Ladies, Hentikan Penggunaan Skincare Jika Alami 5 Masalah Kulit Ini

Senin, 18 Juli 2022 | 23:45:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Ladies, Hentikan Penggunaan Skincare Jika Alami 5 Masalah Kulit Ini

Ilustrasi Masalah Kulit. (Pinterest)

Ladiestory.id - Kebutuhan akan skincare merupakan barang wajib yang diperlukan bagi rutinitas kulit sehari-hari. Namun, hingga kini juga banyak kesalahan dalam penggunaan skincare yang menyebabkan kulit menjadi gagal glowing dan sehat.

Tanpa disadari, penggunaan skincare yang kurang tepat juga dapat membuat kulit tubuh terancam. Maka dari itu, mulai sekarang hentikan penggunaan skincare jika kamu mengalami 5 masalah kulit ini, Ladies.

Kulit Semakin Berminyak 

Ilustrasi Masalah Kulit. (Pinterest)

Ladies, sebelum membeli produk skincare, sebaiknya kamu harus memperhatikan jenis kandungan yang cocok bagi kondisi dan masalah kulitmu. Jangan hanya karena termakan iklan dan review dari beauty content creator, kamu jadi salah kaprah dan mengakibatkan kulitmu menjadi bermasalah. Bukannya glowing, justru malah makin bermasalah.

Jika kulit wajahmu semakin banyak mengeluarkan minyak ataupun sangat kering ketika menggunakan skincare, hal ini berarti produk skincare-mu memiliki kandungan alkohol ataupun oil control yang tidak bisa diterima oleh kulitmu. Oleh karena itu, kamu bisa mengurangi atau menghentikan penggunaan produk skincare tersebut.

Ladies, perlu diketahui bahwa kulit wajah juga memiliki kandungan minyak alami untuk membantu menjaga kelembapan kulit, loh. Maka dari itu, coba perhatikan lagi cara penggunaan skincare-mu apakah sudah tepat dan benar. Jika kamu mengalami masalah ini berulang, maka segera hentikan penggunaannya.

Sensitif Terhadap Paparan Cahaya Matahari

Ilustrasi Masalah Kulit. (Pinterest)

Saat ini produk inovasi akan produk kecantikan baik makeup maupun skincare kian berkembang. Tak heran, banyak brand produk yang berlomba-lomba mengenalkan dan mempromosikan keunggulannya pada khalayak. Mulai dari memutihkan hingga mencerahkan kulit yang mana hal itu akan membuat wanita tergoda untuk mencobanya.

Sebut saja skincare dengan kandungan AHA, BHA, dan Benzoyl peroxide yang dapat membuat wajah lebih putih mencerahkan dalam beberapa tingkat.

Ladies, tahukah kamu jika kandungan formula dalam skincare tersebut juga dapat membuat kulit sensitif terhadap paparan cahaya sinar matahari, loh. Jika kamu mengalami kondisi tersebut, kamu segera hentikan penggunaanya dan cukup gunakan saat berada di dalam ruang atau saat malam hari.

Muncul Jerawat dan Komedo Berlebih

Ilustrasi Masalah Kulit. (Pinterest)

Terkadang kulit juga mulai bereaksi dan beradaptasi ketika menerima rangkaian produk skincare. Rasa panas atau gatal yang timbul bisa saja efek samping yang normal yang ditimbulkan dari produk skincare.

Biasanya kulit juga akan mengalami breakout pada saat di awal penggunaannya. Namun, jika skincare yang kamu gunakan justru menimbulkan banyak jerawat dan komedo berlebih, sebaiknya kamu bisa menghentikan pemakaian produk tersebut ya, Ladies!

Kamu dapat beralih menggunakan produk skincare berbahan dasar air atau non comedogenic yang baik untuk memperbaiki sel kulitmu.

Kulit Terasa Panas dan Muncul Ruam Merah

Ilustrasi Masalah Kulit. (Pinterest)

Skincare juga dapat memberikan masalah kulit lain, seperti rasa panas, gatal, bahkan ruam merah yang disebabkan oleh iritasi dan alergi.

Gejala munculnya ruam merah dan panas pada kulit terjadi akibat kandungan produk skincare berbahan benzoyl peroxide yang bertujuan untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun, kandungan produk skincare tersebut terkadang menimbulkan iritasi, gatal, kemerahan, bahkan sensasi terbakar ketika pemakaian pertamanya.

Kulit Wajah Rentan Kering dan Iritasi

Ilustrasi Masalah Kulit. (Pinterest)

Sering melakukan eksfoliasi bahkan over eksfoliasi pada kulit wajah juga bisa mengakibatkan kulit menjadi iritasi dan kering, loh. Kulit manusia juga melakukan regenerasi sehingga membutuhkan eskfoliasi, kamu juga bisa mengurangi eksfoliasi pada kulit wajah maskimal dua kali seminggu dan dapat memilih menggunakan bahan-bahan aktif, seperti serum peeling.