Kulit Acne Prone, Hindari Makeup Berbahan Silikon untuk Cegah 5 Masalah Ini

Senin, 30 Januari 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Kulit Acne Prone, Hindari Makeup Berbahan Silikon Untuk Cegah 5 Masalah Ini

Ilustrasi Kulit Acne Porne. (Special)

Ladiestory.id - Kulitmu sedang mengalami masalah jerawat namun kamu tetap ingin menggunakan makeup sebenarnya hal ini diperbolehkan dan sah-sah saja. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih produk dan kandungan makeup khususnya bagi kamu si pemilik kulit acne prone. Ladies, kandungan silikon pada makeup perlu dihindari bagi kamu yang memiliki masalah kulit acne prone, hal ini dikarenakan dapat menyebabkan kulit semakin bermasalah.  

Umumnya kandungan silikon dalam sebuah produk kecantikan khususnya make-up dapat membuat tampilan wajah terlihat flawless, halus dan dapat membantu menyamarkan pori-pori pada kulit. Namun, bagi si pemilik kulit acne prone menggunakan makeup berbahan silikon dapat menimbulkan lima masalah kulit seperti berikut ini, lho.

Pori-pori Kulit Tersumbat

Ilustrasi Pori-pori Kulit Tersumbat. (Special)

Kandungan silikon dapat membuat sebuah lapisan pada kulit yang dapat mengunci kelembapan serta mengisi pori-pori, namun kandungan silikon pada makeup dapat membuat kotoran, bakteri, sebum, sisa makeup terperangkap sehingga mengakibatkan pori-pori menjadi tersumbat. Hal inilah yang dapat memicu terjadinya berbagai masalah kulit seperti jerawat hingga komedo khususnya bagi kamu yang memiliki kondisi kulit acne prone.

Wajah Berjerawat

Ilustrasi Wajah Berjerawat. (Special)

Yup, jika kamu menggunakan produk makeup berjenis waterproof yang memiliki kandungan silikon di dalamnya maka hal ini dapat memicu kotoran, minyak, dan bakteri menempel dipori-pori kulit wajah sehingga mengakibatkannya menjadi tersumbat. Alhasil wajahmu pun akan mengalami jerawat dan juga breakout. Oleh sebab itu, bagi kamu yang memiliki kulit acne prone, alangkah lebih baik jika kamu dapat menghindari kandungan makeup berbahan silikon tersebut.

Kulit Menjadi Kusam

Ilustrasi Kulit Menjadi Kusam. (Special)

Ladies, akibat menumpuknya kotoran, makeup dan minyak berlebih pada kulit wajahmu sehingga menyebabkan pori-pori kulit menjadi tersumbat, bahkan menggunakan produk makeup berbahan silikon dapat membuat kulit wajahmu terlihat kusam. Selain itu, kandungan makeup berbahan silikon ini dapat membuat kulit menjadi tidak seimbang kadar alaminya sehingga kelembapannya pun akan berkurang, alhasil kulitmu akan lebih kering bahkan mengalami dehidrasi.

Menghambat Regenerasi Kulit

Ilustrasi Menghambat Regenerasi Kulit. (Special)

Ladies, penyebab lainnya akibat menggunakan produk makeup silikon yang dapat membuat kulitmu menjadi bermasalah ialah dapat menghambat regenerasi sel kulitmu. Kandungan makeup berbahan silikon ini menahan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit sehingga bagi kamu yang memiliki kulit acne prone dapat memicu terjadinya hiperpigmentasi pada kulit, kulit menjadi radang dan kemerahan, kulit menjadi breakout, bekas jerawat menjadi sulit hilang hingga dapat menimbulkan tanda-tanda penuaan kulit.

Skincare Tidak Bekerja Optimal

Ilustrasi Skincare Tidak Bekerja Maksimal. (Special)

Kandungan silikon pada makeup ini juga akan sangat disulitkan pada wajah, maka dari itu kamu perlu melakukan perawatan ekstra untuk mengatasinya. Kamu juga bisa menggunakan makeup remover maupun produk cleanser khusus untuk menghapus makeup waterproof yang pada umumnya menggunakan silikon. Menggunakan makeup remover biasa saja tidak cukup untuk membantu menghilangkan dan mengangkat kotoran serta meninggalkan residu.

Maka dari itu, jika kamu menggunakan skincare, sisa-sisa silikon yang menempel pada makeup pun akan tetap meninggalkan residu serta produk skincare menjadi tidak bekerja secara optimal.

Nah, Ladies itulah ke lima masalah yang harus kamu perhatikan dan kamu hindari jika menggunakan produk makeup silikon khususnya bagi kamu yang memiliki masalah kulit acne prone. Alangkah lebih baiknya jika kamu dapat menghindari makeup silikon ini untuk mencegah terjadinya berbagai masalah kulit yang terjadi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.