Mau Kulit Sehat? Yuk Ikuti 7 Langkah Perawatan Wajah ala Jepang

Senin, 17 Januari 2022 | 10:45:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Mau Kulit Sehat? Yuk Ikuti 7 Langkah Perawatan Wajah Ala Jepang

Ilustrasi skincare Jepang. (Special)

Ladiestory.id -  Tak jauh berbeda dengan Korea, Jepang juga merupakan salah satu negara yang dijadikan kiblat dalam hal kecantikan. Inovasi dalam hal kecantikan yang dikeluarkan oleh kedua negara tersebut seolah menjadi magnet bagi para perempuan.

Para perempuan di berbagai negara berbondong-bondong ikut menjajal inovasi produk kecantikan dari Korea dan Jepang, terlebih untuk produk perawatan wajah. Dengan harapan memiliki kulit wajah lembut dan cerah, para perempuan tak segan mencoba skincare keluaran Korea dan Jepang.

Meskipun sama-sama menjadi kiblat perawatan wajah, namun kedua negara ini berbeda dalam hal tren perawatan kulit wajah. Kalau di negara Korea, kecantikan kulit wajah merujuk pada tren honey skin.

Honey skin adalah suatu rangkaian yang dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah sehat dengan penggunaan serum.

Sementara Jepang, menyebutnya sebagai tren mochi-hada atau rice-cake skin. Ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kulit wajah yang halus dan kenyal seperti kue mochi.

Lalu seperti apa langkah perawatan wajah ala Jepang? Yuk simak ulasannya.

1. Double Cleansing

Ilustrasi membersihkan wajah dengan foam. (Special)
Ilustrasi membersihkan wajah dengan foam. (Special)

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam hal perawatan wajah adalah double cleansing. Cara ini dimaksudkan agar kulit wajah bisa bersih secara maksimal dan tidak ada kotoran yang tersisa.

Pembersihan wajah yang pertama dengan menggunakan emulsifying oil atau balm untuk menghapus makeup. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan foam. Tekstur foam yang lembut, maka Kamu cukup menggosok pelan wajahmu dan tak perlu berlebihan ketika menggosok kulit wajah.

Senka sebagai salah satu brand skincare asal Jepang menyediakan rangkaian produk untuk double cleansing. Produk pembersih wajah Senka bisa Kamu pilih sesuai kondisi kulitmu. Memiliki busa yang lembut dan tebal, produk skincare Senka mengandung double hyaluronic acid yang membuat kulit terasa lembap.

2. Lotion

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan lotion atau yang biasa dikenal dengan toner. Fungsi dari penggunaan toner ini adalah agar memberikan hidrasi lebih ke kulit wajah. Toner dengan kandungan hyaluronic acid, ceramide, dan lidah buaya dapat membuat kulit wajahmu menjadi lebih lembap.

Selain itu, Kamu juga bisa menggunakan toner sebagai masker wajah. Caranya tuangkan toner pada kapas kemudian tempelkan ke wajah seperti ketika menggunakan sheet mask.

3. Serum

Ilustrasi menggunakan serum. (Special)
Ilustrasi menggunakan serum. (Special)

Serum biasanya memiliki tekstur lebih kental dibandingkan lotion. Penggunaan serum ini bertujuan untuk mengatasi  permasalahan kulit, seperti kulit kusam, keriput, dan noda hitam.

4. Moisturizer

Rahasia perawatan wajah ala Jepang yang sudah dilakukan sejak dulu adalah penggunaan minyak. Minyak bisa digunakan untuk membersihkan wajah dan juga sebagai moisturizer.

Jenis minyak yang biasanya digunakan adalah horse-oil yang biasa digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Selain itu juga bisa menggunakan jenis squalane, berupa ekstrak dari minyak hiu atau zaitun untuk jenis kulit kering.

5. Eksfoliator

Perempuan Jepang lebih menyukai penggunaan gel dalam proses eksfoliasi dibandingkan dengan menggunakan scrub atau brush. Eksfoliator yang berupa gel ini nantinya dapat mengikat minyak, sehingga mampu mengangkat sel kulit mati.

6. Alat Pijat Wajah

Ilustrasi menggunakan alat pijat wajah. (Special)
Ilustrasi menggunakan alat pijat wajah. (Special)

Alat pijat wajah atau disebut facial-rolling gadget identik dengan perawatan wajah ala Jepang. Alat ini digunakan untuk memberi pijatan pada area wajah agar skincare dapat terserap secara optimal. Selain menggunakan alat pijat wajah, sebenarnya pijatan dengan menggunakan jari-jari pada kulit diyakini juga sudah cukup bagus.

7. Sunscreen

Sunscreen merupakan hal wajib bagi perempuan Jepang dalam melakukan perawatan wajah. Sunscreen selalu digunakan dalam berbagai kondisi cuaca.

Meskipun beraktivitas di dalam ruangan, para perempuan Jepang juga tak pernah absen menggunakan sunscreen. Sehingga efek buruk dari sinar matahari tak dapat merusak kulit.