5 Fakta Tersembunyi Dibalik Suksesnya Lagu 'Fix You' dari Coldplay

Jumat, 12 November 2021 | 14:24:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

5 Fakta Tersembunyi Dibalik Suksesnya Lagu 'Fix You' Dari Coldplay

Foto: pitchfork

Ladiestory.id - Lagu “Fix You” dari Coldplay sempat menjadi pembicaraan setelah dibawakan grup asal Korea Selatan, BTS dalam acara MTV Unplugged. Fix You adalah salah satu lagu Coldplay yang paling terkenal.

Bahkan lagu ini pernah  salah satu trek dari album X&Y. Saat pertama kali dirilis di tahun 2005, ada bencana Badai Katrina dan Coldplay menyumbang seluruh penjualan lagu untuk American Red Cross Hurricane 2005 Relief.

Lagu ini dibuat Chris Martin, vokalis Coldplay untuk menghibur mantan istrinya, Gwyneth Paltrow setelah kematian ayahnya, Bruce Paltrow.

Di bagian pertama, lirik “When you get what you want, but not what you need” adalah referensi untuk lagu “You Can’t Always Get What You Want” milik The Rolling Stones.

Kemudian pada bagian chorus, "Lights will guide you home / And ignite your bones / And I will try to Fix You" menjadi ekspresi dukungan Chris untuk Gwyneth. Meskipun Gwyneth kehilangan sang ayah, namun Chris terus menemani Gwyneth.

Fakta Menarik tentang Lagu “Fix You” dari Coldplay

Lagu populer yang dibawakan oleh Coldplay ini ternyata memiliki fakta menarik dibalik kesuksesannya. Ini dia fakta menarik tentang lagu "Fix You" yang dipopulerkan oleh Coldplay.

1. Terpengaruh Organ Gereja Muse

Foto: tristanaiduma

Melansir situs makna lagu songfacts, sang vokalis sekaligus pentolan Coldplay, Chris Martin, disebut terpengaruh oleh band Inggris lainnya yaitu Muse. Saat sedang menulis "Fix You", Chris terngiang dengan lantunan organ gereja yang kental pada lagu Megalomania milik Muse.

Oleh sebab itu, lagu “Fix You” dihiasi dengan sentuhan organ yang bikin merinding. Kalau penasaran, kamu boleh cek Megalomania di album Muse Origin of Symmetry (2001).

2. Lagu Kebanggaan Chris Martin

Foto: Liputan 6

Selain itu, menurut songfacts, lagu “Fix You” merupakan lagu yang paling dibanggakan oleh Chris. Sebab berdasarkan wawancara Chris dengan majalah musik Mojo Magazine pada Desember 2011, Chris menganggap lagu itu adalah yang terbaik.

Dalam wawancara itu, dia mengatakan bahwa "Fix You" telah membantunya dan orang-orang sekitarnya melalui masa-masa sulit. Bahkan sampai sekarang, ketika Chris membawakan lagu ini sampai selesai, dia merasa puas dan menyukainya.

3. Pernah Tampil di Layar Kaca

Foto: rukita

Songfacts pun mengungkapkan bahwa "Fix You" debut di layar kaca ketika diputar dalam serial televisi Amerika The O. C. Hal itu dikonfirmasi oleh situs musik untuk serial tersebut Theocmusic.co.uk yang menyebutkan bahwa "Fix You" ada dalam season dua episode 23.

Sayang kedua situs tidak menyebutkan tepatnya episode tersebut tayang pada tahun berapa. Jika kita tahu pada tahun berapa lagu itu tayang dalam episode The O. C., pasti rasa penasarannya lebih terpuaskan. 

4. Lagu tentang Kemanusiaan

Foto: Kumparan

Lagu “Fix You” dianggap sebagai lagu kemanusiaan. Hal ini lantaran "Fix You" pernah dijadikan lagu tribute untuk korban serangan bom London yang terjadi pada 7 Juli 2005.

Diketahui, serangan bom London menewaskan 52 orang sementara 700 orang lainnya luka-luka. "Fix You" kembali berkontribusi untuk kemanusiaan ketika Coldplay mendonasikan 100 persen keuntungan penjualan lagu itu untuk membantu korban Badai Katrina.

Dilansir Kompas, mengungkapkan bahwa Badai Katrina meluluhlantakkan New Orleans, Amerika Serikat, pada 2005. Situs lembaga swadaya masyarakat global Worldvision menyebutkan bahwa Badai Katrina menewaskan setidaknya 1.800 orang.

5. Terinspirasi dari Banyak Lagu

Foto: Ladiestroy.id

Sementara, situs makna lagu lainnya songmeaningsandfacts mewartakan bahwa "Fix You" terinspirasi oleh dua lagu. Lagu pertama berjudul Grace Under Pressure (2003) oleh sesama band Inggris bernama Elbow.

Lagu kedua yang turut menjadi inspirasi adalah tembang lawas 1969 yang dinyanyikan oleh Jimmy Cliff berjudul Many Rivers to Cross. Jimmy Cliff merupakan seorang penyanyi dan penulis lagu reggae berdarah Jamaika.

Inilah 5 fakta tersembunyi di balik suksesnya lagu “Fix You” dari Coldplay. Bahkan lagu ini cocok bagi kamu yang sedang menjalani kehidupan yang pasang surut.

Sebab lagu ini seolah kita diminta untuk menerima keadaan yang ada, menerimanya dengan ikhlas, dan jadikanlah masalah yang dihadapi menjadi sebuah pelajaran.