Lulusan Baru, 4 Langkah Ini Harus Kamu Persiapkan Sebelum Melamar Pekerjaan

Kamis, 12 Agustus 2021 | 06:07:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Lulusan Baru, 4 Langkah Ini Harus Kamu Persiapkan Sebelum Melamar Pekerjaan

foto:ladiestory.id

Dengan nilai yang terbaik ketika lulus kuliah bukanlah akhir dari sebuah perjuangan. Perjuangan yang sebenarnya yaitu ketika kamu akan memasuki dunia kerja. Pada akhirnya, para lulusan kuliah maupun yang biasanya dipanggil fresh graduate beramai ramai ingin melanjutkan ke dunia kerja guna melanjutkan cita-cita.

Apa kamu masih bingung bagaimana cara mempersiapkan diri dalan mencari pekerjaan sebagai Fresh Graduate? Untuk masuk pada dunia kerja bukanlah hal yang gampang. Kamu mesti bersaing dengan ribuan orang dan juga memperlihatkan bakat kamu ketika bekerja meskipun kamu tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

Persiapan Sebelum Melamar Kerja 

Untuk kamu yang baru saja lulus, selamat datang di “dunia yang sesungguhnya”. Dunia dimana kamu akan berjumpa dengan kehidupan kerja dan tanggung jawab yang lebih besar. Mencari pekerjaan tentu menjadi proses berikutnya yang mesti kamu lewati. Di tahap ini kamu akan menghadapi kemungkinan ditolak maupun diterima pada perusahaan yang kamu inginkan.

Walau telah lulus dan diberikan ilmu pengetahuan, ternyata hal itu tidak cukup untuk menarik perusahaan di luar sana agar merekrut kamu.

Dunia kerja pastinya akan berbeda dengan dunia perkuliahan. Terdapat banyak sekali perbedaan antara dunia kerja dan dunia perkuliahan, salah satunya yaitu dunia kerja mengharuskan kita agar mempunyai sikap professional serta loyalitas tinggi. Oleh sebab itu kamu mesti mempersiapkan diri dengan baik.

1. Menyiapkan Mental

Ladiestory.id

 

Hal pertama yang mesti dipunyai para fresh graduate sebelum masuk dunia kerja yaitu dengan mempersiapkan mental. Hal ini penting dilakukan sebab keadaan yang dihadapi pastinya akan berbeda dengan keadaan ketika di dunia perkuliahan.

Disisi lain, mempersiapkan mental juga berfungsi guna mempersiapkan diri pada dunia kerja. Kamu mesti siap beradaptasi pada lingkungan kerja yang baru, menghadapi beragam persoalan-persoalan pekerjaan, bersedia dengan semua resiko yang akan dihadapi, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, mental yang kuat sangat dibutuhkan dalam masuk dunia kerja.

2. Cantumkan Pengalaman Kegiatan di CV

Untuk kamu yang belum mempunyai pengalaman kerja, kamu dapat memasukkan kegiatan yang kamu lakukan saat kuliah, hal ini dapat berupa kegiatan organisasi, kegiatan sukarela, dan juga sertifikasi yang kamu punya ketika belajar.

Disisi lain kamu juga dapat memasukkan prestasi yang kamu punya di kuliah atau di dalam suatu organisasi. Hal ini akan membantu recruiter dalam mengenali karakter kamu.

3. Membangun personal branding

Ladiestory.id

 

Yang juga butuh kamu siapkan sebelum melamar pekerjaan yaitu membuat personal branding yang kuat. Dengan personal branding yang kuat kamu akan diketahui baik secara personal ataupun profesional.

Pada masa digital seat ini, HRD dapat mengecek apakah jejak digital kamu sama dengan kemauan perusahaan. Membangun personal branding yang bagus akan membantu kamu mendapatkan kredibilitas, relasi dan kesempatan pekerjaan yang menjanjikan.

4. Punya Target

Ladiestory.id

 

Seseorang di hidupnya tentu mempunyai tujuan atau target yang ingin digapai. Sama seperti sebelum memasuki dunia kerja, kita mesti mempunyai target bagi masa depan. Menentukan target berguna sebagai cara memahami diri sendiri. Artinya, kamu dapat mengetahui pencapaian yang ingin didapatkan usai masuk pada dunia kerja.

Oleh sebab itu, carilah pekerjaan yang sesuai dengan minat serta bakat kamu. Dengan begitu, pekerjaan yang kamu ambil itu bisa dibuat sebagai ‘jembatan’ dalam mencapai target yang sudah kamu tentukan pada masa depan.

Bagaimana? Apakah kamu sudah siap untuk memasuki dunia yang sebenarnya?

Berita Terkait