Cocok untuk Kaum Rebahan, Lawan Rasa Malas dengan Teknik Kaizen

Kamis, 24 Maret 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Cocok Untuk Kaum Rebahan, Lawan Rasa Malas Dengan Teknik Kaizen

Teknik Kaizen (Special)

Ladiestory.id - Pernahkah Kamu merasa sudah menentukan target ingin mengerjakan sesuatu, tetapi ketika ingin memulai target tersebut tiba-tiba merasa malas?

Teknik Kaizen (Special)

Kemudian suatu hal yang harusnya dikerjakan saat ini, berubah menjadi dikerjakan besok. Terus berubah lagi menjadi besok lusa dan seterusnya. Sampai akhirnya Kamu tidak pernah memulai target tersebut. Alhasil Kamu merasa targetmu tidak selesai pada waktu yang sudah ditetapkan.

Tidak perlu khawatir, ada salah satu teknik yang berasal dari Negara Jepang. Teknik ini dapat Kamu gunakan untuk membuat dirimu mampu melawan rasa malas. Di Jepang sendiri, sejak kecil anak-anak sudah menerapkan teknik ini. Jadi ketika mereka tumbuh dewasa, mereka akan bisa mengontrol rasa malas yang ada dalam diri mereka. Maka dari itu, orang Jepang terkenal sebagai orang yang disiplin.

Apakah Kamu penasaran dengan nama Teknik tersebut? Nama teknik yang digunakan orang Jepang untuk melawan rasa malas dikenal dengan nama teknik Kaizen. Kata "Kai" sendiri memiliki arti berubah, dan kata "Zen" memiliki arti kebijaksanaan. Jadi Kaizen sendiri memiliki sebuah arti sebagai perubahan dalam hidup yang dapat dicapai secara perlahan dan dengan penuh kebijaksanaan.

Teknik Kaizen (Special)

Teknik dengan nama “prinsip satu menit” dapat digunakan untuk melawan rasa malas dalam diri. Kamu bisa memulainya dengan prinsip yang satu ini. Prinsip ini memiliki artian bahwa Kamu dapat memulai sesuatu hanya dalam satu menit saja. Kamu dapat melakukannya setiap hari, di waktu yang sama, dan tanpa adanya distraksi.

Contohnya saja Kamu memiliki target ingin mulai belajar Piano. Nah Kamu bisa terapkan prinsip ini dengan mulai belajar piano cukup dalam satu menit saja setiap jam 8 malam. Dalam kurun waktu yang sudah ditentukan ini, Kamu dapat belajar dengan konsentrasi dan fokus sehingga apa yang Kamu pelajari saat itu bisa masuk dan dapat Kamu ulangi lagi di lain waktu.

Pasti ada yang bertanya-tanya, apakah cara ini cukup efektif? Nah, ternyata cara ini cukup efektif loh. Hanya dengan meluangkan waktu selama satu menit saja itu terlihat simpel dan mudah. Tidak perlu menggunakan banyak tenaga untuk melakukannya dan juga tidak terlalu membuatmu merasa tertekan.

Kemudian ketika Kamu berhasil menyelesaikan satu tugas, meskipun dengan waktu yang cukup sebentar. Itu pasti akan menimbulkan rasa kepuasan diri karena adanya sense of progress atau rasa kemajuan yang ada dalam diri sendiri.

Teknik Kaizen (Special)

Pada akhirnya nanti, ini akan meningkatkan kepercayaan diri Kamu dan bisa membuat Kamu ketagihan untuk melakukan hal itu secara konsisten. JIka sudah begitu, untuk melakukan target yang sudah Kamu tetapkan akan lebih mudah, bukan?

Tak hanya itu, lama-kelamaan, ini akan terbentuk menjadi sebuah kebiasaan. Ketika Kamu  melakukan hal tersebut, secara tidak langsung Kamu melakukannya tanpa beban dan tekanan.

Biasanya, setelah Kamu terbiasa melakukannya selama satu menit, kamu bisa juga tambahkan durasi waktunya menjadi tiga menit, kemudian menjadi lima menit, dan seterusnya secara bertahap hingga Kamu dapat melakukannya sesuai kemampuan dan keinginanmu.

Memang mencapai sesuatu yang besar itu membutuhkan usaha yang lebih keras, namun usaha itu tidak akan membuat Kamu menjadi lemah dan berhenti.

Semuanya akan di mulai dari melakukan serangkaian usaha-usaha kecil secara konsisten, dengan begitu Kamu akan lebih terbiasa dan lebih mudah untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi jangan pernah patah semangat untuk mencobanya, terus lah berusaha hingga targetmu terwujud.