KPI Boikot Pelaku KDRT, Rizky Billar Dipecat Sebagai Host

Rabu, 5 Oktober 2022 | 11:00:00

Kpi Boikot Pelaku Kdrt, Rizky Billar Dipecat Sebagai Host

Rizky Billar. (Instagram.com/rizkybillar)

Ladiestory.id - Stasiun TV Indosiar memecat Rizky Billar sebagai host "Dangdut Academy". Langkah ini diambil usai Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengecam keras tindakan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan figur publik.

Mulai malam kemarin, suami Lesti Kejora, Rizky Billar diberhentikan secara tidak hormat dari ajang kompetisi musik, "Dangdut Academy". Pemecatan ini disampaikan oleh Ruben Onsu, Ramzi, Irfan Hakim, Jirayut, dan Rara Lida. Mereka dengan tegas mendukung Lesti Kejora sebagai korban kekerasan dari sang suami.

"Indosiar menjawab pertanyaan netizen sekaligus mengambil keputusan. Dengan ini kami mengumumkan bahwa mulai malam ini Rizky Billar tidak lagi menjadi host 'Dangdut Academy' 5, stand for Lesti, L for love," tegas Irfan Hakim. Selasa (4/10/2022) malam. 

"Kami mau mengajak semua masyarakat Indonesia untuk berani speak up dan menolak terhadap segala bentuk kekerasan. Sekali lagi saya tegaskan menolak segala bentuk kekerasan dalam rumah tangga," kata Ruben Onsu ketika acara berlangsung.

KPI berpendapat, akan muncul persepsi negatif jika pelaku KDRT masih berseliweran di televisi dan radio, baik sebagai pembawa acara maupun bintang tamu. Maka dari itu, lembaga tersebut mengimbau stasiun TV untuk melarang pelaku KDRT tampil di layar kaca. 

Rizky Billar Dipecat (Youtube.com/Indosiar)

"Ya, kami informasikan kepada pemirsa agar sama-sama mengetahui bersama televisi dan konten-konten digital itu sangat berbeda. Televisi mempunyai lembaga yang mengatur semua penyiaran. Berangkat dari peraturan tersebut keputusan Komisi Penyiaran Indonesia mengenai penutupan ruang untuk semua pelaku KDRT untuk tampil di radio dan televisi," sambung Ramzi.

Seperti yang diketahui, Lesti Kejora dan Rizky Billar mengisi acara dalam ajang kompetisi musik, "Dangdut Academy" musim ke-5. Lesti sendiri merupakan penyanyi jebolan ajang pencarian bakat itu. Kariernya melonjak pesat setelah namanya keluar sebagai pemenang.