Lezat dan Gugah Selera, Ragam Hidangan Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara

Minggu, 23 April 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Lezat Dan Gugah Selera, Ragam Hidangan Makanan Khas Lebaran Dari Berbagai Negara

Ilustrasi Hidangan Lebaran. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, setelah satu bulan penuh berpuasa, akhirnya momen lebaran pun tiba. Momen lebaran sebagai momen kemanangan umat muslim diberbagai penjuru  dunia pun ikut menyemarakan keceriaan dan menyatukan seluruh umat muslim maupun saudara dengan bermaaf-maafan dan silaturahmi.

Tak hanya itu momen lebaran pun menjadi salah satu momen berkumpulnya sanak saudara, tak heran jika momen berkumpul keluarga ini pun disuguhkan dengan tradisi makan-makan keluarga dengan berbagai menu hidangan lezat.

Berbicara tentang hidangan khas lebaran, beberapa negara ini memiliki menu hidangan khas lebaran yang lezat dan menggugah selera, lho. Apa saja? Berikut ini ragam hidangan makanan khas lebaran dari berbagai negara yang telah Ladiestory.id rangkum.

Afghanistan - Shemai

Afghanistan - Shemai. (Special)

 

Ladies, beberapa negara di bagian Asia Selatan seperti Afganistan, Pakistan, Bangladesh maupun India juga memiliki hidangan khas lebaran yang dinamai dengan shemai atau seviyan. Hidangan ini terbuat dari bahan dasar mie yang kemudian diolah dengan cara vermicelli kemudian disirami dengan susu yang begitu creamy. Sementara itu untuk bagian toppingnya biasa diberikan kacang-kacangan seperti almond, kurma hingga kismis.

Maroko - Tangine

 

Maroko - Tangine. (Special)

 

Negara Maroko dan Algeria juga memiliki hidangan khas lebaran yakni Tangine. Yup, hidangan makanan ini terbuat dari daging domba atau daging sapi yang telah direbus dalam waktu yang cukup lama serta dibubuhi dengan rempah-rempah khas untuk memberikan aroma dan cita rasa yang lezat, hidangan makanan ini identik dengan rasa asam manis yang akan keluar dari rasa dagingnya ketika kamu mencicipinya. Hidangan makanan ini disajikan dengan sayuran serta buah-buahan kering seperti prem atau aprikot.

Mesir - Kobeba

Mesir - Kobeba. (Special)

 

Salah satu hidangan makanan khas lebaran selanjutnya datang dari negara Timur Tengah yakni Mesir. Tak hanya dari negara Mesir saja ternyata makanan khas lebaran yang disebut kobeba atau kibbeh ini juga terkenal di negara Pakistan, Yordania dan juga Libanon. Hidangan ini terbuat dari daging sapi yang diolah dengan cara dipotong serta dibentuk seperti bulatan. Selain itu, pada bagian dalamnya terdapat beberapa jenis kacang-kacangan yang tersembunyi didalamnya seperti kacang pinus.

Cina - Sate Domba

Cina - Sate Domba. (Special)

 

Warga muslim yang berada di provinsi Xinjiang, Cina juga memiliki hidangan khas lebaran yang lazimnya seperti sate yang dioalah dari daging domba. Sate daging domba ini terlebih dahulu dagingnya direndam kedalam olahan rempah termasuk cabai, jahe, ketumbar hingga pala yang kemudian akhirnya dibakar dengan arang.

Turki - Lokum

Turki - Lokum. (Special)

 

Turki memiliki hidangan khas lebaran yang bernama Lokum. Lokum ini merupakan permen yang terbuat dari campuran tepung, gula kemudian dibaluri dengan gula halus. Lokum ini pun terdiri dari varian rasa yang berbeda-beda biasanya memiliki rasa manis dari kurma, pistachio, hazelnut ataupun walnut.

Libanon - Tabbouleh

Libanon - Tabbouleh. (Special)

 

Tabbouleh menjadi salah satu hidangan khas yang disajikan saat lebaran oleh masyarakat Libanon. Makanan ini merupakan salad yang khas dari Libanon memiliki isian berisi potongan parsley, bawang bombay, saus lemon, minyak zaitun maupun bulgur yang merupakan sereal yang terbuat dari campuran makanan khas Timur Tengah hingga Yunani.

Rusia - Manti

Rusia - Manti. (Special)

 

Manti menjadi salah satu hidangan khas umat muslim dari Rusia. Manti ini terbuat dari pangsit yang berisi daging domba ataupun daging sapi dengan bumbu rempah yang khas.