Sering Disajikan Saat Idulfitri, 5 Kue Khas Lebaran yang Populer di Indonesia

Jumat, 29 April 2022 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Sering Disajikan Saat Idulfitri, 5 Kue Khas Lebaran Yang Populer Di Indonesia

Ilustrasi kue kering khas lebaran. (Special)

Ladiestory.id - Momen lebaran identik dengan sajian aneka kue kering untuk menyambut para tamu. Nastar dan kastengel merupakan jenis kue yang nyaris selalu disajikan saat lebaran.

Selain itu, beberapa kue kering di bawah ini juga populer di Indonesia. Kira-kira ada kue kering favoritmu gak, Ladies?

Nastar

Ilustrasi kue nastar. (Special)

Nastar bisa disebut sebagai kue kering khas lebaran paling populer di Indonesia. Pasalnya, kue kering ini paling sering dihidangkan di meja ruang tamu.

Umumnya, kue nastar biasanya terbuat dari tepung terigu, mentega, telur, dan vanili. Lambat laun kue ini diberi beragam isian, seperti  nanas, cokelat, atau stroberi. 

Kastengel

Ilustrasi kue kastengel. (Special)

Selain nastar, kastengel juga cukup populer untuk disajikan saat lebaran. Kue ini terbuat dari tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju.

Kue kastengel memiliki rasa khas yang cenderung asin. Meski demikian, kue ini cukup banyak diburu jelang Idulfitri. 

Putri Salju

Ilustrasi kue putri salju. (Special)

Putri salju merupakan kue kering yang tak kalah populer untuk dihidangkan saat lebaran. Sama seperti namanya, kue ini punya ciri khas taburan gula putih halus. Sehingga, membuatnya tampak seperti salju. Cita rasa kue ini cenderung gurih dan bertekstur lembut.

Astor

Ilustrasi kue astor. (Special)

Astor merupakan kue yang memiliki bentuk khas, yakni panjang dengan isian cokelat yang nikmat. Selain cokelat, astor memiliki beragam rasa, seperti vanila dan stroberi. Karena rasanya yang manis, astro biasanya disukai oleh anak-anak. 

Lidah Kucing

Ilustrasi kue lidah kucing. (Instagram.com/yang_chreesteen)

Kue ini disebut sebagai lidah kucing lantaran bentuknya yang dianggap mirip lidah kucing.Kue ini masuk ke Indonesia sejak masa kolonial. Dalam bahasa Belanda, kue ini disebut dengan "Katte Tong".

Seiring dengan perkembangan zaman, kue lidah kucing kini mengalami berbagai modifikasi dengan beragam warna dan rasa. Namun, kue ini punya ciri khas rasa yang manis dan sedikit gurih. Tekstur kue ini lembut dan empuk saat digigit.

Mana kue kering favoritmu, Ladies?

s