Lama Tak Terlihat, Aliando Syarief Akui Idap Gangguan OCD Ekstrem

Jumat, 28 Januari 2022 | 09:45:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Lama Tak Terlihat, Aliando Syarief Akui Idap Gangguan Ocd Ekstrem

Aliando Syarief. (Instagram.com/aliandooo)

Ladiestory.id - Lama tak terdengar kabar, nama aktor Aliando Syarief baru-baru ini sempat menyita perhatian publik. Melalui akun Instagramnya, Aliando muncul dan bicara mengenai gangguan mental yang telah diidapnya selama dua tahun.

Lewat siaran langsung Instagram artis yang pernah membintangi film Ganteng- Ganteng Serigala ini mengungkapkan bahwa selama ini tengah berjuang mengidap penyakit OCD.

Obsessive Compulsive Disorder atau OCD merupakan salah satu gangguan mental yang menyebabkan pengidapnya merasa harus melakukan sebuah tindakan secara berulang.

Pengidap akan merasa cemas, khawatir hingga ketakutan jika tindakan tersebut tak dilakukannya. 

Video TikTok Live Instagram Aliando. (TikTok.com/devristaa)

Dalam sebuah video TikTok yang membagikan kembali video Live Instagram Aliando, aktor pemeran Digo inipun mengaku sangat berjuang karena harus menjalankan proyek sinetron dengan gangguan OCDnya.

"Project kemarin itu gue berjuang dengan OCD itu. Jadi lumayan lucu. OCD ini nggak main-main. Kelas 2 SD ternyata yang gue alami itu OCD," cerita Aliando Syarief.

Gangguan OCD diakui Aliando membuat dirinya merasa seperti melawan dirinya sendiri. Dirinya memaksa untuk melakukan hal berulang dan itu sangat mengganggu.

"Dua tahun kena OCD nggak bisa ngapa-ngapain, dan susah untuk dipahami. Gue fokus ke mana, nggak sinkron pikiran dan otak. 2019 harusnya ada project lagi, tapi batal karena gue OCD. Ganggu banget," tuturnya.

Selain berjuang dengan gangguan OCDnya, selama vakum Aliando mengaku sempat terpapar Covid-19.

Di keadaan ini dirinya merasa mengalami kondisi terendah dari hidupnya, bahkan aktor ini pun mengatakan jika dirinya sempat berpikir untuk mengakhiri hidupnya.

"Jadi sudah cukup nggak nyaman dengan kondisi. Hampir bunuh diri tapi takut. Itu pertengahan gue kena Covid-19, kena OCD juga. Gue depresi akut parah," ungkapnya.

"Tapi kayak mati aja ah. Tapi serem banget. Berpikir bunuh diri ternyata khayalan juga. Jangan pernah melakukan tindakan aneh-aneh. Jangan ya," tegas Aliando Syarief meminta publik untuk jangan pernah terpikir melakukan bunuh diri.

Sempat ragu untuk berbicara mengenai gangguan yg dimilikinya, Aliando akhirnya memberanikan diri untuk mengungkapkan keadaannya pada publik dan meminta publik untuk tak malu untuk mengakui gangguan tersebut dan meminta bantuan ahli untuk bisa sembuh.

"Jangan pernah malu kalau punya gangguan, jangan malu bilang ke orang tua atau teman yang mungkin dekat, ke psikolog konsultasi. Kok bisa ya (kena gangguan ini)? Langsung saja ngobrol, jangan pernah takut," ucapnya.

s