Ramah Lingkungan, Lazada x Smoot Hadirkan Armada Pengiriman Berbasis Listrik

Sabtu, 19 Februari 2022 | 10:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Ramah Lingkungan, Lazada X Smoot Hadirkan Armada Pengiriman Berbasis Listrik

Kolaborasi Lazda dan Smoot. (Special)

Ladiestory.id - Lazada Logistics, unit logistik Lazada Indonesia, berkolaborasi dengan PT Smoot Motor Indonesia untuk menyediakan #BlueVehicle, armada pengiriman paket yang praktis dan ramah lingkungan bagi mitra kurir (frontliner) dengan menggunakan kendaraan listrik.

Dalam kerja sama ini, Smoot akan menyediakan kendaraan berbasis listrik bagi frontliner Lazada Logistics di Jakarta. Melalui kolaborasi ini, Lazada dan Smoot akan mempromosikan pengiriman paket ramah lingkungan yang mendukung tujuan jangka panjang pertumbuhan berkelanjutan kedua perusahaan.  

Kemitraan ini merupakan bagian dari komitmen Lazada untuk mendukung pertumbuhan ekosistem ekonomi digital, dengan menyediakan solusi layanan logistik ramah lingkungan. Komitmen Lazada ini sejalan dengan upaya Smoot untuk memberikan akses bagi masyarakat Indonesia akan pemberdayaan energi yang cerdas, aman dan ramah lingkungan melalui penggunaan baterai.

Kerja sama antara Lazada Logistics dan Smoot diharapkan bisa sekaligus mendukung Program Langit Biru dari pemerintah Indonesia. Program ini bertujuan untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara serta mewujudkan perilaku sadar lingkungan masyarakat.  

Philippe Auberger, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia, mengatakan armada kendaraan listrik dalam pengiriman paket kepada pelanggan, merupakan wujud nyata kontribusi Lazada untuk mengurangi jejak karbon.

“Dengan armada #BlueVehicle yang juga merupakan warna utama Lazada, kerja sama dengan Smoot ini sekaligus menjadi wujud upaya kami dalam penawaran solusi logistik berkualitas bagi bisnis di Indonesia serta penyediaan kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan bagi para frontliner di Lazada Logistics,” jelas Philippe Auberger.

Founder dan CEO PT Smoot Motor Indonesia, Irwan Tjahaja, berharap kendaraan listrik bisa membantu memberikan kontribusi terhadap pengurangan polusi udara di Indonesia.  

“Dengan beralih ke Smoot Motor yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan SWAP Battery System, frontliner Lazada Logistics dapat melakukan pengiriman dengan jangkauan lebih jauh tanpa perlu khawatir kehabisan baterai serta dapat menghemat biaya transportasi sehari-hari,” kata Irwan.

Smoot Motor dirancang untuk kemudahan pengguna dengan pemakaian SWAP Battery System yang terintegrasi dengan aplikasi pintar, Swap Energi. Pengguna Smoot Motor bisa memantau kondisi baterai melalui aplikasi dan kemudian melakukan penukaran baterai motor dengan mudah di ratusan lokasi penukaran baterai (SWAPPoin) yang tersedia di berbagai lokasi strategis di Jakarta.

Frontliner Lazada tidak tidak perlu lagi takut kehabisan baterai di jalan atau harus menunggu berjam-jam untuk pengisian baterai motor listrik. Cukup 9 detik waktu yang dibutuhkan untuk menukar baterai kosong dengan yang baru di SWAPPoin. Frontliner Lazada siap melanjutkan perjalanan untuk mengantarkan paket ke pelanggan,” tambah Irwan.  

Dalam salah satu studinya, Lazada mengungkap peran penting logistik dalam pertumbuhan bisnis lokal di kanal e-commerce. Karena itulah, Lazada dan Smoot juga berharap kerja sama ini bisa menjadi pendorong perkembangan ekonomi digital di Indonesia dengan menyediakan layanan logistik yang praktis dan ramah lingkungan.

Sementara bagi para frontliner di garda depan pengiriman paket ke pelanggan, keberadaan #BlueVehicle yang dirancang aman, nyaman dan efisien bisa membantu mereka melakukan pengiriman paket secara tepat waktu.  

Sebelumnya, Lazada telah bekerja sama dengan Grab untuk penyediaan armada motor listrik di Jabodetabek. Lazada juga bekerja sama dengan Westbike Messenger Service untuk penyediaan mitra kurir dan armada sepeda untuk pengiriman paket ke pelanggan Lazada, yang tersedia di beberapa area di Jakarta dan Bandung.  

“Seluruh kemitraan strategis ini kami jalankan sebagai wujud komitmen kami dalam menyediakan solusi yang lebih ‘hijau’ untuk pelanggan Lazada. Kami berharap kemitraan dengan Smoot ini bisa terus berjalan berkelanjutan dan kami yakin, bersama Smoot dan mitra lainnya yang memiliki semangat yang sama, kita bisa mewujudkan Indonesia yang lebih hijau,” tutup Philippe.