Jangan Ngaku Pecinta Tanaman Kalau Belum Tahu 5 Macam Bunga Mawar Ini!

Jumat, 17 Desember 2021 | 06:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Jangan Ngaku Pecinta Tanaman Kalau Belum Tahu 5 Macam Bunga Mawar Ini!

Ilustrasi perempuan dengan buket bunga mawar. (Special)

Ladiestory.id - Terdapat beragam macam bunga mawar yang memiliki keindahannya masing-masing. Bunga mawar menjadi salah satu tanaman hias populer ini banyak diminati oleh para wanita khususnya, sebab memiliki keindahan dan keunikannya.

Macam Bunga Mawar yang Cantik

Meski begitu, tak banyak yang mengetahui kalau terdapat banyak macam bunga mawar. Seberapa banyak di antara Ladies yang hanya tahu sebatas bunga mawar merah saja? Padahal, masih banyak macam bunga mawar lainnya yang tidak kalah cantik.

1. Wild Rose (Bunga Mawar Liar)

Ilustrasi bunga mawar. (Special)

Sesuai namanya, macam bunga mawar ini sudah ada sejak zaman dahulu dan tumbuh liar di alam bebas. Sebagaimana sifat tanaman liar lainnya, bunga mawar liar sangat tahan terhadap hama dan tidak mudah mati.

Jika dilihat dari bentuknya, bunga mawar liar ini tampak sederhana. Namun jangan salah sangka, sebab tanaman ini memiliki kecantikan yang tidak kalah dari jenis bunga mawar lainnya. Bahkan, karena kesederhanaannya mawar liar justru menjadi bunga yang banyak diminati.

2. Bunga Mawar Musk

Ilustrasi bunga mawar. (Special)

Saat Kamu mendengar macam bunga ini mungkin Kamu familier dengan parfum yang dilabeli dengan nama musk? Bisa jadi pewangi tersebut dibuat dengan menggunakan kelopak bunga mawar musk.

Bunga mawar ini memiliki nama ilmiah Rosa Moschata dan pohon dari mawar ini memiliki aroma yang kuat dan harum. Oleh sebab itu, tanaman ini sering dijadikan bahan untuk membuat parfum.

Selain parfum, Kamu dapat menggunakan kelopak mawar musk untuk membuat air mawar. Ciri khas mawar musk adalah rambut yang tumbuh di sekitar biji di bawah daging buah yang bisa menyebabkan iritasi jika terkena kulit.

3. Bunga Mawar Eden

Ilustrasi bunga mawar. (Special)

Bunga mawar Eden merupakan macam bunga mawar yang paling cantik. Bunga ini diperkenalkan pertama kali oleh Marie-Luise Meilland ke publik melalui ajang Meilland International pada tahun 1985. Di negara empat musim, bunga mawar Eden akan mekar pada akhir musim semi hingga penghujung musim panas.

Tak hanya cantik, namun macam bunga ini terkenal dengan ukurannya yang besar. Diameter bunganya mencapai 10 sentimeter dengan jumlah kelopak mencapai 70 helai.

Tinggi tanaman secara keseluruhan berkisar pada 100-365 sentimeter. Warna mawar ini cukup khas, yakni pink pada bagian tengah, lalu semakin keluar semakin memudar warnanya  hingga menjadi putih bersih.

4. Bunga Mawar Kubis

Ilustrasi bunga mawar. (Special)

Macam bunga mawar selanjutnya adalah mawar kubis. Bunga mawar kubis memiliki ciri fisik yakni bentuk nampak bertumpuk dan berlapis sehingga diibaratkan seperti kubis.

Bunga dengan nama ilmiah Rosa Centifolia ini biasanya mekar pada musim semi atau musim panas. Macam bunga yang satu ini mempunyai aroma yang kuat dan khas. Oleh sebab itu, jika kalian memutuskan untuk memelihara jenis bunga mawar kubis, pastikan untuk selalu merawatnya dengan telaten.

5. Bunga Mawar Talitha

Ilustrasi bunga mawar. (Special)

Bunga mawar tipe ini menjadi salah satu bunga mawar yang cukup unik. Sebab bunga mawar ini tidaklah berwarna merah, namun berwarna oranye.

Mawar talitha merupakan salah satu jenis bunga potong dengan bunga ganda. Ukuran bunga mawar talitha tidak berbeda jauh dengan bunga mawar jenis lainnya.

Di saat mekar, ukuran bunga mawar talitha hanya sebesar 8 sentimeter. Sedangkan untuk tangkainya, tumbuhan mawar jenis ini berukuran sekitar 50-100 sentimeter. Setelah dipotong dari tangkainya, kesegaran bunga mawar talitha dapat bertahan antara 7-9 hari di dalam vas bunga.