Langkah Mudah Melakukan Internet Sehat Di Era Digital

Kamis, 10 Desember 2020 | 13:04:00

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Langkah Mudah Melakukan Internet Sehat Di Era Digital

Di era digital, kebutuhan menggunakan internet menjadi hal yang tak bisa dilepaskan. Namun percayakah kamu bahwa terlalu banyak menggunakan internet bisa mengganggu kesehatan mental?  Survei dikutip dari www.scientificamerican.com, yang melibatkan ahli komputer, engineer dan psikolog menemukan fakta bahwa ada korelasi antara internet dan gangguan psikologi. Peneliti dalam riset berjudul "Associating Internet Usage with Depressive Behavior among College Students' menanyakan kepada 200 relawan untuk mengisi survey itu. Kesimpulanya ada ekspresi depresi tersembunyi dari seringnya melakukan aktivitas email, surfing web, dan mendownload.

Kemudian kebanyakan membuka email dan chatting akan berdampak kepada kurangnya skill menjalin hubungan secara face to face karena menjadi lebih suka berkomunikasi dengan teman jauh atau orang baru dalam dunia maya.  Oleh karena itu, kami memberikan tips internet sehat untuk menjaga kesehatan mental. Sehingga membantu kamu melakukan penggunaan internet untuk kesehatan mental dengan baik.

5 Langkah Mudah Melakukan Internet Sehat Di Era Digital

Menggunakan Internet Secukupnya

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghabiskan waktu berinternet dengan bijak. kamu harus menjadwalkan berapa lama waktu berinternet dalam sehari. Waktu berinternet pun terbagi-bagi seperti waktu berselancar di web atau di sosial media. Kemudian waktu itu dibagi lagi untuk keperluan pekerjaan atau sekadar refreshing. Kegiatan yang terlalu banyak bisa memberikan dampak buruk karena melimpahnya informasi. Informasi itu akan mempengaruhi nilai-nilai hidup sehingga secara tak langsung akan men-disrupt prinsip hidup kamu

Membatasi Penggunaan Sosial Media

Penggunaan waktu terbanyak ketika berlayar di smartphone adalah di sosial media. kamu bisa mulai mengurangi kecanduan smartphone dengan menyesuaikan pemakaian sosial media sesuai kebutuhan. Banyak aplikasi sosial media seperti Wechat, Whatsapp, Instagram, Facebook dll. kamu bisa pilih sosial media yang paling sesuai kebutuhan kamu. Pilihlah waktu dari pagi, sore hingga malam hari. kamu juga bisa menghapus aplikasi yang kurang dibutuhkan seperti aplikasi game. Berkurangnya aplikasi ini bisa membuat kamu menjadi lebih produktif.

Menghindari Internet Bullying

Salah satu langkah melakukan internet sehat adalah tak melakukan internet bullying. Internet bullying bisa dilakukan melalui komentar di Instagram, YouTube, Twitter atau sosial media lainya yang bernada mengejek atau merendahkan seseorang. Dampak internet bullying sama seperti aksi bullying dalam dunia nyata.

Menghindari Informasi Menyesatkan

Semakin banyak informasi dari internet malah menyesatkan. Sebaiknya kamu mulai memilah-milah informasi yang benar atau palsu. Informasi yang menyesatkan sangat banyak dari media-media atau akun sosmed yang anonim. Informasi yang beredar banyak yang berasal dari informasi lama yang dibumbui agar seolah-olah baru.

Fokus ke Produktivitas

Cara ampuh melakukan internet sehat adalah melakukan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan demi meningkatkan produktivitas. Kamu bisa mulai melakukan banyak hal di internet seperti menambah relasi networking, menambah skill baru atau melakukan sesuatu yang bisa menambah aset digital kamu. kamu bisa melakukan hal-hal yang sekiranya baik ketimbang melakukan hal yang negatif. Untuk melakukan penggunaan internet untuk kesehatan mental, kamu juga bisa mulai membatasi website atau situs apa yang diblokir dan situs mana yang digunakan.

Sumber Foto Utama: Freepik.com