Luncurkan Tema “Promoting Quality of Life”, Royal Canin Lakukan Kampanye Baru

Sabtu, 18 Maret 2023 | 17:58:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Luncurkan Tema “Promoting Quality Of Life”, Royal Canin Lakukan Kampanye Baru

Komitmen Royal Canin dalam Bangun Ekosistem yang Ramah Terhadap Hewan Kesayangan. (Special)

Ladiestory.id - Royal Canin, pionir nutrisi kesehatan untuk anjing dan kucing terkemuka dunia sejak 1968, telah meluncurkan tema baru "Promoting Quality of Life” atau “Meningkatkan Kualitas Hidup” untuk inisiatif jangka panjang mereka, "Vet is Our Hero”, yang dirancang untuk memperkuat komitmen Royal Canin dalam membangun ekosistem hewan kesayangan yang dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hewan kesayangan di Indonesia.

“Vet is Our Hero” pertama kali diinisiasi pada 2019 untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap ekosistem kesehatan hewan kesayangan.

Sejak itu, Royal Canin Indonesia secara konsisten menyelenggarakan workshop tahunan yang melibatkan dokter hewan dan pemangku kepentingan lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas, dan kapasitas layanan dokter hewan di Indonesia.

Hal ini penting karena dokter hewan berperan besar untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan hewan kesayangan di antara pemilik hewan kesayangan, komunitas dokter hewan dan industri perawatan hewan kesayangan di Indonesia.

Ekosistem yang ramah hewan kesayangan memainkan peran besar dalam kualitas hidup dan tingkat harapan hidup hewan kesayangan. Untuk itu, penting kiranya untuk meningkatkan kualitas fasilitas kesehatan seperti dokter hewan dengan jumlah yang cukup, ruang publik yang ramah terhadap hewan kesayangan dan yang paling penting yakni kesadaran masyarakat tentang bagaimana memenuhi tanggungjawab terhadap kepemilikan hewan kesayangan.

Salah satu tanggung jawab yang harus dilakukan oleh pemilik hewan kesayangan adalah memeriksakan hewan kesayangan mereka secara rutin ke dokter hewan. Penelitian Royal Canin pada 2019 menunjukkan korelasi yang tinggi antara kunjungan dokter hewan dan tingkat harapan hidup hewan kesayangan.

Meskipun para pemilik hewan kesayangan di Indonesia berharap anabul mereka sehat dan panjang umur, namun sebagian besar dari mereka hanya membawa hewan kesayangannya ke dokter hewan ketika sakit dan membutuhkan pengobatan. Bahkan, menurut riset pada 2022 menunjukkan bahwa hanya 29,5 persen pemilik hewan kesayangan di Indonesia yang pernah mengunjungi dokter hewan.

Selain itu, terdapat pemahaman yang keliru di kalangan para pemilik hewan kesayangan yang berpikir bahwa hewan kesayangan mereka yang sakit akan segera sembuh setelah berkonsultasi dan mendapat pengobatan dari dokter hewan.

Meskipun benar bahwa dokter hewan berperan besar dalam membantu  hewan kesayangan agar tetap sehat dan bugar, namun peran pemilik hewan kesayangan adalah yang paling krusial.

Indonesia saat ini memiliki rasio dokter hewan dan klinik hewan yang sangat tidak proporsional dengan populasi hewan kesayangan, yaitu satu dokter hewan untuk setiap 9.100 hewan kesayangan dan satu klinik untuk setiap 21.000 hewan kesayangan.

Royal Canin juga menemukan bahwa jarak dan akses yang mudah dijangkau adalah faktor pertimbangan utama di balik kunjungan dokter hewan. Jarak yang jauh menjadi kendala utama untuk membawa hewan kesayangan ke dokter hewan. Sebaliknya, kedekatan dan kemudahan mobilitas menjadi alasan utama dalam mengunjungi klinik hewan.

