Langkah Tepat Mencegah Kanker Serviks yang Sering Tidak Disadari Para Wanita

Minggu, 31 Maret 2024 | 00:00:00

KD Mumpuni

Penulis : KD Mumpuni

Langkah Tepat Mencegah Kanker Serviks Yang Sering Tidak Disadari Para Wanita

Ilustrasi Kanker Rahim. (Canva)

Ladiestory.id - Kamu pasti tahu bahwa kanker serviks adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi wanita. Namun, ada banyak langkah yang bisa kamu ambil untuk mencegahnya. Yang paling penting adalah dengan melakukan pemeriksaan secara teratur dan mengadopsi gaya hidup sehat. Penyebab utama kanker serviks adalah infeksi virus humaan papillomavirus (HPV). HPV adalah virus yang sangat umum dan dapat ditularkan melalui hubungan seksual. 

Sebagian besar orang akan terinfeksi HPV pada suatu titik dalam hidup mereka, tetapi tidak semua infeksi HPV menyebabkan kanker. Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan perubahan abnormal pada sel-sel serviks, yang jika tidak diobati, bisa berkembang menjadi kanker,sebagaimana dilansir dari laman cancer.org.

Tanda dan gejala kanker serviks mungkin tidak muncul pada tahap awal penyakit. Namun, ketika kanker telah berkembang, beberapa gejala yang mungkin kamu perhatikan termasuk pendarahan vagina yang tidak normal, nyeri panggul atau punggung bagian bawah, atau perubahan pada buang air kecil atau buang air besar.

2 Langkah Pencegahan Kanker Serviks

Ilustrasi Kanker Serviks. (Canva)

 

Salah satu langkah pencegahan yang paling penting adalah dengan melakukan tes Pap smear secara teratur. Tes ini dilakukan untuk mendeteksi perubahan sel-sel serviks yang bisa menjadi kanker. Kamu sebaiknya mulai melakukan tes Pap smear ketika kamu berusia 21 tahun, dan terus melakukannya setiap beberapa tahun. Pap smear, juga dikenal sebagai tes Pap atau Pap test, adalah prosedur pemeriksaan medis yang bertujuan untuk mendeteksi perubahan abnormal pada sel-sel leher rahim (serviks) yang dapat menunjukkan kemungkinan adanya kanker serviks atau risiko kanker.

Vaksin HPV

Ilustrasi Vaksin HPV . (Canva)

 

Selain tes Pap smear, vaksin HPV juga merupakan langkah pencegahan yang penting. Vaksin ini dapat membantu melindungi kamu dari infeksi HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks. Vaksin HPV biasanya direkomendasikan untuk anak perempuan dan laki-laki berusia 11 atau 12 tahun, tetapi mereka yang belum menerima vaksinasi tersebut dapat memperolehkannya hingga usia 26 tahun.

Selain tindakan medis, ada juga langkah-langkah gaya hidup yang bisa kamu ambil untuk mengurangi risiko kanker serviks. Misalnya, merokok telah terbukti meningkatkan risiko kanker serviks, jadi berhenti merokok atau tidak merokok sama sekali dapat membantu mengurangi risiko tersebut. Konsumsi makanan sehat, menjaga berat badan yang sehat, dan berolahraga secara teratur juga dapat membantu menjaga kesehatan serviks kamu.

Penting juga untuk memahami bahwa mendukung kesadaran dan pendidikan tentang kanker serviks adalah bagian penting dari pencegahan. Kamu dapat berbicara dengan teman, keluarga, dan komunitas tentang pentingnya pemeriksaan rutin dan vaksinasi HPV. Semakin banyak orang yang mengetahui tentang risiko kanker serviks dan langkah-langkah pencegahannya, semakin sedikit orang yang akan terkena penyakit ini.

Dengan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat dan tetap sadar akan kesehatan kamu, kamu dapat mengurangi risiko kamu terkena kanker serviks. Jaga diri kamu sendiri dengan merawat diri kamu dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk kesehatan serviks kamu. Semoga penjelasan ini membantu kamu memahami lebih baik tentang kanker serviks dan bagaimana kamu bisa melindungi diri kamu dari penyakit ini yah, ladies.

Sumber Artikel

https://www.cancer.org/cancer/types/cervical-cancer/about/what-is-cervical-cancer.html