Lestarikan Kuliner Nusantara Lewat Festival Jajanan Bango 2022

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 10:30:00

Lestarikan Kuliner Nusantara Lewat Festival Jajanan Bango 2022

FJB 2022 (special)

Ladiestory.id - Bango kembali mengajak masyarakat Indonesia untuk melestarikan kuliner nusantara melalui Festival Jajanan Bango 2022. Mengangkat tema “Kenali #RasanyaIndonesia”, FJB 2022 hadir di kota Jakarta pada 28, 29 dan 30 Oktober bertempat di area Parkir Plaza Timur Senayan.

Festival ini menghadirkan 90 penjaja kuliner legendaris dari berbagai wilayah nusantara, mulai dari Sabang sampai Merauke. Kegiatan tersebut berangkat dari kepedulian Bango melihat kondisi saat ini, di mana banyak masyarakat yang tidak menyadari bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki puluhan hingga ratusan macam dan jenis kuliner khas. 

FJB 2022 (special)

Padahal, kekayaan ragam kuliner bangsa menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan tradisi kuliner paling kaya di dunia. Namun sayangnya, dari 3.259 ragam kuliner ragam kuliner otentik yang hingga kini terpantau, baru segelintir di antaranya yang dikenali oleh masyarakat luas.

"Banyak masyarakat, khususnya generasi muda, yang belum menyadari keunikan kuliner Indonesia. Contoh sederhananya hidangan rendang, banyak yang belum sadar bahwa di Sumatera Barat ada 900 Nagari atau desa yang memiliki komposisi bahan dan bumbu yang berbeda untuk mengolah rendang," kata Pakar kuliner Indonesia, William Wongso.

Maka dari itu, sebagai merek kecap lokal yang telah berdiri sejak 1928, Bango dari PT Unilever Indonesia Tbk. secara konsisten melestarikan kuliner Indonesia dengan mengajak seluruh masyarakat untuk kembali ke akarnya: mengenal, mencintai, dan ikut melestarikan kekayaan warisan kuliner bangsa. 

FJB 2022 (special)

Di samping itu, kecap sendiri merupakan bahan yang tak bisa dipisahkan dari makanan khas Indonesia. Amaryllis Esti Wijono selaku Direktur Nutrition PT Unilever Indonesia, Tbk. meyakini, bahwa kelezatan aneka kuliner Indonesia sangat identik dengan penggunaan kecap yang berkualitas.  

"Selama 94 tahun, Bango selalu konsisten menjaga kualitas dengan penggunaan 4 bahan alami terbaik dan proses pembuatan yang otentik agar dapat selalu menjadi kecap terbaik andalan ibu, keluarga, dan juga para penjaja kuliner legendaris dalam menyajikan aneka hidangan Indonesia. Maka, Bango juga secara konsisten menjalankan purpose-nya," ungkapnya.

FJB 2022 juga mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berdasarkan persamaan misi untuk memperkenalkan, mempopulerkan, dan melestarikan kekayaan kuliner bangsa.

Menurut Sandiaga Uno selaku Kemenparekraf RI, FJB merupakan bentuk kolaborasi antara Kemenparekraf RI dengan Bango dalam memperluas pemasaran produk bumbu rempah Indonesia, dimana kecap adalah salah satu bumbu yang menjadi ciri khas.