Komitmen Royal Canin dalam Bangun Ekosistem yang Ramah Terhadap Hewan Kesayangan

Guna membuka jalan bagi terwujudnya ekosistem yang ramah terhadap hewan kesayangan, Royal Canin Indonesia telah meluncurkan kampanye kolaboratif #AyoKeDokterHewan dan #AyoVaksinasi sejak 2018 yang bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kesejahteraan hewan kesayangan melalui perawatan preventif dan pemenuhan nutrisi pada kucing dan anjing, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit.

Selain itu, Royal Canin juga secara aktif mengedukasi masyarakat tentang bagaimana menjadi pemilik hewan kesayangan yang lebih bertanggung jawab dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan merawat hewan kesayangan selayaknya anggota keluarga. Perawatan kesehatan yang tepat dan saran dari para profesional dapat meningkatkan kualitas hidup hewan kesayangan secara signifikan.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Royal Canin pada 2022, mengungkapkan bahwa terdapat peningkatan kunjungan dokter hewan sebesar 7 persen di antara pemilik hewan kesayangan. Sejak saat itu, Royal Canin Indonesia secara konsisten menyelenggarakan workshop tahunan “Vet is Our Hero” dengan para pemangku kepentingan yang meliputi pemilik hewan kesayangan, komunitas dan asosiasi dokter hewan, serta pelaku bisnis perawatan hewan kesayangan. Kegiatan ini adalah upaya kolaborasi untuk menciptakan A Better World for Pets atau dunia yang lebih baik bagi hewan kesayangan, yang selaras dengan misi Royal Canin. Dalam workshop tahunan tersebut, para pemangku kepentingan berkumpul bersama untuk membahas upaya peningkatan kualitas, kuantitas, dan kapasitas layanan dokter hewan yang merupakan ragam aspek penting untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hewan kesayangan, sekaligus mendorong kolaborasi antara pemangku kepentingan pada ekosistem kesehatan hewan kesayangan di Indonesia, termasuk asosiasi terkait hewan kesayangan, pelaku bisnis, dan pemerintah daerah.

“Untuk mewujudkan Indonesia yang lebih ramah terhadap hewan kesayangan, Royal Canin Indonesia telah bekerja sama dengan dokter hewan dan para profesional, pemilik hewan kesayangan, dan pemangku kepentingan lainnya untuk membangun ekosistem yang lebih efektif. Hewan kesayangan kita telah menghadirkan begitu banyak kebahagiaan dalam hidup kita, dan sebagai balasannya, kita harus menciptakan dunia yang lebih baik untuk mereka,” kata Ridarrahim Nirwandar, President Director of Royal Canin Indonesia.

Pada Desember 2022, Royal Canin Indonesia mengadakan workshop dengan 22 dokter hewan untuk membahas cara untuk memaksimalkan ekosistem dokter hewan agar dapat meningkatkan kualitas hidup hewan kesayangan. Diskusi tersebut membahas beberapa tantangan penting yang harus diprioritaskan, seperti meningkatkan keterampilan dokter hewan di Indonesia, protokol kesehatan, dan upaya edukasi.

Selain, melalui tema kampanye baru ini, Royal Canin juga berupaya meningkatkan paradigma atas 5 aspek kebebasan hewan, yakni ‘bebas dari rasa lapar dan haus’ menjadi ‘menyediakan nutrisi sehat & seimbang’,’bebas dari rasa sakit dan penderitaan’ menjadi ‘sehat untuk sekarang dan seterusnya’, ‘bebas dari rasa takut, stres dan ketidaknyamanan’ menjadi ‘memfasilitasi aktivitas dan perawatan yang sehat dengan pemilik hewan kesayangan’. Kedekatan yang terjalin antara pemilik & hewan kesayangan ini akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental anjing dan kucing.

"Kami sangat bahagia atas kesuksesan kampanye yang telah kami lakukan sejak 2019 hingga 2022 ini. Besar harapan kami bahwa angka kunjungan ke dokter hewan dapat terus meningkat seiring dengan tema kampanye terbaru kami, 'Promoting Quality of Life," pungkas Ridarrahim.