5 Lagu Rohani Pernikahan yang Cocok untuk Pemberkatan Nikah

Senin, 30 Agustus 2021 | 05:17:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

5 Lagu Rohani Pernikahan yang Cocok untuk Pemberkatan Nikah

Foto: Ladiestory.id

Pernikahan merupakan salah satu momen sakral yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial.

Upacara pernikahan memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisi suku bangsa, agama, budaya, maupun kelas sosial. Jika Anda beragama Kristen, maka akan ada pemberkatan nikah untuk meresmikan hubungan pernikahan di hadapan Tuhan.

Pemberkatan nikah adalah ibadah yang diadakan di tengah Jemaat, untuk memohon berkat dari Tuhan serta peneguhan kedua mempelai yang akan menikah. Itulah momen pemberkatan nikah ini sangat sakral dan penuh suasana haru.

List Lagu Rohani Pernikahan

Nah, biasanya dalam ibadah ini akan menyanyikan beberapa lagu. Atau ketika kedua mempelai memasuki Altar, akan ada lantunan lagu rohani yang mengiringinya. Meski sederhana, namun kerap kali pasangan bingung menentukan lagu rohani yang akan diputar. Kira-kira lagu rohani apa yang cocok untuk dijadikan list lagu rohani pernikahan? Berikut daftarnya!

1. Engkaulah Perisaiku

Foto: Ladiestory.id

Lagu bertajuk "Engkaulah Perisaiku" merupakan salah satu lagu rohai pernikahan yang cocok dinyanyikan saat menuju Altar. Sebab lagu ini menceritakan tentang Tuhan yang akan jadi perisai kita saat menghadapi masalah.

Sebenarnya, lagu rohani ini terinspirasi dari ayat Alkitab Mazmur 3 : 3. Tuhan menjadi sumber kekuatan saat menghadapi badai masalah. Sama halnya dengan kehidupan yang tidak akan selalu berjalan mulus.

Terutama memasuki fase pernikahan, kedepannya akan banyak rintangan yang diperhadapkan. Dengan demikian, diharapkan umat Kristen dapat terus mengingat Yesus dalam perjalanan hidupnya.

2. Ku Datang Tuhan

Sebenarnya lagu bertajuk "Ku Datang Tuhan" merupakan terjemahan dari  "Jesus I Come To Thee". Oleh sebab itu, akan ada beberapa versi lirik yang telah diterjemahkan. Meski begitu, pada dasarnya lagu ini menceritakan tentang seseorang yang datang kepada Tuhan ketika dalam kelemahannya. Berserah dan ingin selalu dekat dengan Tuhan.

Lagu ini cocok menjadi lagu rohani pernikahan sebab menikah memang sebaiknya memiliki tujuan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yesus. Maka bermazmur bagi Allah itu diperlukan agar pasangan pengantin selalu mengingat berkat Tuhan di segala situasi.

3. Bersama Keluargaku

Foto: Ladiestory.id

List lagu rohani pernikahan selanjutnya adalah "Bersama Keluargaku". Lagu ini menceritakan seseorang yang datang dengan keluarganya untuk melayani Tuhan dan selalu berjanji untuk setia sampai akhir. Bukankan indah jika bisa bersama-sama melayani Tuhan sampai akhir hidup? Semua umat Kristiani pasti menginginkannya.

Uniknya, lagu ini tersedia dalam beberapa versi berbahasa Inggris sehingga bisa menjadi pilihan bagi rekan-rekan milenial yang menyukai penggunaan bahasa asing. Jadi lagu rohani ini sangat cocok untuk diputar saat pernikahan.

4. Tutur Kata

"Tutur Kata" juga menjadi salah satu list lagu rohani pernikahan. Sebab lagu ini menceritakan tentang kebahagiaan seorang hamba dalam mengingat pesan dan janji Tuhan Yesus. lagu rohani ini mengingatkan bahwa semua kebaikan Tuhan, kehidupan akan berjalan memberi pengharapan.

Semua kebaikan yang diajarkan akan direnungkan dalam janji-Nya yang indah. Yang menjadi asik, lagu rohani ini memiliki irama upbeat tipe musik 90-an sehingga menghasilkan nuansa nostalgia yang energik.

5. Anugrah Terindah

Foto: Ladiestory.id

Lagu rohani yang dinyanyikan oleh Revanno dan Asmirandah ini sangat cocok dijadikan lagu rohani pernikahan. Pada dasarnya lagu rohani ini menceritakan tentang semua harapan dan keinginan selalu menyertakan Tuhan. Sebab Tuhan adalah anugerah terindah dalam hidupnya yang akan menemani di setiap jalan.

Rasa syukur atas kehadiran Yesus di dalam kehidupan menjadikan lagu rohani ini sangat indah. Selain itu nuansa sakral sangat cocok untuk dijadikan lagu rohani pernikahan  

Inilah list lagu-lagu rohani pernikahan yang bisa diputar saat pemberkatan di gereja. Lagu-lagu rohani tersebut juga sering dinyanyikan dalam ibadah hari Minggu. Apa ada yang menjadi lagu favoritmu?

Berita Terkait