Kumpulan Bacaan Doa Tobat Umat Islam, Bahasa Latin Beserta Artinya

Rabu, 1 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Kumpulan Bacaan Doa Tobat Umat Islam, Bahasa Latin Beserta Artinya

Foto: priangan timur news

Ladiestory.id - Kata taubat dalam Bahasa Arab berasal dari huruf ta, wawu, dan ba‟, menunjukkan pada arti pulang (al-ruju') dan kembali (al-audah). Sedangkan di Indonesia sering disebut tobat. Adapun maksud tobat kepada Allah adalah pulang kepadanya, kembali ke haribaan-Nya, dan berdiri di depan pintu surganya.

Bertaubat kepada Allah SWT, kata dasarnya tauban, taubatan, dan mataban. Maksudnya insyaf dari kemaksiatannya dan menyesalinya. Sedangkan orang yang bertaubat disebut dengan tabi’in. Allah menerima taubat seseorang, artinya yaitu Allah mengampuninya dan kembali memberikan karunia kepadanya.

Bacaan Doa Tobat Umat Islam

Ketika seseorang berlumur dengan dosa, hendaklah dia segera bertobat . Dalam melaksanakannya, ada beberapa doa tobat yang bisa dilafalkan maupun sholat yang bisa dilaksanakan. Berikut kumpulan doa tobat beserta latin dan artinya yang mudah dipahami

1. Doa Tobat Nabi Adam AS

Kisah Nabi Adam AS yang melanggar perintah Allah SWT karena terhasut rayuan iblis tentu sudah kita ketahui sebelumnya. Karena perbuatannya itu, Nabi Adam AS menyadari kesalahannya, memohon ampun kepada Allah SWT dan bertaubat. Saat bertaubat, doa yang dibaca oleh Nabi Adam AS adalah sebagai berikut.

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

"Qālā rabbanā ẓalamnā anfusana wa il lam tagfir lanā wa tar-ḥamnā lanakụnanna minal-khāsirīn."

Artinya: “Keduanya berkata, "Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi."

2. Doa Tobat Nabi Yunus AS

Bersumber pada buku "Doa Ajaran Ilahi" karya Anis Masykhur dan Jejen Musfah. Nabi Yunus AS pernah meninggalkan kaumnya dalam kondisi marah dan putus asa karena tak ada yang mau mengikuti perintahnya.

Pada akhirnya, ia merasa berdosa karena sudah zalim pada dirinya sendiri. Akhirnya Nabi Yunus AS melantunkan doa tobat dengan membaca surat Al-Anbiya ayat 87.

 وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۚ

“wa żan-nụni iż żahaba mugāḍiban fa ẓanna al lan naqdira 'alaihi fa nādā fiẓ-ẓulumāti al lā ilāha illā anta sub-ḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn”

Artinya: “Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, "Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim."

doa tobat
Foto: Kumparan

3. Doa Tobat Berdasarkan Hadist Rasulullah SAW

Berikut bacaan latin doa taubat berdasarkan hadist Rasulullah SAW:

“Astaghfirullaahal 'azhiimalladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, wa atuubu ilaih.”

Artinya: “Aku minta ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Hidup dan terus-menerus mengurus makhlukNya, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

4. Doa Tobat yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW pernah diminta oleh Abu Bakar Ash-Shiddiq untuk mengajarinya doa taubat. Doa tersebut akhirnya dibaca selepas salat oleh Abu Bakar Ash-Shiddiq. Doa taubat yang diajarkan Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut.

اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا، وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِي، إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

"Allahumma innii zholamtu nafsii zhulman katsiiran wa laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta faghfirlii maghfiratan min 'indika warhamnii innaka antal ghafuurur rahiim."

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku telah menzhalimi diriku sendiri dengan kezhaliman yang banyak, sedangkan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka itu ampunilah aku dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

doa tobat
Foto: Merdeka

5. Doa Tobat menurut Hadis Shahih

Doa tobat ini berdasarkan hadis shahih yang telah disetujui oleh Imam Adz-Dzahabi 1/511 dan Al-Albani. Rasulullah juga bersabda bahwa: "Barang siapa yang membaca maka Allah mengampuninya, sekalipun dia pernah lari dari perang."

Doa tobat berdasarkan hadis shahih, sebagai berikut:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaahal 'azhiima-lladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, wa atuubu ilaih

Artinya: "Aku minta ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Hidup dan terus-menerus mengurus makhlukNya, dan aku bertobat kepada-Nya." (HR. Abu Dawud 2/85, At-Tirmidzi 5/569, Al-Hakim).

doa tobat
Foto: Liputan 6

6. Doa Tobat Rasulullah SAW Sebelum Wafat

Berikut ini bacaan latin doa tobat Rasulullah SAW sebelum wafat:

“Subhaanaka wa bihamdik. Astaghfiruka wa atuubu ilaik.”

Artinya: “Mahasuci Engkau dan segala puji bagi-Mu. Aku mohon ampunan-Mu. Aku bertaubat kepada-Mu.”

Inilah kumpulan doa tobat beserta latin dan artinya yang mudah dipahami. Semoga bermanfaat.