Ladies, Penting Jaga Skin Barrier dengan Perawatan Kulit yang Tepat

Kamis, 2 Maret 2023 | 10:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Ladies, Penting Jaga Skin Barrier Dengan Perawatan Kulit Yang Tepat

Ilustrasi menjaga kesehatan kulit wajah. (Special)

Ladiestory.id - Kamu tahu gak, Ladies, bahwa kulit merupakan organ terbesar? Kulit membentuk sekitar sepertujuh atau hampir 15% dari total berat badan manusia lho. Kulit merupakan pemisah dan pelindung bagian dalam dari dunia luar yang keras, menjadikan kulit menjadi salah satu organ terpenting dalam tubuh.

Nah, belakangan muncul tren kecantikan baru pada produk perawatan kulit yang mengedepankan fungsinya untuk menyehatkan skin barrier. Salah satu cara yang dapat membantu menyehatkan skin barrier adalah dengan tidak menggunakan produk yang banyak memiliki banyak bahan kimia.

Jika kamu pengguna produk The Body Shop®, tentunya tahu bahwa produk The Body Shop® menggunakan 90% bahan alami dan vegan yang baik untuk kulit dan dapat melindungi skin barrier. Namun sebetulnya apa itu skin barrier, fungsinya, beserta cara tepat menjaga kesehatannya?

Apa itu Skin Barrier?

Ilustrasi perempuan memakai skincare. (Special)

 

Kulit memiliki lapisan khusus yang berguna untuk melindungi lapisan di bawahnya. Lapisan tersebut disebut sebagai skin barrier. atau penghalang kulit. Kulit memiliki tiga lapisan utama: epidermis; lapisan terluar dari kulit, kemudian dermis; lapisan tengah kulit yang mengandung kolagen, elastin, dan saraf kulit serta suplai darah, lapisan berikutnya subcutaneous fat yang membentuk penghalang antara kulit dan otot. 

Skin barrier bermanfaat untuk melindungi kulit dari berbagai masalah seperti infeksi, bahan kimia berbahaya, racun, hingga alergen. Lalu, manfaat lainnya adalah untuk menjaga hidrasi, alias menjaga kadar air di dalam kulit. Meski demikian, skin barrier rusak pun rentan terjadi. Jika skin barrier rusak, air di dalam tubuh bisa keluar dan menguap, sehingga kulit berisiko mengalami kondisi dehidrasi.

Apabila lapisan terluar epidermis tidak mengandung cukup air, kulit akan kehilangan elastisitas dan tampak kering, kasar, dan bersisik. Sehingga, membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan dari faktor eksternal. Ciri-ciri skin barrier rusak umumnya ditandai dengan kondisi kulit wajah kering dan dehidrasi, kulit terasa tertarik dan kencang, gatal, mengelupas, kulit kasar, warna kulit menggelap atau kemerahan, iritasi kulit, penyembuhan luka lambat.

Cara Merawat Skin Barrier Yang Tepat

Memberikan perawatan dan pengobatan yang tepat untuk skin barrier yang mengalami kerusakan merupakan hal yang penting harus dilakukan. Berikut beberapa cara di bawah ini agar skin barrier serta tekstur kulit wajah sehat seperti sediakala.

Gunakan Pembersih Wajah yang Lembut

Ilustrasi membersihkan wajah. (Special)

 

Periksa kembali komposisi kandungan yang ada di dalam pembersih wajah atau sabun muka yang selama ini digunakan. Saat menemukan bahan aktif atau eksfoliator yang berlebihan, sebaiknya hentikan penggunaannya terlebih dahulu. Sebagai cara untuk memperbaiki tekstur kulit wajah akibat jerawat, atau kulit kusam dan kering akibat skin barrier yang rusak, wajib memakai pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan alami. 

Gunakan pebersih wajah yang tidak membuat kulit terasa ketarik dan memberikan kelembapan pada kulit. Pembersih wajah yang memiliki kandungan seperti Edelweiss Extract membantu memberikan antioksidan alami yang kaya akan leontopodic acid untuk membantu membersihkan kotoran dan polusi agar membuat kulit terasa lebih halus, segar, dan bercahaya. 

