Macam-macam Gitar Akustik yang Harus Kamu Tahu

Senin, 15 November 2021 | 13:05:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Macam-Macam Gitar Akustik Yang Harus Kamu Tahu

Foto: bola

Ladiestory.id - Gitar adalah salah satu alat musik berdawai yang dimainkan dengan dipetik menggunakan jari atau plektrum. Gitar  dibentuk dengan bagian tubuh pokok serta Gitar Dibedakan dalam 4 jenis salah satunya yaitu gitar akustik. Gitar akustik memiliki banyak macamnya, diantaranya seperti;

Foto: bola

 

1. Gitar Klasik

Foto: bola

Gitar klasik atau sering juga disebut dengan gitar spanyol merupakan jenis gitar akustik yang populer. Gitar ini memiliki senar yang terbuat dari nilon. Bagian leher dan fretboard pada gitar klasik mempunyai area permukaan yang lebih luas untuk dimainkan.

Gitar klasik banyak dibuat oleh pabrik di seluruh dunia, diantara macam macam merk gitar klasik yang terkenal yaitu Yamaha, Cordoba, Cremona. Jenis gitar yang satu ini cocok dimainkan dengan musik klasik atau latin oleh pemula karena memiliki senar yang mudah dimainkan oleh jari. 

2. Gitar Baja

Gitar baja atau steel guitar adalah jenis gitar akustik lainnya. Gitar yang satu ini  memiliki ukuran yang lebih berat bila dibandingkan dengan jenis gitar lainnya. Jadi cara memainkannya juga harus dengan dipangku. 

Gitar baja memiliki 2 jenis yakni Lap guitar yang dimainkan dengan cara diletakkan di pangkuan atau bisa juga di atas meja. Cara memainkannya bukan dengan cara menekan senar pada fretboard dengan jari, tetapi dengan  menggunakan metal bar.

Sementara jenis gitar baja satu lagi adalah  yang dimainkan dengan pedal secara horizontal dengan dipangku. Caranya kaki kiri menekan instrumen pedal sementara kaki kanan digunakan untuk mengatur volume pedal.

3. Gitar Senar Baja

Foto: Superprof

Jenis gitar akustik selanjutnya yaitu gitar senar baja. Gitar ini merupakan jenis gitar akustik yang paling sering digunakan untuk pemula, dan dapat dikatakan sebagai instrumen dasar bagi para pencipta lagu. 

Gitar senar baja juga sebagai Instrumen serba guna, yang kaya akan nada serta resonansi, dan jadi instrumen wajib buat para musisi.

Gitar senar baja mempunyai 14 hingga 16 fret dan senar yang terbuat dari baja. Karena itulah bersifat keras dan kerap kali membuat sakit pada jari pemainnya, namun gitar ini mampu menghasilkan suara yang melengking dan bright sehingga dapat fleksibel untuk dimainkan dalam berbagai genre musik.

4. Gitar Flamenco

Gitar flamenco merupakan jenis gitar akustik yang mirip dengan gitar klasik, yakni terbuat dari senar nilon dan berasal dari Spanyol. Gitar ini dibuat untuk genre musik khusus, yaitu flamenco. 

Gitar Flamenco dibuat dengan lebih ringan dan atasan lebih tipis dibandingkan gitar klasik. Serta mengeluarkan suara yang lebih persuasif dan terang. Perbedaannya dengan gitar klasik terletak pada ukuran fretboardnya yang lebih luas dari gitar klasik. 

Gitar flamenco ini terbuat dari bahan cypyp Spanyol, rosewood atau sycamore pada bagian belakang dan sampingnya. Sementara bagian atasnya terbuat dari pohon cemara. 

5. Gitar Resonator

Foto: Bernas

Jenis gitar akustik selanjutnya adalah gitar resonator yang mengeluarkan suara dari satu atau lebih logam kerucut atau resonator yang berputar. Gitar ini tidak memiliki sound hole seperti gitar pada umumnya, tetapi diganti dengan piringan bulat yang juga berguna untuk menyembunyikan resonator kerucut. 

Kerucut logam itulah yang berfungsi untuk loud speaker agar menghasilkan suara yang lebih sengau. Gitar resonator tidak menggunakan bahan kayu pada bagian atas bodynya.

6. Gitar 12 Senar

Jenis gitar akustik terakhir adalah gitar 12 senar. Gitar dengan 12 senar yang digabungkan sehingga tampak sekilas seperti 6 ini mampu menghasilkan suara yang lebih jelas dan jernih.

Untuk dapat memainkan gitar yang satu ini haruslah ditekan dengan kencang agar suara yang keluar tidak fals. Gitar 12 senar ni cocok dimainkan untuk progres akord penuh dan tebal yang beresonansi seperti memainkan lebih dari satu gitar.