Kumpulan Bacaan Doa Nikah yang Harus Dilafalkan

Senin, 20 Desember 2021 | 18:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Kumpulan Bacaan Doa Nikah Yang Harus Dilafalkan

Foto: instagram/teukuryantr

Ladiestory.id - Dalam agama Islam, pernikahan merupakan salah satu bentuk dari ketaatan seorang muslim kepada perintah dan takdir yang telah digariskan Allah kepadanya.

Jika seorang muslim merasa telah mampu untuk menikah, maka dianjurkan untuk segera melangsungkan pernikahan. Hal itu sebagaimana tertuang dalam firman Allah yang berbunyi sebagai berikut,

"Di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia ciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang." (QS al-Rum: 21).

Rasulullah juga bersabda, seorang muslim yang melangsungkan pernikahan akan mendapatkan ridho dari Allah SWT karena termasuk suatu ibadah. Hukum dari pernikahan sendiri menjadi wajib tatkala seorang muslim dihadapkan beberapa hal seperti nafsu yang mendesak hingga ditakutkan ia akan terjerumus ke dalam perzinahan.

Kumpulan Bacaan Doa Nikah yang Harus Dilafalkan

Untuk mengingat Allah SWT selama pernikahan, terdapat beberapa doa nikah yang dapat dilafalkan bagi pengantin maupun tamu undangan. Adapun beberapa doa nikah tersebut yakni sebagai berikut,

1. Doa agar Diberikan Kebaikan dan Keberkahan Ketika Datang ke Sebuah Pernikahan

doa nikah
Ilustrasi pernikahan. (Special)

 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam senantiasa mendoakan orang yang melangsungkan pernikahan dengan mengucapkan

“Baarakallaahu laka, wa baaraka ‘alaika, wa jama’a baynakumaa fii khair.” (HR. Tirmidzi, Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Doa yang dilafalkan oleh Rasulullah SAW tersebut merupakan doa bagi pengantin yang sedang menikah dan dibacakan oleh tamu undangan yang datang.

Artinya: “Semoga Allah memberikan berkah kepadamu, semoga Allah mencurahkan keberkahan kepadamu. Dan semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan.”

2. Doa Mempelai Pria

Ilustrasi pernikahan. (Special)

 

Sedangkan bagi pengantin laki-laki ketika dipertemukan pertama kali dengan istrinya di pelaminan hendaklah berdoa. Berikut doa pengantin laki-laki:

“Allahumma barik li fi ahli, wa barik ahli fiya. Allahumarzuqhum minni, warzuqni minhum. Allahummajma’ bainana ma jama’ta fi khair. wa farriq bainana idza faraqta fi khair.

Artinya: “Ya Allah berkahilah kehidupanku dalam keluargaku, juga berkahilah keluargaku dalam hidupku. Ya Allah berikanlah rezeki untuk keluargaku dari ku dan berikanlah rezeki untukku dari keluargaku.

Ya Allah kumpulkanlah kami sebagaimana Engkau kumpulkan dalam kebaikan, juga jangan pisahkan kami kecuali dalam perpisahan yang baik.”

3. Doa Suami Kepada Istri Setelah Menikah

doa nikah
Ilustrasi pernikahan. (Special)

 

Sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, hendaknya pengantin pria setelah akad memegang ubun-ubun istrinya, lalu membaca basmalah dan dilanjutkan dengan melafalkan doa:

“Allaahumma innii as’aluka khairahaa wa khaira maa jabaltahaa ‘alaihi, wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa ‘alaihi.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiatnya yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa.” (HR. Abu Daud, no. 2160).

4. Doa Agar Rumah Tangga Menjadi Harmonis

doa nikah
Ilustrasi pernikahan. (Special)

Setiap orang pasti berharap agar rumah tangga yang dijalaninya menjadi harmonis. Untuk mewujudkan hal tersebut, kamu bisa melafalkan doa berikut:

“Robbana hablana min azqajinaa wa zurriyatina qurrota’ayunin, waj’alna lil muttaqiina imama”

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS Al-Furqan: 74)

Inilah beberapa doa nikah yang dapat dilafalkan bagi pengantin maupun tamu undangan. Semoga bermanfaat