Fokus Hidrasi Kulit Wajah

Ilustrasi produk kecantikan. (Special)

 

Selain selalu mengonsumsi air putih 2L perhari mampu membantu hidrasi, cara ampuh lain yang dapat membantu merawat skin barrier agar tetap terhidrasi dan lembap adalah dengan mencampurkan serum dengan pelembap yang diyakini dapat menambah hidrasi pada kulit wajah.

Pilihlah serum dan pelembap yang mengandung bahan-bahan alami, sekaligus kandungan yang dapat melindungi dan memperkuat skin barrier, seperti kandungan ekstrak bunga Edelwiess. Serum wajah yang mengandung double concentration of edelweiss extract sebagai antioksidan alami dan natural-origin peptides dari rice extract ini siap membantu melindungi kulit dari polusi dan membuat kulit tampak lebih halus, segar, lembap hingga 24 jam.

Menggunakan serum wajah dengan kandungan bahan natural yang lebih banyak ditambah dengan pelebap akan membantu menutrisi, mengencangkan, memberikan tampilan kulit halus, serta memberi kelembapan yang tahan lama. Kekuatan antioksidan Edelweiss ekstrak diketahui 5x lebih kuat dari vitamin E acetate ini memberi perlindungan dari agresor lingkungan dan polusi.

Gunakan Tabir Surya

Ilustrasi mengenakan sunscreen. (Special)

 

Pastikan selalu menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 saat beraktivitas meski berada di dalam ruangan dan meski cuaca sedang tidak terik. Gunakan sebanyak dua ruas jari untuk wajah dan leher. Untuk yang sering beraktivitas di bawah teriknya matahari, oleskan pula dengan jumlah yang sama untuk setiap ruas tubuh. Tabir surya terbukti mampu melindungi paparan sinar UV, mengurangi risiko kerusakan skin barrier serta penuaan kulit.

Tenangkan Kulit Bila Terjadi Peradangan

Ilustrasi wajah sehat. (Special)

 

Begitu kulit teriritasi, periksa kulit dan segera ambil langkah perawatan untuk menenangkan kulit. Sementara jangan melakukan eksfoliasi saat kulit terasa sensitif dan lebih baik oleskan serum, pelembap, atau masker yang menenangkan. Langkah awal yang bisa dilakukan untuk menenangkan kulit bila terjadi peradangan ialah dengan memakai sheet mask

Edelweiss Extract Product by The Body Shop. (Special)

 

Edelweiss Sheet Mask, bisa jadi pertolongan pertama untuk kulit wajah yang meradang. Masker wajah yang diperkaya dengan double concentration edelweiss extract sebagai antioksidan alami yang kaya akan kandungan leontopodic acid serta natural-origin peptides dari rice extract, sheet mask ini membantu meremajakan kulit dengan menyamarkan garis-garis halus, mencerahkan, dan melembapkannya hanya dalam 15 menit. Dalam pemakaian pertama, kulit akan terhidrasi hingga 83,3%.

Edelweiss Extract Product by The Body Shop. (Special)

 

“Melindungi skin barrier menggunakan produk yang tepat memang penting dilakukan, namun bukan hanya itu saja. Praktik self-love juga sama pentingnya dengan pemilihan produk yang tepat, kita harus sadar bahwa kulit kita juga akan sehat apabila manusianya sehat dan bahagia. Secara rutin menggunakan rangkaian produk Edelweiss akan menunjukkan 5 tanda ketahanan kulit yang kuat, kulit menjadi; stronger, smoother, plumper, fresher, dan bouncier”, ungkap Astrid.

Pahami berbagai produk yang paling cocok untuk kulit dan produk yang sebaiknya dihindari. Penggunaan produk yang berfokus pada bahan alami akan melindungi kulit. Selalu terapkan rutinitas perawatan kulit yang praktis, lembut, efektif, dan menyenangkan untuk merawat dan memperkuat skin barrier.