolaborasi dengan sejumlah instansi dalam bidang terkait.