Cari Tantangan Baru! 6 Langkah Keluar dari Zona Nyaman

Selasa, 20 September 2022 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Cari Tantangan Baru! 6 Langkah Keluar Dari Zona Nyaman

Ilustrasi sedih. (Special)

Ladiestory.id - Sebuah zona yang nyaman ternyata dapat membahayakan diri kamu. Mengapa? Sebagaimana kamu tahu bahwa zona nyaman memang sulit untuk ditinggalkan. Kenyamanan yang telah kamu peroleh dan rasakan selama ini, baik itu dalam waktu yang lama atau tidak, tentu saja sulit dilupakan begitu saja.

Namun, jika kamu merupakan learning person atau orang yang ingin terus belajar dan berkembang, maka kamu harus mampu untuk mendisiplinkan dirimu sendiri agar tidak terlalu hanyut dalam zona nyaman itu.

Meskipun sedikit, tapi cobalah untuk membawa dirimu keluar dari zona nyaman. Usaha yang perlu dilakukan ini mungkin terasa sulit, tetapi hasilnya akan mampu membawa perubahan positif untuk dirimu. 

Untuk mempermudah kamu membawa diri keluar dari zona nyaman, simak informasi berikut dengan cermat. Berikut ini 6 langkah yang dapat kamu lakukan untuk keluar dari zona nyamanmu.

Cari informasi

Ilustrasi laptop dan HP. (Special)

Rasa cemas biasanya akan datang dari rasa takut akan hal yang tidak diketahui. Semakin banyak kamu tahu tentang suatu hal, maka semakin kuat kamu untuk menghadapi berbagai hal. Untuk keluar dari zona nyaman, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah mencari informasi. Carilah informasi yang berguna untuk kamu kedepannya, agar kelak kamu tidak salah jalan.

Susun Rencana

Ilustrasi membuat to do list. (Special)

Suatu perjalanan pasti membutuhkan rencana dan proses yang tersusun rapi. Jika kamu ingin keluar dari zona nyaman, mulailah untuk menyusun rencana. Kamu bisa mulai dari kegiatan sehari-harimu atau beberapa goals kecil.

Jangan lupa untuk membuat kerangka terperinci, seperti langkah demi langkah tentang bagaimana kamu akan keluar dari zona nyamanmu. Identifikasi tantangan utama yang akan kamu hadapi kedepannya dan apa yang akan kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Jaga Diri agar Stay on Track

Ilustrasi hidup sehat. (Special)

Stay on track menndakan bahwa kamu harus tetap berada dalam jalur yang sudah ditentukan sedari awal. Akuntabilitas itu akan menjadi kunci untuk menembus zona nyamanmu. Carilah pasangan, bisa dari teman atau siapapun. Kamu juga bisa masuk ke dalam sebuah komunitas yang sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah kamu tetapkan.

Mulai dari Langkah Kecil

Ilustrasi Jalan Kaki (Special)

Suatu hal besar tidak akan mudah untuk tercapai. Untuk iyu, ingatlah untuk selalu memulai segala hal dari yang kecil. Jika di tengah jalan kamu membutuhkan langkah yang besar, maka sebisa mungkin kamu harus mampu membuat keputusan itu menjadi jalan yang terbaik.

Ingat! Kamu tidak harus terburu-buru dalam membangun kesuksesan. Langkah yang pelan tapi pasti merupakan cara paling tepat. Jangan lakukan beberapa hal demi mewujudkan impianmu dalam semalam. Sebaliknya, kamu yang harus mendorong diri agar keluar dari zona nyaman dan mulai melangkah.

Tantang Zona Nyaman secara Agresif

Ilustrasi kesalahan logika berpikir. (Special)

Beranikan dirimu, tantang rasa takutmu, dan tantang batasan-batasan yang selama ini mengekangmu. Kamu tidak akan punya waktu untuk terjebak dalam rasa takut. Justru kamu harus mampu mendorong diri untuk terus maju, sehingga kamu lupa tentang apa yang membuatmu takut selama ini.

Terus Perluas Langkah dan Cari Tantangan Baru

Ilustrasi berpikir. (Special)

Mencari suatu tantangan baru, merupakan hal yang harus kamu lakukan. Dengan tantangan baru yang kamu taklukkan, kamu bisa menemukan  hal-hal yang tidak pernah dibayangkan. 

Contoh kecilnya, seperti kamu mandi air dingin sebelum matahari terbit, puasa dari media sosial, atau rutin berolahraga demi mewujudkan target kebugaran fisik. Jika kamu berhasil melakukannya, cari tantangan baru yang akan membawamu ke arah yang lebih baik.

s